Apa itu Thunderbolt ?

Bagi yang mengikuti perkembangan teknologi dari Apple, pasti tidak asing lagi dengan nama Thunderbolt. Interface Thunderbolt ini baru saja disematkan di produk seri Macbook Pro yang terbaru. Thunderbolt merupakan interface I/O yang paling terbaru yang dikembangkan oleh Intel. Pada Macbook Pro, Thunderbolt ini mempunyai port dan connector yang sama dengan Mini DisplayPort.

ThunderBolt ini diklaim dapat menyalurkan data lebih cepat daripada interface terdahulu. Jika dulu Apple mempunyai interface FireWire, dan gantinya sekarang Thunderbolt. Interface ini dapat menyalurkan data dengan kecepatan 20 GB per second, sebagai gambaran interface 3 hanya bisa menyalurkan data dengan kecepatan 5 GB persecond, atau dua kali lipat kecepatan USB 3.  Selain dapat menyalurkan data, interface ini juga digunakan untuk menyalurkan port Display.

Seperti kita ketahu  USB dan PCI Express yang dikembangkan oleh Intel dan Apple mengembangkan Firewire, perpaduan pengalaman teknologi ini  melahirkan Thunderbolt yang merupakan interface terbaru yang lebih fleksibel. Thunderbolt meskipun kecil tapi sebenarnya mempunyai dua buah interface yaitu PCI Express dan Display Port. Dengan adanya unsur PCI Express pada Thunderbolt, maka perangkat yang sudah mempunyai Thundebolt dapat dihubungkan pada external device seperti RAID System dan Video Capture. Kemudian karena mengandung Display Port juga, Thunderbolt  bisa menyalurkan video dengan standard High Definition.

Sedangkan beberapa feature dari Thunderbolt adalah sebagai berikut :

  • Dual-channel 10 Gbps per port
  • Bi-directional
  • Dual-protocol (PCI Express* and DisplayPort*)
  • Compatible with existing DisplayPort devices
  • Daisy-chained devices
  • Electrical or optical cables
  • Low latency with highly accurate time synchronization
  • Uses native protocol software drivers
  • Power over cable for bus-powered devices

Untuk informasi lebih lanjut mengenai teknologi Thunderbolt dapat dilihat pada :

– http://www.intel.com/technology/io/thunderbolt/index.htm

– http://www.apple.com/thunderbolt/

Yang jelas keberadaan interface Thunderbolt ini akan membuat lebih nyaman bagi para tukang video editing, karena transfer data video biasanya membutuhkan transfer data yang cepat. Dan kita tunggu saja apakah perangkat Thunderbolt ini akan banyak diaplikasikan ke banyak device, kabarnya Pabrikan Canon pun tertarik dengan teknologi Thunderbolt ini dan kemungkinan akan mengaplikasian Thunderbolt ini pada jajaran Camcodernya. Bahkan nantinya pasti para pembuat perangkat External Hardisk akan membuat Thunderbolt ini salah satu interface yang mendukung bagi produknya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s