Menjadikan Android Sebagai Sebuah Theodolit

Handset yang biasanya sudah dilengkapi Camera, Sensor Gerak, Kompas Elektronik dan GPS tentu menjadikan sebuah Handset android adalah device yang multi fungsi. Bermacam aplikasi telah dikembangkan memanfaatkan keempat fasilitas tersebut. Aplikasi yang sering disebut Augmented Reality Application adalah aplikasi yang memanfaatkan kamera, gps dan sensor. Salah satu aplikasi berjenis Augmented Reality Application yang sedang saya coba adalah adalah Theodolit.

Aplikasi Theodolit  ini menjadikan android sebagai layaknya theodolit. Ada ukuran sudut horizontal dan vertikal. Aplikasi ini akan semakin baik ketelitiannya jika digabung GPS. Kita juga dapat mengambil foto dan menampilkannya di Google Map, karena foto tersebut sudah mempunyai koordinat. Untuk mengukur jarak dan tinggi menggunakan metode triangulasi.

Untuk menambah keakuratan metode triangulasi, ketika menggunakan GPS beri sedikit waktu untuk mendapat sebuah keakuratan yang tetap. Tunggu bebeberapa detik setelah itu dapat digerakan sampai stabil. Ketika mengukur jarak harus teliti. Beda beberapa derajat akan membuat perbedaaan yang besar. Dan jangan lupa bahwa keterbatasa tergantung pada ketelitian sensor GPS yang sekitar 10 meter, sehingag apabila digunakan untuk menghitung jarak yang dekat akan menjadi tidak akurat.  Sedangkan perhitungan tinggi akan mendapat hasil yang lebih bagus pada berbagai jarak karena  sensor inklinasi adalah lebih akurat.

Keterbatasan aplikasi ini ialah aplikasi ini tidak bisa digunakan di android Tablet. Untuk mendownload program Theodolit ini dapat dicari di market atau di https://market.android.com/details?id=com.theodolite

One response to “Menjadikan Android Sebagai Sebuah Theodolit

  1. aku anak KPJ’10 UGM,pas kuliah fotogrametri aku dpat tugas nyari sistematika pengukuran jarak dan kecepatan pake kamera android,mohon bantuaya ya mas,mungkin ada artikel atau ulasan yang berhubungan dengan tugas ku itu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s