Menikmati Google I/O 2011 Secara Online

Ajang tahunan Google I/O yang diselenggarakan oleh Google akan kembali digelar pada tanggal 10-11 Mei 2011 bertempat di Moscone Center, San Francisco. Google I/O merupakan suatu acara yang mengumpulkan ribuan para developer dalam dua hari untuk membahas secara teknikal yang difokuskan pada pengembangan generasi berikutnya dari aplikasi web, mobile dan enterprise dengan menggunakan Google dan Open Web Teknologi seperti Android, Google Chrome, Google API’s, Google Web Toolkit, App Engine.

Banyak developer sangat tertarik untuk mengikuti ajang ini sehingga dalam tempo 59 menit, tiket untuk ajang ini sudah terjual habis. Akan tetapi Google tetap berkomitmen untuk dapat membawa ajang Google I/O agar dapat disimak oleh ribuan developer lain di seluruh dunia melalui Google I/O Extended dan Google I/O Live.

Google I/O Extended diadakan kerjasama antara Google dan GTUG ( Google Technology User Groups) dan Perwakilan Pelajar untuk dapat menyimak bersama event Google I/O tersebut di tempat yang sama. Dengan bertemu di tiap region/negara tentu akan lebih mengakrabkan untuk berdiskusi mengenai teknologi yang dikembangkan oleh Google. Jika kita tidak dapat menghadiri juga lewat Google I/O Extended, kita juga tetap dapat menyimak pesta tahunan developer Google itu lewat video streaming yang dipancarkan langsung dari Mescone Center melalui Google I/O Live.

Event lain yang mendukung Google I/O adalah I/O Bootcamp yang diselenggarakan sehari sebelum event Google I/O digelar yaitu pada tanggal 9 Mei 2011 bertempat di Mission Bay Conference Center. Tempat berlangsungnya I/O Bootcamp ini berbeda dengan tempat pelaksanaan Google I/O itu sendiri. Di Bootcamp ini merupakan sebuah event pemanasan yang berisi sesi pengantar teori bagi developer pemula dan memberikan gambaran secara umum teknologi Google serta sesi labs yang berisi praktek penggunaan teknologi dari Google tersebut. Event I/o Bootcamp hanya dikhususkan bagi peserta Google I/O.

Pada Event Utama Google I/O dihadirkan kurang lebih 80 Sesi Technical yang membahas pengantar sampai dengan teori yang lebih dalam dari teknologi atau suatu produk. Para developer juga dapat mengajukan pertanyaan kepada para para Engineer Google melalui forum yang lebih informal.

Kemudian ada juga sesi Developer Sandbox berupa event unjuk demo aplikasi oleh kurang lebih 100 developer yang telah mengembangkan aplikasi dan produk menggunakan teknologi  yang telah dipresentasikan di Google I/O. Di sana mereka akan menunjukan sendiri aplikasi tersebut, menerangkan bagaimana mereka membangun aplikasi tersebut serta menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para peserta lainnya dan saling bertukar pikiran mengenai teknologi tersebut.

Bagi kita yang tidak sempat ke sana masih ada kesempatan untuk melihat Google I/O melalui Website Online dimana Keynote, session dan Developer Sandbox akan hadir secara online di seluruh dunia yang akan di mulai pada tanggal 10 Mei dimana Website Google I/O akan menjadi I/O Live dashboash dimana kita dapat :

– Melihat Video Livestraming dari dua Ruangan Session Terbesar mulai pukul 9.00 am – 06 pm (waktu San Fransisco) selamat dua hari konferensi.

–  Membaca text terjemahan dari Sesi livestreaming secara real time, termasuk terjemahan ke semua bahasa yang disupport oleh Google Translate.

– Menjadi yang pertama mengetahui dengan memperoleh berita langsung dari sumbernya. Pengumuman dan berota terbaru akan ditambahkan pada I/O Live Dashboard secara real time.

– Mengajukan pertanyaan kepada Developer Sandbox, dimana mereka akan menjawab pertanyaan yang akan diajukan.

Jadi segera tandai kalender, untuk dapat menyimak dan mengetahui teknologi terbaru dari Google di ajang Google I/O ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s