Putar Ulang Tahun 2009

Hari ini merupakan hari terakhir di tahun 2009, banyak peristiwa telah terjadi di tahun ini, baik peristiwa politik, ekononomi, sosial dan teknologi. Pada bidang Politik Tahun ini merupakan pesta Demokrasi di Indonesia dengan pemilihan Wakil Rakyat dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Presiden SBY akhirnya berhasil menjadi presiden untuk yang kedua kalinya setelah mengalahkan Ibu Mega dan Bapak Yusuf Kalla. Akan kemenangan SBY sekarang lagi dipertanyakan keabsahannya setelah bergulirnya kasus Bank Century dan diduga team sukses nya menerima kucuran dana dari bail out Bank Century tersebut. Kasus ini masih akan mewarnai di tahun 2010, karena Panitia Hak Angket DPR masih menyelidiki kasus ini.

Pada tahun 2009 ini juga tercatat adanya perseteruan antara Kepolisian dan KPK, yang kadang sering di sebut “Cicak vs Buaya”. Penangkapan pimpinan KPK Bibit Waluyo dan Chandra S Hamzah, dituding banyak pihak untuk mengalihkan perhatian mengenai Peristiwa Bank Century di atas. Walaupun akhirnya duo pimpinan KPK tersebut dibebaskan, akan tetapi desakan untuk menangkap Anggodo semakin deras, mungkin di tahun 2010 ini anggodo bisa ditetapkan sebagai tersangka.

Untuk bidang sosial, telah terjadi peristiwa bencana Jebolnya Situ Gintung dan Gempa di Padang yang menelan korban cukup banyak.

Banyak catatan di tahun 2009 ini dibidang teknologi, wabah blackberry benar-benar terjadi di Indonesia. Setiap operator sekarang mempunyai service blackberry, baik operator GSM maupun CDMA. Persaingan operator pada Blackberry service ini tentu memberikan keuntungan bagi konsumen, karena harga semakin bersaing sehingga kita dapat mencoba layanan blackberry tersebut, karena skr berlangganan blackberry semakin mudah dan cepat.

Demam blackberry juga tidak hanya terjadi pada layanan, tapi juga pada handset dari cina yang meniru bentuk dari blackberry. kadang orang awam bisa ketipu, karena pas beli dibilang blackberry ternyata tiruan blackberry.

Android, ponsel smartphone keluaran juga menyeruak di tahun ini, dengan tampilan yang mirip iPhone dari Apple, serta kecepatan dalam mengakses data, menjadikan ponsel ini akan menjadi booming di tahun depan. akan tetapi harga dari Android ini masih relatif tinggi serta dukungan dari operator belum terlalu penuh, jadi pertumbuhan android belum bisa menyamai ponsel blackberry. Pada tahun kedepan Android akan menjadi alternatif selain blackberry, iPhone dan WM.

Pada layanan internet, wabah jejaring sosial (facebook) dan micro blogging (twitter, plurk) juga marak. orang banyak mengakses facebook karena kemudahannya, dan dengan facebook kita dapat menemukan teman-teman sekolah dahulu kala. Bahkan muncul aksi-aksi dukungan lewat Facebook, seperti dukungan pada pimpinan KPK, dukungan pada Prita yang dituding mencemarkan nama baik RS Omni International yang akhirnya Prita diputuskan tidak bersalah kemaren.

Pada tahun ini juga banyak seniman yang meninggal dunia, tercatat Mbah Surip, WS Rendra, Inisisri. Pada Akhir tahun ini kita juga kehilangan Tokoh Nasional, Pimpinan NU Gus Dur atau Abdulrahman Wahid dan Tokoh ekonomi Frans Seda.

Akhirnya Selamat Tinggal 2009, dan Selamat datang 2010. Semoga Tahun ini lebih baik dari tahun kemaren. Banyak resolusi di tahun depan, semoga harapan-harapan kita di tahun depan dapat terwujud amiin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s