eyb = Elex Yo Ben

Jangan salah bila mendengar kata Elex Yo Ben, pasti banyak menyangka sebuah percetakan buku-buku komputer. Tapi Elex yo Ben yang sering disingkat EYB adalah sebuah Group Musik Indie yang digawangi oleh dua orang personel yaitu DIONYS DHEWANINDRA (Film dan Video Director) dan RHINDRA SUSPA (MUSIC DIRECTOR). Kolaborasi ini telah melahirkan sebuah project Album Video Music yang terdiri dari 10 materi klip yang diberi tajuk Gending Bejad pada tahun 2007.

Project musik ini dikerjakan hanya berdua saja, dimana Rhindra bertugas menciptakan musik sekaligus memainkan Bass, Lead Guitar, Synthesizer, Loop dan Digital Sound, Sound Recording hingga Mixering. Sedang Dhionys bertugas sebagai pembuat Lirik, Notasi lagu, Rhytem sekaligus Vocalis (Lead Vocal,growl, sufi voice, distrub, all choir, Rap dsb). Demikian juga penyutradaraan seluruh video klip EYB berikut artistic, Video Editor dan visual efek dikerjakan olehnya…borongan istilahnya…semua dikerjakan berdua.

Genre dari musik EYB adalah Metal walaupun ada unsur hip metal, rock n roll, pop rock, progressif, music sufi, dangdut bahkan tembangan jawa ikut dimasukkan. Walaupun begitu cenderung bereksperimen, namun keduanya tetap menjaga harmonisasi dan easy listening karena pada hakekatnya musik akan di dengar banyak orang dari berbagai kalangan, pemahaman dan latar belakang.

Lirik-lirik lagu EYB cenderung mengalir seperti sebuah cerita atau berkisah, di mana ide-ide yang diambil hal-hal yang sering terjadi di seharian kita seperti pada Lagu “My Wife Very Dangerous” yang berirama slow menceritakan tentang ritual pagi hari yaitu rebutan kamar mandi atau kakus, dimana sang istri marah-marah ketika diminta gantian ke kamar mandi. Demikian juga lagu The Panu Fans Club, yang bercerita tentang orang yang nggak pernah mandi, ganti baju, sehingga penuh panu di badannya.

Duo EYB ini pertama kali mengeluarkan ide untuk membentuk Group ini pada tanggal 7 November 2007, disela-sela waktu rehat mereka mengerjakan klip Benteng Gading. Sekarang EYB sedang bersiap-siap mengerjakan album kedua yang akan diberi Judul Antologi Jiwa-Jiwa dan sekarang lagi dalam proses penggarapan musik.

Nama ELEX YO BEN sendiri berarti “Jelek ya biarin” atau juga bisa di sebut Electronic Band, karena waktu proses penggarapan musik banyak mengandalkan peralatan elektronik seperti komputer, midi dsb. EYB sendiri mempunyai penggemar yang biasa disebut Gerilyawan EYB atau Suku EYB yang di mana EYB mentas, para suku EYB ini akan mengenakan Batik sebagai dress codenya.

EYB = Elex Yo Ben, Brutal tapi Sopan, Brutal tapi lemah lembut, Brutal Tapi Penyayang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s