Ayo Benahi Celepuk

Sering disebut Celepuk atau Cilepuk, itulah nama jalan di mana rumah kami terletak di dalamnya. Jalan Celepuk ini  sebenarnya merupakan Jalan yang menjadi perbatasan dua kelurahan yaitu Kelurahan Jatimakmur yang terletak di Kecamatan Pondok Gede dan kelurahan Jatirahayu yang termasuk wilayah Kecamatan baru Pondok melati. Dulunya jalan celepuk merupakan batas kel. jatimakmur dan jatirahayu. Setelah jatirahayu menjadi salah satu kelurahan dari Kecamatan Pondok Melati, maka sekarang status jalan celepuk menjadi batas kecamatan.

Asal nama celepuk sendiri saya masih bingung. Kalo orang kenal Celepuk itu nama burung Hantu. Tapi kata tetua di situ nama Celepuk adalah nama seorang pejuang dari Bekasi. Jalan Celepuk sendiri terdiri dari 2 jalan utama yaitu jalan Celepuk 1 dan 2, serta ada beberapa jalan yang lebih kecil yang sekarang sudah sampai jalan celepuk 6. Jalan Celepuk satu yang merupakan jalan terlebar berbatasan langsung dengan tembok Kompleks Hankam jatimakmur.

Pas pulang ke rumah minggu kemaren sempat kaget juga ada spanduk yang berisi tulisan “Ayo benahi Celepuk” yang mengatasnamakan panpel dan Persada Spanduk (sponsor kali ya..). Cuma bingung aja panpel ini siapa.? saya tanya Pak RT saya juga nggak tahu siapa yang masang spanduk dan yang mengatasnamakan Pa-pel tersebut.

 

Semoga tujuan pemasangan spanduk tersebut adalah untuk menggugah semangat warga celepuk untuk memperbaiki jalan dan saluran yang ada di jalan celepuk tersebut. Mengingat kondisi jalan celepuk 1 dan 2  yang sekarang sudah sangat memprihatinkan. Beberapa Jalan malah keliatan seperti kubangan air.

ini jalan atau empang lele ya…? siapa mau piara lele di jalan..?

kayaknya cocok ya buat ajang offroad..?

Padahal jalan celepuk ini baru saja diperbaiki pada tahun 2007 kemaren. jalan Celepuk 1 di hotmix, akan tetapi karena tidak ada saluran di pinggir jalan serta kualitas pengaspalan yang tidak bagus maka jalan tersebut menjadi cepat rusak.

Ini jadi pekerjaan rumah bagi Calon Walikota Bekasi untuk melakukan perbaikan di jalan celepuk ini. ayo Buat Bapak Calon Walikota Bekasi, berani nggak memperbaiki jalan celepuk ? Sehingga jalan Celepuk nyaman dilalui karena jalan celepuk merupakan juga jalan pintas untuk ke jalan Kecapi yang melewati perumahan Patria Jaya.

Jika tidak ada juga tanggapan dari pemerintah kota Bekasi mengenai jalan Celepuk ini, mungkin inisiatif dari Pan-pel untuk membenahi jalan Celepuk perlu sambut baik atau diperbaiki dengan dana swadaya. Asalkan dana yang terkumpul dari warga bisa dipergunakan seamanah mungkin.

Seperti yang kita kerjakan di Kerja Bakti RT kami di hari sabtu-minggu kemaren. Kita melakukan swadaya membuat saluran air di lingkungan RT 04. Pembuatan saluran air ditujukan karena disekitar rumah tersebut belum tersedia sanitasi yang baik. Rumah disekitar tersebut masih menggunakan kolam penampungan sebagai tempat pembuangan air. Oleh karena itu atas inisiatif warga akhirnya kami membuat saluran untuk drainase rumah warga. Kerja bakti tersebut langsung dikomandoi oleh pak RT Kami, Bapak Hernowo.

Saluran dalam proses penggalian….

 

Saluran tersebut diharapkan akan ikut membenahi lingkungan di RT kami. Mungkin di minggu-minggu ke depan kami akan melanjutkan kerja bakti membuat saluran ini, karena minggu kemaren baru selesai penggalian, belum termasuk pemasangan buis beton saluran. Inilah partisipasi nyata warga RT 04 RW 12 Kelurahan Jatimakmur dalam mengelola lingkungan Celepuk.

Jadi siapapun Panpel Celepuk, selamat bekerja semoga bisa membuat jalan celepuk menjadi lebih baik serta nyaman dilalui bagi semua kendaraan.

