Hosni Mubarok pun Akhirnya Jatuh Juga

Sebulan yang lalu saya menulis tentang kejatuhan Rejim Tunisia, sekarang giliran kejatuhan Rejim Hosni Mubarok yang telah memimpin Mesir selama 30 tahun. Aksi rakyat Mesir selama 18 hari akhirnya berhasil menumbangkan Husni Mubarok setelah pada Malam Kamis, Hosni Mubarok menolak untuk mundur dan memilih untuk mengawal proses pergantian kepemimpinan di Mesir.

Tapi akhirnya pada Tanggal 11 Februari 2011, Omar Sulaeman mengumumkan pengunduran diri Husni Mubarok sebagai Presiden Mesir dan melimpahkan kekuasannya pada Dewan Agung Militer. Rakyat yang telah berkumpul dan mengepung alun-alun Tahrir pun merayakan kemenangan perlawanan terhadap penguasa yang menggulingkan Anwar Sadat pada tahun 1981. Hosni Mubarok sendiri dikabarkan melarikan diri ke sebuah resort di Sharm el-Sheikh di dekat Laut Merah.

Satu lagi revolusi yang digerakkan oleh anak muda ditambah dengan fasilitas internet seperti facebook dan twitter tidak mampu membendung anak muda untuk melakukan perubahan. Walaupun sempat ada pemblokiran internet oleh Hosni Mubarak, tapi aktivitas dukungan lewat internet malah makin menjadi, bahkan google membuka jalur khusus dari agar Warga Mesir dapat mengakses Internet lewat hp biasa. Seorang petinggi google  Wael Ghonim seorang kelahiran Mesir sempat juga ditangkap Tentara Mesir, walau akhirnya dibebaskan. Ghonim juga ikut menggerakan pergerakan rakyat Mesir.

Setelah Tunisia, disusul Mesir, negara mana lagi yang lagi dibidik untuk pergantian kepemimpinan? Baca berita malam ini kayaknya suhu politik di Aljazair juga ikut memanas, karena terimbas jatuhnya kedua Tiran tersebut. Apakah aksi demostrasi akan semakin besar di Aljazair ?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s