Laporan Wordcamp Indonesia 2010

Ikutan dalam sebuah acara yang berbau teknologi, khususnya teknologi internet adalah sesuatu yang mengasyikan dan mencerahkan, bagaimana tidak…dengan mengikuti acara tersebut kita dapat mengikuti perkembangan terbaru mengenai teknologi tersebut. Seperti pada tanggal 30 Januari 2010 kemarin, saya berkesempatan untuk hadir dalam acara WordCamp Indonesia 2010. Acara ini telah berlangsung untuk kedua kalinya di Indonesia, yang pada tahun ini diselenggarakan di Auditorium Universitas Gunadarma Margonda Depok.

Walaupun datang agak terlambat, karena pas dateng sang host atau organizer acara Valent Mustamin masih membuka acara tersebut. Karena datang tanpa teman dan kenalan satupun, saya hanya mendengar dan menyimak apa yang disajikan dalam acara ini. Pada pertengahan acara barulah dapat kenalan yang ternyata adek-adek sesama almamater dari Yogya ada Fachri,  Kristiono Setyadi, dan Faiq Fardian. Sempat juga ketemua dengan Yuza seorang penulis muda yang banyak menulis Buku tentang Mac dan Facebook.

Pada Wordcamp kali ini, sebagai keynote adalah Beau Lebens dari Automatic, perusahaan yang mengelola WordPress. Dia mempresentasikan mengenai kelanjutan dari WordPress kedepannya, yaitu tentang akan diluncurkannya WordPress 3.

Sehabis presentasi Beau Lebens, kemudian dilanjutkan dengan Presentasi oleh Risman Adnandari  Microsoft yang membahas tentang php on Windows, kemudian menerangkan program-program dari Microsoft yang mendukung aktivitas para blogger WordPress.

Kemudian ada pembicara dari Herry Sufehmi, yang membahas bagaimana mempercepat akses WordPress dedngan mempergunakan squid dilanjutkan dengan presentasi mengenai mysql oleh Komunitas Mysql indonesia. Sehabis break makan siang dilanjutkan dengan presentasi dari icreativelabs dari Bandung yang dibawakan oleh Setyagus Sucipto. Presentasi yang dibawakan sangat menarik yaitu menawarkan WordPress sebagai sebuah CMS. dalam presentasinya di tampilkan juga Themes buatan icreativelabs AppCloud, sebuah theme e-commerce dari anak negeri, dan asyiknya lagi icreative memberi themes premium tersebut secara gratis bagi yang hadir di acara wordcamp kali ini dan memfollow twitter mereka di @icreativelabs

Acara berlanjut dengan presentasi dari I Made Wiryana yang memberikan pencerahan mengenai Project Bandung Bondowoso, yang membahas ciri khas project IT di Indonesia yang diibaratkan sebagai kisah Bandung Bondowoso, yaitu project yang cepat dan dengan biaya yang murah.

Selama Wordcamp ini juga digelar Writing Contest dengan Hadiah UtamaNetbook terbaru  Acer AO532h, dengan mengambil thema “Aku dan Netbook Baruku”.

Sebelum Wordcamp ditutup, Beau Lebens mendemokan intensedebate, yaitu sebuah advance commenting system pada WordPress. dan tentunya sessi yang ditunggu-tunggu dalam acara ini foto bareng seluruh peserta dan pengisi acara Wordcamp kali ini.

Untuk kelanjutan acara Wordcamp di tahun depan, rencananya tidak akan dilaksanakan di Jakarta lagi tetapi mengambil lokasi di Luar kota Jakarta, kandidat utama adalah Bandung atau Yogya.

Kesan setelah ikut Wordcamp ini adalah sangat mengesankan, karena bisa ketemu dengan anak-anak muda yang pintar dan kreatif-kreatif. Sampai jumpa di Wordcamp 2011.

Ada tulisan  Mengenai Wordcamp 2010 dari beberapa blogger antara lain :

– Fikri, Review Wordcamp Indonesia

– Jauhari, Oleh-oleh Wordcamp Indonesia

– Mas Edi, 8 Keunggulan WP sebagai CMS

– Raiderhost, Wordcamp Id Dingin banget

Untuk foto-foto liputan dapat di lihat di album 1 dan album 2 facebook Wordcamp Indonesia, banyak juga twitter yang live update dari lokasi, bisa diliat di hast taq #wordcampid

4 responses to “Laporan Wordcamp Indonesia 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s