36 responses to “Ayo Benahi Celepuk

  1. awalnya nggak sengaja saya nemuin blognya mas ferry ini. kebetulan saya dan suami berencana untuk membeli sebidang tanah di daerah cilepuk juga, kebetulan lagi RT/RWnya sama dengan yang mas ferry sebutin. kalo boleh tahu mas ferry tinggalnya di jalan cilepuk berapa ya? trus ada info dari temen2 kalo tanah di cilepuk itu banyak yang bermasalah, bener ga mas?
    oia di data personal mas ferry, mas ferry bilang lulusan UGM, kalo boleh tahu angkatan berapa and fakultas apa ya? saya dari UGM juga, fakultas farmasi masuk tahun 1998.
    Maaf kalo malah banyak nanya bukannya kasih komentar. salam kenal dan semoga mas ferry berkenan menjawab. matur nuwun.

  2. Saya tinggal di Celepuk 6. Sebenarnya sih tanahnya bukan bermasalah, tapi memang tanah tersebut sudah ada pemiliknya yaitu yayasan (Punya Pak Harto/TMII). Tanah tersebut akan dibuat perumahan karyawan taman mini karena rencananya Perumahan yang di Belakang Taman mini akan dibuat lapangan golf. Kalo mbak nya mau nyari tanah ditempat saya, mungkin saya bisa coba cari informasi mengenai tanah tersebut. Di celepuk enak kok..ngak banjir karena tanahnya tinggi.

    Saya UGM 93 dari geodesi..

  3. saya kemaren liat tanah di cilepuk 3(kata penjaganya orang sekitar nyebutnya kavling andre karena dulu yang ngurusin kavling itu namanya andre, tapi setelah andre bermasalah dengan mertuanya yang merupakan pemilik tanah tersebut, mertuanya (pak sudarko) mengurus sendiri penjualan kavlingnya). disitu ada 34 kavling tapi yang dah dibangun mungkin baru enam rumah. kalo boleh nanya (lagi) sama mas ferry, tanah ditempat itu tidak bermasalah kan? bener-bener milik pak sudarko bukan termasuk milik yayasan taman mini? (mungkin mas ferry pernah denger-denger ceritanya). makasih sebelumnya.semoga nanti kita bisa benar-benar tetanggaan.

  4. mas aris, numpang tanya yah. Tanah yang dicepluk untuk karyawan taman mini itu bisa dibeli orang orang diluar karyawan TMII nggak yah atau tanah itu nantinya akan ditempati oleh orang taman mini juga yang kompleknya digusur untuk lapangan golf ? thanks banget sebelumnya utk pencerahannya

  5. denger-denger sih di jual juga buat orang umum..tapi belinya harus lewat orang taman mini…tapi saran saya jangan beli di situ..karena tanahnya rendah..takut banjir aja..kalo mau nyari di tanah kavling aja di deket situ..masih banyak kok yang di jual..

  6. ooo rendah yah tanahnya. kalau kavling didaerah itu, berapaan yah mas aris kira2 harganya? boleh dshare dong mas aris … seperti kata mbak deeyas “mudah2an kita tetanggaan”🙂

  7. tanah di perum taman mini memang agak rendah..karena banyak bekas empang.
    kalo tanah kavling yang tempat mbaak deeyas sekarang harga berkisar 450-500/m2.

    Padahal dulu harganya sekitar 300-400/m2
    Mbak deeyas juga udah mulai bangun tuh rumahnya…kayaknya mbak deeyas lagi nyiapin lahiran…

  8. mas aris …. boleh dong kita ketemuan hari sabtu ini. kebetulan keluarga lagi cari tanah disekitar situ, bisa mas ? spt mbak deeyas, saya juga nggak sengaja nemu blognya mas aris (dapat dari google).

  9. hallo mas aris, kebetulan nih dapat blognya. Spt mba iin, saya juga lagi cari tanah di area celepuk situ. GImana yah cara saya bisa hubungi mas aris untuk menanyakan lebih lanjut tanah kavling di sekitar area tsb. mohon balas pertanyaan saya ini.

  10. sore mas aris,
    lagi sibuk yah? maaf nih iin ganggu lagi. kalau sekiranya mas aris sibuk dan jika kiranya mas aris tidak keberatan …. boleh dishare alamat/nama orang yang dapat dihubungi untuk tanah kavling yang dijual di area mbak deeyas (lokasinya jauh nggak yah dari komplek taman mini ? berhubung saya tahunya hanya komplek taman mini yang sedang dibangun itu) atau tanah kavling yang deket komplek taman mini. Tolong balas yah mas aris. Terima kasih banget sebelumnya untuk infonya.

