Paul Baran, Salah Satu Arsitek Internet Meninggal Dunia

Internet yang sudah sangat berkembang saat ini tidak akan terjadi tanpa adanya orang-orang yang merancang dan mendesain jaringan dalam skala luas. Salah satu perancang sistem jaringan packet switching adalah Paul Baran yang dulu bekerja di Rand Corporation. Paul Baran merancang sistem internet bersama dengan Donald Davies dan Leonard Kleinrock. Paul Baran baru saja meninggal dunia pada tanggal 26/3/2011 di usia 84 tahun.

Paul Baran lahir di Grodno Polandia pada 29 April 1929. Pada umur 2 tahun dia pindah ke amerika bersama orang tuanya. Beliau memperoleh gelar B.S Elektrical Engineering dari Universitas Drexel pada tahun 1949. Kemudian bergabung dengan Eckert-Mauchly Computer Company sebagai teknisi pada Univac I computer.

Dia memperoleh gelar MSC pada Universitas UCLA pada tahun 1959 dan langsung bergabung di RAND Corporation, dimana dia mulai mengembangkan konsep paket switching untuk membuat jaringan network yang baik. di RAND dia menulis 13 set volume Laporan yang mendefinisikan secara rinci semua jaringan nasional untuk layanan suara dan data digital. RAND Corporation merupakan perusahaan yang mengembangkan ARPANET.

Dia telah menulis lebih dari 150 makalah dan 40 paten. Di antarameraih  penghargaan dari IEEE Alexander Graham Bell Medal pada tahun 1990 untuk karyanya pada packet switching, dan Institut Franklin Bower Award dan Hadiah di Bidang Science pada tahun 2001.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s