Liburan Tahun Baru Imlek 2562

Hari ini merupakan hari libur nasional yang kedua di tahun ini setalah yang pertama pas tahun baru masehi 2011. Libur hari ini bertepatan dengan masuknya Tahun Baru penanggalan China yang sering disebut tahun baru Imlek yang pada tahun ini sudah menginjak ke 2562. Tahun ini juga jatuh pada tahun Kelinci. Ada 12 macam siklus tahun yang digunakan pada penanggalan china.

Peringatan perayaan tahun baru China ini sempat dilarang pada masa orde baru dan boleh dirayakan kembali pada masa pemerintahan Gus Dus, dan pada masa pemerintahan Megawati Perayaan Tahun Baru Imlek ini dijadikan libur Nasional.

Menyambut tahun baru Imlek ini, semua pusat perbelanjaan berwarna merah disertai dengan banyak nya diskon-diskon meyambut tahun baru itu. Tempat peribadatan pun ramai dikunjungi untuk mendapatkan berkah di tahun kelinci ini. Banyak makanan khas imlek tersedia di pasaran seperti kue ranjang, berbagai macam jeruk, dan ikan bandeng dimana makanan-makanan tersebut mempunyai perlambang tersendiri pada peringatan tahun baru imlek ini. Tak lupa pembagian Ampau yang biasanya ditunggu para anak-anak dan remaja dari para orang tua atau saudara mereka. Dan tentu saja Barongsai bermunculan dimana-mana menambah semaraknya peringatan tahun Baru Imlek.

Yang jelas peringatan tahun baru China ini menambah khasanah budaya di Indonesia,sebelum tahun baru masehi ada peringatan Tahun Baru Islam atau Hijriyyah 1432, setelah itu disusul tahun Masehi yang baru sebulan yang lalu diperingati, lalu sekarang tahun baru China, sebulan lagi  tepatnya tanggal 5 Maret  akan ada tahun baru Saka  yang berbarengan dengan hari raya nyepi bagi umat agama Hindu.

Tapi pada prinsipnya peringatan suatu pergantian Tahun adalah saatnya momentum bagi kita untuk berinstropeksi akan kejadian yang telah lalu dan memperbaiki atau merencanakan agar kejadian masa depan bisa lebih baik dari masa lalu.  Selamat Tahun Baru Imlek 2562 bagi yang merayakan semoga tahun ini keberkahan dan kemakmuran melingkupi kita bersama…

Gong Xi Fat Cai….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s