8 Besar Liga Djarum Indonesia 2007

Hari ini tanggal 16 Januari 2008, adalah hari dimulainya putaran 8 Besar Kompetisi Sepak Bola terbesar dan terlama di Indonesia. Putaran 8 besar ini akan diadakan di Solo dan Kediri. Di Solo tim yang akan bertanding adalah Deltras Sidoarjo, Persija Jakarta, Persipura Jayapura dan Persik Kediri. Sedangkan di Kediri akan bertanding Sriwijaya FC (yang baru saja memenangi Copa Djie Sam Soe), Persiwa Wamena, Arema Malang dan PSMS Medan.

Kompetisi Indonesia merupakan yang terbesar karena diikuti oleh 36 Team sehingga menyebabkan lamanya kompetisi itu sendiri. Belum lagi ada kompetisi Copa Liganya yang melibatkan semua team divisi utama hingga divisi 2. Lamanya kompetisi sepakbola ini menyebabkan tahun ini Indonesia (lagi-lagi) tidak dapat mengirimkan wakilnya di Kompetisi Champion Asia. sayang memang…

Penentuan Juara dengan format 8 Besar ini bukan tanpa masalah. Penumpukan suporter yang berdatangan di kota tempat kompetisi diselenggarakan juga rawan akan keributan antar suporter. Hal yang agak janggal juga diambil PSSI menjelang berlangsungnya putaran 8 besar ini, ialah dengan adanya penghapusan kartu kuning pada babak penyisihan. Hal yang janggal pada sebuah kompetisi. tapi itulah PSSI..penuh dengan kontroversial.

PSSI juga akhirnya memilih Benny Dolo untuk melatih team Nasional, setelah Ivan Kolev gagal total membuat team sepak bola Indonesia berprestasi. Semoga dengan adanya pelatih lokal sepak bola Indonesia akan lebih baik lagi.

Sepakbola merupakan olah raga paling digemari di Indonesia, walau team nasional kita selalu kalah, tapi bila team Indonesia bertanding kita selalu memberi semangat kepada team nasional. Team yang baik harusnya dihasilkan melalui pembinaan dan Kompetisi yang baik. Para suporter juga harus mulai dewasa menyikapi baik kemenangan maupun kekalahan. Jangan kalo team nya kalah terus ngamuk dan bikin anarkhis…serem ya…

Maju terus sepak bola Indonesia. Kita merindukan prestasi darimu karena sudah banyak uang rakyat engkau habiskan untuk kompetisi ini, karena sebagian team masih mengandalkan pasokan APBD buat menghidupkan kelangsungan sebuah team. Padahal APBD itu diperuntukan buat semua warga. Dengan dalih olah raga rakyat maka dengan gampangnya dana APBD (yang jumlahnya hingga Milyaran) dialokasikan ke hanya segelintir pemain, pelatih dan pengurus. Pemainnya pun kebanyakan pemain asing, jadi APBD itu larinya ke orang asing juga. Apabila dana APBD bisa dialokasikan untuk olah raga lain selain olah raga mungkin pembinaan Olah raga lain bisa lebih baik. lama-lama gemes juga lihat sepak bola Indonesia yang nggak maju-maju…tapi itulah kenyataannya. ehm…jadi solusinya gimana ya…?

2 responses to “8 Besar Liga Djarum Indonesia 2007

  1. Waktu dulu persik Kediri menjadi juara liga, langsung seluruh pemain mendapat hadiah Rumah, dan diangkat menjadi PNS pemkot. Benar juga, padahal sudah ber milyaran dana APBD di gelontorkan untuk persepakbolaan, tapi koq gak maju2 ya?? Seandainya dana sebesar itu untuk pendidikan mungkin indonesia bisa maju secara umum dan akhirnya kita juga bisa maju di persepak bolaan.

    Besok Sriwijaya VS PSMS menang mana nih? Gw pilih PSMS deh.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s