Modifikasi STB DVB T2 Xtremer untuk Digunakan di Mobil

Sebenarnya sudah lama saya ingin memiliki Set Top Box/STB atau sering orang menyebut tuner tv digital. Pada awal mula tv digital diperkenalkan di Indonesia, saya sudah sempat punya stb tv digital yang masih menggunakan standard DVB-T1, akan tetapi sekarang pemerintah telah menetapkan menggunakan standar DVB-T2 untuk penyiaran TV digital di Indonesia, walau TVRI sendiri sekarang masih menggunakan standar DVB-T1. Jadi sebenarnya tuner yang pernah saya miliki masih bisa menangkap siarang digital tv milik pemerintah tersebut.

Karena penasaran dengan pemberitaan bahwa tv digital yang berstandar DVB-T2 sudah mulai tayang di beberapa kota, akhirnya saya mencari sebuah STB DVB-T2. Niatnya sih sebenarnya pengen dipasang di mobil karena kalo lihat TV analog di mobil selalu tidak jelas alias banyak perang semutnya. Sempat mencari lewat ebay STB untuk di mobil tapi kok harganya lumayan tinggi dan terpaksa dibatalkan untuk membeli tuner khusus untuk mobil.

Kemudian saya browsing, ternyata di jakartanotebook jual STB TV Digital produk dari Xtremer. Di sana ada beberapa tipe DVB Xtremer. Dari yang seri BIEN seharga Rp. 255.900 dan Seri DVB-T2 seharga Rp. 339.900. Iseng-iseng berhadiah akhirnya saya beli Seri DVB-T2, kalo memang bisa dioprek dan pasang di mobil ya syukur, kalo nggak bisa ya pasang di rumah saya. Untuk Review DVB-T2 Bien dapat melihat di blog nya om MantuGaul. Di pasaran sendiri sudah ada beberapa merek STB DVB-T2 seperti skybox, Gadmei dan Polytron.

Setelah STB datang, coba pasang di rumah terlebih dahulu, dan ternyata hasilnya cukup memuaskan. Beberapa stasiun seperti SCTV, Indosiar, Metrotv, TVRI, Trans7, TV7, Berita Satu dapat tertangkap dengan baik di seputaran Pondok Gede. Sekarang saatnya untuk membongkar dalaman isi dari STB ini. Terlebih dahulu kasih peringatan nih, bahwa proses modifikasi ini adalah membongkar segel, jadi otomatis garansi hilang alias hangus ya.. jadi ini resikonya ya ingat..ingat…Xtremer DVB-T2

Inilah bentuk Extremer DVB-T2.

Bagian Dalam

Bagian dalam STB

Untuk Memodifikasi STB agar bisa digunakan di mobil diperlukan alat-alat sebagai berikut :

– Catu Daya DC 5 Volt (Dalam hal ini saya mengambil power dari USB Port Suzuki Ertiga)

– Conector Female – Male

– Kabel USB yang sudah tidak terpakai

– Solder dan timah

Alat yang dibutuhkan

Yang perlu diperhatikan bahwa daya listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan STB ini adalah 5 Volt. Anda bisa mengambil catu daya dari USB Port (biasanya mobil terbaru sudah dilengkapi USB Port) atau bisa menggunakan Cigarrete Charger HP yang keluaran 5 Volt.

pin USB

Adapun cara menghubungkan kabel ke STB adalah seperti gambar di bawah ini, kabel positif dari USB (merah/port 1)  dihubungkan ke kaki kapasitor Positif, dan kabel Negatif  USB (hitam/Port 4) dihubungkan ke kaki negatif).

Input DC

Atau bisa dari Kaki dioda sebelum transistor seperti gambar di bawah ini :

Sambungan di dioada

Jangan lupa siapkan antena untuk TV digital juga dipasang, kebetulan masih punya antena tapi kayaknya kekuatannya masih kecil sekitar 1.5 dbi, kemaren sudah order yang punya dbi gede di jaknot juga, tunggu saja review berikutnya.

Antena TV Digital

Jika semua sudah tersambung, kabel USB dapat langsung dihubungkan ke Port USB.

Terpasang

Dan akhirnya TV Digital bisa on air di mobil saya dan bisa jadi teman nonton TV di kala kemacetan.

Berikut beberapa screen shoot TV Digital di mobil saya

SCTV

Siaran SCTV di seputaran Ratna JatiKramat Bekasi

Metro TV

MetroTV di Seputaran Jorr Lebak Bulus kecepatan 70 km

berita Satu

Berita Satu di seputaran BSD

Selain bisa digunakan untuk tuner TV, STB ini juga bisa digunakan untuk memutar film berformat MKV, atau mp4. Jadi ketika nggak dapat siaran TV digital, bisa tetap digunakan untuk menonton film.

with Flash Disk

Play MP4Playing MP4 File

Sebagai penutup, akhirnya dengan menggunakan STB Xtremer yang sebenarnya buat rumahan, dengan sedikit trick akhirnya kita bisa menggunakan STB tersebut untuk digunakan di mobil. Semoga tips ini bermanfaat.. amiin..

