Siapa Sebenarnya yang Pertama Berlayar dari Amerika-Indonesia ?

Belum lama ini Museum Rekor Indonesia (MURI) memberi penghargaan kepada Rob Rambini (52 tahun) sebagai orang Indonesia pertama yang berhasil mengarungi samudra dari California Amerika Serikat hingga Bali. Penghargaan Muri Nomor 4810/R.MURI/IV/2011 itu, diserahkan oleh perwakilan museum tersebut kepada Rob Rambini, disaksikan Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Sapta Nirwandar di Pelabuhan Serambi Mariana Benoa, Kota Denpasar, Bali, Minggu (3/4/11) dini hari.

Rob Rambini yang mempunyai nama asli Mahindra Wondowisastro telah berlayar dari California ke Hawaii mulai 8 Mei 2011, kemudian melaju melalui Kepulauan Solomon, Vanuatu dan Karang Laut, lalu ke Port Moresby, Papua New Guinea. Dia meninggalkan Port Moresby, 12 November 2010. Berlayar melalui perairan Indonesia, Rob Rambini mendarat selama sehari di Pulau Tanimbar, Saumlaki untuk memasok persediaan perbekalan. Perjalanan selama kurang lebih 11 bulan  tersebut dibiayai dengan biaya sendiri dan tak kurang merogoh kocek Rp 250 juta.

Berita tentang diraihnya rekor MURI oleh Rob Rambini sebenarnya menggelitik saya untuk mencari informasi siapa sebenarnya yang pernah melakukan pelayaran secara solo mengarungi samudera dari Amerika ke Indonesia, karena pada waktu SMA saya pernah membaca artikel di Majalah Remaja HAI yang menceritakan tentang petualangan yang sama oleh orang Indonesia yang berlayar dari Amerika ke Indonesia. Yang saya ingat dahulu bahwa yang melakukan pelayaran tersebut adalah kakak dari Photografer Majalah Hai Firdaus Fadlil. Dan setelah berhasil mendapat email dari Mas Firdaus, saya menanyakan hal tersebut dan ternyata benar kakak dia yang bernama Fazham Fadlil dulu telah melakukan pelayaran solo dari New York Amerika ke Indonesia.

Setelah di google dengan kata Kunci Fazham Fadlil, ternyata memang benar bahwa beliau telah melakukan pelayaran dari Amerika ke Indonesia pada tahun 1992-1993. Fazhim Fadlil yang sering dipanggil Sam telah menetap selama 20 tahun di New York dan memulai pelayaran pada tahun 26 Desember 1992. Pelayaran pertama tersebut mengalami kegagalan karena kapal mengalami kerusakan dan kembali ke New York pada 6 Januari 1993.

Walaupun pelayaran pertama tersebut mengalami kegagalan tapi Sam tidak kapok, pada tanggal 28 Juni 1993, dia berangkat lagi untuk berlayar mengarungi samudera. Rute yang dipilih dari Samudra Atlantik, Laut Karibia, Terusan Panama kemudian masuk pada lautan paling luas di dunia, Samudra Pasifik. Untuk memasuki Indonesia direncanakan masuk ke Selat Torres atau Selat Sulawesi.

Kisah pelayaran tersebut ditulis dalam sebuah buku yang berjudul : Mengejar Pelangi Di Balik Gelombang : Kisah Pelayaran Putra Indonesia Seorang Diri Menggunakan Perahu Layar terbitan Unri Press. Fazham Fadlil mempunyai banyak kisah pelayaran lainnya. untuk mengetahui kisah hidupnya dapat melihat di web beliau disini.

Dari kisah Sam di atas harusnya yang berhak meraih rekor melakukan pelayaran secara solo adalah Fazham Fadlil karena dia telah melakukan pelayaran solo terlebih dahulu daripada Rob Rambini. Mungkin waktu Sam melakukan pelayaran tersebut Museum Muri belum ada dan media belum banyak seperti sekarang. Meskipun Sam tidak meraih MURI tapi pasti beliau dan keluarga besarnya masih bangga akan petualangan tersebut, karena rekor MURI yang bukan dia kejar tapi Pelangi yang dikejar. Akan tetapi kita bangga akan kedua petualang tersebut, bagaimanapun juga nenek moyang Bangsa Indonesia adalah pelaut dan mereka mewarisi jiwa pelaut nenek moyang kita.

4 responses to “Siapa Sebenarnya yang Pertama Berlayar dari Amerika-Indonesia ?

    • Dari mana Anda tau ada crew yang ikut Sam Fadlil dan pake bayar segala? Waktu Sam berlayar, Anda kan belum tau apa-apa soal layar.

  1. Rekornya Rob kan pertama berlayar sendiri dari CALIFORNIA ke Bali.
    Kalau Pak Sam: Orang indonesia pertama yg berlayar sendiri dari NEWYORK..
    Hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s