Ternyata Perpanjang STNK Itu Mudah

Hari Sabtu kemaren tepatnya tanggal 12-2-2011, tepat mobil menginjak usia kedua tahun dan saatnya untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Karena pas hari Sabtu maka saya mencoba mengurus sendiri perpanjangan STNK tersebut.
Dari rumah udah berangkat jam setengah tujuh pagi, menurut informasi teman, Kantor Samsat Kota Bekasi kalo Sabtu bukanya jam 7 makanya sengaja datang pagi agar dapat no antrian awal. Sampai di sana ternyata baru jam s
7.15 ternyata loket pengambilan formulir belum buka, tapi orang sudah banyak berkumpul untuk mengambil formulir pengurusan STNK.
Ternyata loket pengambilan formulir buka tepat pukul 7.30, dan orang pun bergegas mengambil formulir termasuk saya lalu setelah formulir didapat barulah kita isi formulir tersebut. Setelah itu kita naik ke lantai 3 dibagian pengurusan roda 4, untuk pengurusan roda 2 atau motor ada di lantai 2.
Loket penyerahan berkas ternyata bukanya baru jam 8 pagi, dan sebelum menyerahkan berkas kita harus ambil no antrian terlebih dahulu melalui sebuah mesin antrian yg mengeluarkan 2 lembar no antrian, satu untuk bagian penyerahan berkas dan satu lagi untuk no urut pembayaran pajak. Saya kali ini mendapat no urut 13, lumayanlah belum terlalu banyak.
Sambil menunggu loket penyerahan berkas buka, saya periksa lagi kelengkapan dokumen, KTP asli dan fotocopy,  stnk asli dan fotocopy sudah ada  tetapi saya lihat orang-orang bawa fotocopy BPKB. Wah..lupa nih ternyata berkas fotocopy BPKB belum ada, lalu saya bergegas turun ke lantai dasar untuk memfotocopy BPKB. Tempat fotocopy ada di bagian belakang kantor SamSat, di halaman belakang juga tempat melakukan uji fisik kendaraa  bermotor.
Setelah kelar menfotocopy BPKB, saya langsung naik ke atas lagi dan ternyata proses penyerahan berkas sudah dimulai, untung baru sampai urutan 6. Tidak lama kemudian dapatlah giliran untuk menyerahkan berkas, dan karena sudah komplit tidak ada masalah dalam penyerahan dokumen tersebut. Kemudian kita menunggu dipanggil untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor diloket sebelahnya.
Sekitar setengah jam kemudian, loket pembayaran mulai dibuka dan sayapun menunggu kembali untuk melakukan pembayaran, pas dipanggil saya bergegas menuju ke loket untuk membayar.
Setelah membayar seperempat jam kemudian, saya menunggu kembali STNK yang sudah diperpanjang dan KTP asli. Sekitar jam 9, no saya dipanggil untuk mengambil stnk dan ktp asli. Lumayan cepat juga pengurusan STNK tersebut cuma memakan waktu kurang lebih satu jam. Jadi jangan takut mengurus perpanjangan STNK sendiri, pelayanan dari samsat juga makin baik. Saran saya datang lebih pagi agar dapat antrian lebih awal. Bagi yang belum tahu lokasi kantor Samsat Kota Bekasi ada di jalan ahmad Yani depan stadion Kota Bekasi.

Tinggalkan Balasan

