Harga Gas PGN Naik…?

Seperti biasa agenda bulanan adalah membayar tagihan-tagihan baik listrik, telpon, gas dan pam mess yang kami tempati di Cirebon. Tapi ada sesuatu yang mengejutkan pada tagihan Gas dari PGN. Kebetulan mess kami dilewati jalur Gas PGN, jadi mess kami bisa menggunakan aliran gas alam bukan dengan tabung elpiji.

Tagihan Gas pada bulan Januari 2008 mengalami kenaikan 100%. Tagihan yang biasa kita bayar di bulan sebelumnya adalah Rp. 10.910 an sekarang menjadi 20,550. Harga gas di Cirebon yang ditetapkan BP Hilir untuk kategori Rumah tangga/RT2 adalah sebesar Rp. 1.091 permeter kubik. Harga gas sekarang untuk kategori rumah tangga 2 adalah Rp. 2.055 per meterkubik. Suatu kenaikan yang lumayan signifikan. Bukankah program konversi minyak tanah ke gas masih berlanjut tapi mengapa harga gas malah naik?

Saya lihat di seputaran kota Cirebon, PGN lagi giat-giatnya melakukan pemasangan jaringan gas. Mungkin untuk menambah area cakupan dari Gas PGN dan diharapkan masyarakat di Kota Cirebon lebih banyak yang berlangganan gas dari Perusahaan Gas milik negara tersebut. Mungkin biaya kenaikan gas tersebut diperuntukan bagi proyek perluasan jaringan gas tersebut atau memang biaya produksi gas tersebut yang naik. Menurut Dirut PGN, walaupun ada kenaikan harga gas PGN masih lebih murah dah elpiji Pertamina dan sudah tiga tahun ini belum mengalami kenaikan.

Tapi yang merasakan dampak langsung adalah masyarakat. Harga-harga kebutuhan sudah pada naik. Bahkan Ibu-ibu yang kemarin melakukan pembayaran di loket PGN juga mengeluh tentang naiknya harga gas yang dua kali lipat. Sebenarnya anggota DPR tidak menyetujui kenaikan harga gas untuk rumah tangga tersebut, akan tetapi dalam kenyataan di lapangan harga gas PGN sudah naik.

Sekarang giliran siapa lagi nih yang mau naik lagi…denger-denger sih PLN sebentar lagi mau menaikan tarif, sebagai imbas dari naiknya harga minyak dan gas ehm…siap-siap aja…ya…

2 responses to “Harga Gas PGN Naik…?

  1. Mas Fey, cara berlangganan gas PGN gimana sih?
    aku kan tinggal di Jakarta Selatan, tepatnya Kebon baru-Tebet. Jadi harus pergi kemana nih kalo mau daftar sbg pelanggan … bingung deh

  2. Telpon aja ke PGN Pusat di 021-3841168 atau ke PGN Bagian Penjualan Rumah Tanggal di 021-3924910 isi formulirnya, dilengkapi dengan copy KTP dan KK plus denah rumah. Infonya sih kalo di depan rumah sudah ada jaringan tinggal disambung tapi kalo belum ada minimal ada 10 calon pelanggan baru bisa dilayani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s