Duduk manis

79 responses to “Modifikasi STB DVB T2 Xtremer untuk Digunakan di Mobil

  1. Mau nanya mas,sori agak newbie nih masalah elektronik..:)

    konektor female – male itu dipasang dimana ya?Sy liat koq ga dipasang ya pd guide di atas?

    Lalu konektor hitam kecil di sebelah kiri kabel usb itu apa ya? (di gambar urutan 3 dr atas)

    Lalu kabel utk arus AC asli STB nya dilepas ya?

    Kemudian yg terakhir,apakah gambar tetap bagus ketika kita dlm kecepatan tinggi misal di tol?

    Thxx

    • konektor female-male itu sebenarnya dipasang buat nyambung kabel yang dari solderan board dvb mas.. kalo modif yang terbaru saya langsungin saja..dari board langsung ke kabel usb….

      untuk arus AC asli nggak usah dicopot, kali aja mau butuh buat nonton di tv rumah.. kalo gambar asal masih dapat signal yang bagus, nggak bakal putus.. saya udah upload video di youtube mas..

      • Oom ikut kloteran maksudnya gimana ya??? Beli jadi ya oom perunit berapa saya minat nih… Infoin ya oom 081310389896

  2. Idenya hebat oom… Memang ini yang lagi saya cari2, keluhan yg sama kenapa dvbt2 untuk mobil kok harganya mahal padahal prinsip kerjanya hampir sama dgn yang rumahan. Lebih hebat lagi kalo ada ide buat bikin tv tuner dvbt yang model usb untuk dimobil oom..
    Pertanyaan saya hampir sama kaya oom jefri….mohon dijawab yaaaaa… Saluuuuut buat oom..

      • Oom ikut kloteran maksudnya gimana ya??? Beli jadi ya oom perunit berapa saya minat nih… Infoin ya oom 081310389896

    • Om Verdy, Kalau saya boleh bantu menjelaskan kenapa TV Tuner untuk di mobil ada murah dan mahal, itu karena secara fungsi dan kemampuan memang ada perbedaan yang jauh om. Karena untuk di mobil, TV Tuner (Receiver) butuh kemampuan (teknologi lebih canggih) untuk tetap menangkap signal digital (DVB-T2) di udara pada saat kecepatan tinggi dengan kondisi bagus, dan harus decode signal dan output ke headunit dalam jangka waktu yang cepat. Sedangkan kalau di rumah kan dalam keadaan statis, jadi relatif mudah untuk antenna mana saja dalam menangkap signal.

      Untuk sesama TV Digital Tuner di mobil saja (biasa disebut Digital Car TV Receiver) juga beragam harganya. Sama seperti HP saja, dimana prinsip kerja dan fungsi utama sama, sama-sama bisa telpon, tapi ada HP kelas iphone dan ada HP kelas low-end. Jadi kecanggihan teknologi dan setiap detil bahan perangkat hardware semua mempengaruhi kemampuan masing-masing. Kalau dalam kondisi signal bagus dan diam, semua TV Tuner kelihatannya sama bagusnya, tapi biasa begitu mulai jalan kecepatan tinggi atau di kondisi medan yang ekstrim (hujan petir, banyak gedung, jalan ke gunung, jarak jauh dari BTS stasiun TV, dsb) baru terlihat perbedaan kualitas yang membedakan. Jadi sebelum kita membeli, ada baiknya kita tidak terkecoh oleh harga, dan memang cari tau kemampuan dan kelebihan TV Tuner yang akan kita pakai di mobil kita.

      Hehe, kira-kira begini sih menurut opini saya, karena saya juga baru 1 tahun ini kotak katik TV Digital untuk di mobil. Semoga bisa membantu. Mohon maaf kalau ada salah, dan saya open untuk koreksi.

      Kalau ada yang mau bertanya atau diskusi tentang TV digital dalam mobil boleh email ke saya: albertlim@asukacartv.com

  3. Mas fey, Sy beli DVB Xtremer seri BIEN dari jaknote juga neh…bisa minta tolong agar bisa dipasang juga di ertiga saya mas..?? kebetulan saya tinggal di pondok gede. Hanya saja untuk antena tv nya saya belum beli.

