Supermoon akan Terjadi Malam ini

Bukan superman, bukan pula sailormoon akan tetapi tepatnya Supermoon yaitu fenomena dimana bulan mencapai kedudukan terdekat dengan bumi. Kejadian ini menyebabkan bulan purnama bulan maret 2011 ini akan terlihat lebih besar daripada bulan lainnya.

Kejadian supermoon puncaknya akan terjadi hari Minggu 20/3/2011 pukul 02.10, dimana bulan akan berada pada jarak 221.567 mil atau 356.578 kilometer. Peristiwa ini terjadi dalam kurun waktu 18 tahun.

Fenomena supermoon ini sebenarnya istilah dari astrologi, dimana dengan adanya kejadian supermoon ini akan terjadi bencana. Gempa hebat yang telah melanda Jepang kemarin, dipercaya merupakan serangkaian kejadian yang disebabkan oleh supermoon tersebut.

Tapi bagi kalangan ilmiah, bahwa peristiwa supermoon merupakan peristiwa astronomi biasa, yang menampakkan bulan lebih dekat dengan bumi. Bagi kalangan penghobby astronomi, peristiwa supermoon akan dimanfaatkan untuk melihat dengan jelas permukaan bulan tentunya dengan bantuan teropong astronomis. Tapi kayaknya cuaca malam ini agak kurang bersahabat karena sampai saat tulisan ini dibuat cuaca masih diselimuti hujan. Semoga nanti malam cuaca lebih bersahabat.

Selamat menyaksikan fenomena supermoon…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s