Merubah Account di Android Tanpa Hardreset

Handset android mempunyai satu keunikan dimana handset tersebut harus selalu terhubung dengan sebuah account google untuk dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada di handset android, seperti mail, contact, kalender dan akses ke market aplikasi android. Ketika pertama kali menggunakan android, pasti kita diminta untuk memasukkan sebuah account google ke dalam android tersebut. Misalnya kita ingin merubah account tersebut biasanya kita harus melakukan hard reset atau factory reset sehingga semua data akan direset dan android akan kembali seperti baru dari pabrik. Tentu saja berbagai aplikasi yang sudah kita download akan terhapus, akan tetapi jangan khawatir data yang berada di memory card external tidak akan ikut terhapus.

Akan tetapi cara merubah account melalui hard reset cukup membuat kita jengkel karena aplikasi yang sudah pernah kita download akan ikut terhapus. Setelah menjelajah sebentar lewat google, ternyata merubah account android bisa tanpa hard reset, cukup melakukan beberapa klik aja, kita sudah bisa merubah account android kita.

Adapun langkah-langkah adalah sebagai berikut :

– Langkah pertama, kembali ke Home dulu.
– Langkah kedua : Klik Menu
– Langkah Ketiga : Menuju ke Setting->Application->Manage Application.
– Langkah Keempat : Cari dan Klik Google Apps
– Langkah Kelima : Klik Tombol “Clear Data”
– Langkah Keenam : Ketika muncul prompted  “All information you’ve saved in this application will be deleted permanently”, Klik OK
– Langkah Ketujuh : Kemudian tekan tombol “Back” kemudian ke Klik “Data Synchronize” atau melalui Home>Menu>Settings>Data synchronization.
– Maka akan muncul Wizard untuk memasukkan sebuah account Google yang baru. Wizard ini juga muncul ketika kita baru membeli handset android yang baru atau ketika kita baru saja melakukan wipe melalui hardreset.
– Untuk lebih amannya, ketika merubah account google tersebut, Bersihkan juga Data Cachea di Mail, caranya dengan klik Settings>Applications>Manage Applications>Gmail. Klik Pada “Clear data”. Agar Proses syncronisasi di email tidak mengalami masalah.

Langkah ini sudah saya coba merubah account google di Nexian Journey yang tadinya menggunakan account Google milik istri saya, dan hasilnya saya dapat merubah account Google tanpa hardreset dan aplikasi yang sudah didownload aman semua…Selamat mencoba..

Update : Mungkin ada beberapa handset yang tidak tampil Google Apps ketika di Manage Application, agar Google Apps ini bisa tampil, pas di Manage Application, pencet Menu terus pilih Filter/Saring dan pilih “All” atau “Running”. Nanti Google Apps akan bisa terlihat.

14 responses to “Merubah Account di Android Tanpa Hardreset

  1. trims om tutorialnya.
    Tapi di Journey saya kok tidak ada tombol clear data nya?
    yang ada hanya tombol clear cache dan clear default itupun dalam kondisi tidak aktif.
    Ada cara lain?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s