Berinvestasi di Sukuk Ritel 003

Pemerintah saat ini sedang menawarkan penjualan Sukuk Ritel (Sukri) Seri 003, yang dimulai dari tanggal 7 Februari 2011 sampai dengan 18 Februari 2011. Sedangkan pelaksanaan Penjatahan, settlement, dan pencatatan akan dilaksanakan pada tanggal 21 Februari 2011-24 Februaro 2011. Sukuk Ritel 003 ini mempunyai tenor 3 Tahun, dimana imbal balik nya akan dibayarkan setiap bulannya.

Sukuk Ritel Seri 003 ini memberi kupon atau imbal Hasil sebesar 8.15% pertahun. Imbal Hasil SR-003  ini lebih rendah daripada Sukri SR-001 yang 12% dan Sukri SR-002 sebesar 8.7%. Pada Penerbitan Sukuk Ritel 001, pemerintah dapat menarik dana masyarakat hingga 5.6 trilyun dan untuk Seri 002 pada tahun 2010, pemerintah dapat menarik dana hingga 8 Trilyun. Pemerintah sendiri menargetkan untuk Seri 003 ini dapat lebih dari 8 Trilyun dana dapat diserap dari investor, walau imbal hasil lebih rendah dari seri sebelumnya.

Sukuk Ritel ini adalah merupakan Surat Utang Negara atau istilahnya obligasi tetapi yang berbasis Syariah, Jenis akad pada Sukuk Ritel adalah Ijaroh-Sale and Lease Back sehingga memberikan pendapatan yang pasti bagi investor.  Pemerintah meminjam dana kepada masyarakat untuk pembangunan dan pemulihan ekonomi, dimana aset-aset pemerintah yang menjadi jaminan. Investasi ini aman karena semua ditanggung oleh pemerintah melalui Undang-Undang dan dengan imbal hasil yang pasti diberikan setiap bulan. Sukri ini tentu lebih menarik daripada deposito karena imbal hasil yang lebih besar daripada bunga deposito.

Bagi yang tertarik berinvestasi di Sukuk Ritel SR003 ini dapat melalui 20 Agen resmi yang telah ditunjuk oleh pemerintah, dengan minimun pembelian sebesar 5 juta. Adapun agen resmi yang telah ditunjuk pemerintah adalah sebagai berikut :

1. PT Bank Mandiri Tbk
2. PT Andalan Artha Advisindo Sekuritas
3. PT Mega Capital Indonesia
4. PT Bahana Securities
5. PT Bank Internasional Indonesia Tbk
6. PT Bank Syariah Mandiri
7. PT Danareksa Sekuritas
8. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk
9. PT Bank CIMB Niaga Tbk
10. PT Trimegah Securities Tbk
11. Hongkong and Shanghai Banking Corporation
12. PT Bank Negara Indonesia Tbk
13. Citibank NA
14. Standard Chartered Bank
15. PT Sucorinvest Central Gani
16. PT Reliance Securities Tbk
17. PT Bank Permata Tbk
18. PT Bank OCBC NISP Tbk
19. PT Ciptadana Securities
20. PT Kresna Graha Sekurindo Tbk

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s