    Kiranya mas fey bisa bantu saya ini no HP sy mas (081314733734). Ini mas fey anggota erci juga bukan yach..?? kebetulan saya member erci#1571

    trims mas

  4. mas ikut nimbrung yah saya temennya om toto (erci) yang di sumarecon serpong, minta info untuk xtreamer dvbt2 bien, mana yang dijamper untuk usbnya, saya udah coba 2 tempat yang kemungkinan di jumper, tapi belom Yakin, mana yang bisa dijumper… yang kapasitpr gede atai yang kapasitor kecilnya.. mohon info yah oma kalo ada fotonya tolong email ke htjoen@gmail.com, bisa juga whats up ke 081295900999, atau bbm ke 7600c82f

  5. Om HT, buat Xtreamer Bien, untuk jumper power 5V, bisa dipake di Kapasitor yang gede, Kalo dibuka, dari atas keliatan yang paling deket sama cover plastik bagian depan. lurus dr kabel power AC aslinya

    saya sudah coba semalam, sukses. Hanya saja harap diperhatikan minimal input power itu 1A 5V, soalnya kalo dibawah itu bisa nyala, tapi kadang2 suara gak keluar

    Maaf gak ada foto, sambil ngemong si kecil soalnya pas jumper powernya
    Note, kabel power AC nya saya lepas, kan pake soket. jadi gak pake motong2

    CMIIW

    • Saya juga beli yang xtreamer bien, tapi waktu dicoba di mobil baik dengan power supply ac maupun dc tetap ada suara yang kadang hilang.
      Setelah saya perhatikan, suara hilang tersebut tetap pada bagian waktu tertentu dari film.
      Waktu di setel dengan monitor TV rumah lancar tidak ada suara yang hilang.
      Apakah itu ada hubungannya dengan perbedaan impedansi speaker ya? Thanks sebelumnya

    • Agan Is Eka Yanuar Putra, untuk jumper power 5V di DVB T2 Xtreamer Bien pakai kapasitor yang mana? soalnya banyak banget kapasitornya takut salah jumper nanti malah rusak, bisa minta tolong di share fotonya?

  6. Saya pernah coba DVB-T2 tsb, cuma powernya menggunakan inverter. Semua OK, jalan dengan baik. Masalahnya tangkapan signalnya selalu jelek pada saat mobil melaju diatas 30 km/jam. Bagaimana dengan kepunyaan mas Aristanto ? Apakah seperti itu juga ?
    Antena yang saya gunakan antena DVB yang buat laptop.
    Saya googling, ternyata banyak ditawarkan DVBT2 yang high speed, apakah ini penyebabnya ? Bagaimana cara mengatasinya ?
    Terima kasih.

  7. Mas fey, mo tanya :
    output receiver tv digital kan ada 2 ( AV/Video dan HDMI ) sedangkan input di HU hanya antena saja ( RF ), gima caranya agar receiver tsb dapat tersambung dengan HU. Terimaksih

  8. Pak Sy tertarik dengan TV Digital yg di tawarkan apa bisa hub Sy 081284134389 Kalau mau beli sy ambil sendiri di mana TQ

  9. saya juga jualan dvbt2 berbagai macam merk seperti xtreamer, skybox,venus dan polytron.
    Melayani COD di Tangerang dan Jakarta
    bagi yg berminat bisa hubungi saya di line atau whatsapp : 085770246232

  10. minat ni mas yang sudah modifan. kalo kirim ke bali plus antenanya kira2 brp mas. mobil saya avanza 2009 jadi blom ada colokan usbnya. gmna ya mas caranya. ..

    • Double Din nya sudah ada AV In nya blom gan? Kalau HU sudah ada AV In bisa. Kalau gada AV In, harus pake sambungan kabel lagi.

      Thanks,
      Albert
      087751098157

  11. mas.. mantap sekali nih.. saya sudah punya dvb t2 extreamernya.. dan head unitnya ada av in.. dimobil kebelulan dari cigarrete saya pasang alat konversi jadi bisa colok listrik langsung.. maksudnya extreamernya ngga perlu di modifikasi.. tapi yang saya bingung kenapa pesan di headunit selalu no signal ya mas… atau kabel audio video dari extreamer ke av in headunit harus khusus ya ? tks

    • no Signal berarti signal lemah coba di Set di Antenna Luar dulu baru pasang di Mobil/ singkat kata searcing ulang programnya di Xtreamernya lagi. mudah2an membantu..

  12. mas klo head unit saya ada buat kamera parkir apa itu termasuk av in ? coz saya coba masuk kesitu gambar bisa masuk tapi harus masukin gigi mundur dulu😦 apakah ada triknya byar bisa standby . terima kasih mas

  13. Mau tny mas antena digital 30dbi itu cara masangnya. yg 1 diport antena pasang ya trs yg 1 lg hrs ada kabel ke Jalur kelistrikan ya berarti 2 jalur ya

  14. mas saya pake pioner avh 195dvd colokan audio dah kepake buat speaker terus video udah kepake buat camera mundur yang satu lagi buat tv headrest, sisa aux aja dah pake yang aux ke 3 rca buat xtreamernya cuma hasilnya ga bagus goyang banget, kondisi mobil didalam garasi antena pake yang 30db solusinya gmana yag mas?

    • Mas. Kalau untuk di mobil nonton tv pake xtreamer antenna 30db jg kurang mas.
      Boleh coba pake Tuner dan Antenna Asuka, Mas. Gambar ga goyang dan itu bisa lgsg colok ke pioneernya melalui AV/AUX.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s