  11. Mas Aris, salam kenal juga nech..
    Kelihatannya bakal tetanggan juga nech…
    saya dah pesen kavling deket cilepuk 1 yg sempet denger issue bermasalah setelah dibeli🙂

    Tapi setelah denger ownernya langsung, Insya Allah dah yakin dech mau nempatin.

    Btw.. disana gak banjir kan ? terus kapan cilepuk 1 dibenahi yach jalannya ?

  12. mas..Koko.kalo boleh tahu kavling yang sebelah mana ya..?karena skr lagi rawan banget di tanah yang sengketa.

    Pihak taman mini lagi gencar bangun perumahan karyawannya..

    Kalo banjir sih insya Allah nggak mas..

    jalan cilepuk 1 di benahi..nunggu pemda kali mas…hehehe..

    Pak Wali..kapan jalan celepuk 1 dibenerin..?

  13. kavling 60…… Menurut Mas Aris, gimana mas status wilayah situ😕
    Yang jelas calon tetangga sekitar ramah2 dan lagi giat bangun.

    Memang kelihatannya pihak TMII lagi gencar bangun.. heheh sapa tahu malah nanti masuk kawasan perumahan TMII tanpa di gusur😀

    Kalau tempat Mbak Deeyas harga tanah kavlingnya berapa yach ? dan masih ada gak ?

  14. kavling 60 itu yang di celepuk 1 depan ya..statusnya katanya masih abu2 juga..

    katanya warga situ sudah dikasih surat juga dari TMII, tapi itu katanya ya..bukan nakuti2 ya..karena tetangga saya udah bangun rumah di tanah taman mini dan dikasih ganti rugi cuma 5 juta..abis itu rumahnya di ambrukin..kasihan..liatnya..

    kalo di kavling mbak deeyas kayaknya masih ada yang di jual..tuh..maen aja ke rumah..sambil survey..hehehe..

  15. mas tetangga yg diganti rugi itu di kavling berapa yach ? karena setahu saya pembangunan TMII masih jauh dari situ.

    Sementara surat dari TMII pernah lihat juga sih, cuma setelah di konfirm katanya semuanya palsu. Kebetulan dpt foto copy saja, malah saya sempat diingatkan karena bisa digugat jika terbukti menyebarkan kepalsuan. Jadi segala sesuatu musti otentik buktinya, disisi TMII adalah perusahaan besar sehingga sulit menerima jika mereka memiliki lahan abu2 dan putih berselang seling tiap kavling dalam satu kawasan yg sama.

    Sementara info dari Pak RT awal tahun ini, pihak TMII sudah confirm berlepas dari kavling2 wilayah situ.

    Kebetulan keluarga saya polisi mulai dari orang tua, adik, dan kakak. Analisa mereka sih memang ada indikasi adanya mekelar tanah yg coba mancing di air keruh. Sementara biarkan saja sambil kumpulin data2 valid dan provokator yg masuk.
    Sejauh ini sih belum ada yg ganggu dan berani beri kesaksian hitam di atas putih ttg status sengketa. Ntar kalau mulai terganggu baru kita mulai ciduk sesuai bukti. Lagi pula masih garansi pemilik lama kok !!! kekekekek .. no problemo…

    Mas Aris alamatnya dimana yach ? boleh dunk minta…
    btw…senin kemarin saya kesana Cilepuk 1 deket Patria kelihatannya sudah mau diaspal yach ?

  16. tetangga saya sih memang berada di tanah taman mini..jadi ya wajar kalo di ratain rumahnya..

    oh..begitu ya ceritanya
    mas Koko masuk RT berapa..?

    kalo saya di celepuk VI, kalo mau lengkapnya japri aja ya..tapi saya jangan di ciduk ya..hehehehehe…

    jalan celepuk 1 baru aja di beton mas..tadi pagi saya sepedaan saya anak dan istri..liat jalan celepuk 1 yang baru di cor…entar deh..di foto, tadi nggak bawa hp.

  17. Duh…segitunya sampai diciduk🙂
    Saya jg ga suka pake kekuasaan kok Mas.. cuma pinjem ilmu mereka aja! Buat SIM aja sampe 3 kali cuti, alias gagal tiga kali baru lolos hehehehe

    Alhamdulillah kemaren lihat jalan cilepuk 1 emang dah mulai di cor meski belum sampai depan. Lebih oke lagi ke arah pasar pd gede jg sudah mulai di rapihin jalannya. Mudah2an 2-3 minggu lagi bisa pindahan dan jalan jg dah ok🙂

  18. Halo Pak Sambas…
    Terima kasih udah mampir di Blog saya….

    Kalo celepuk III mungkin menyusul pak, karena dananya lagi ditarikin tiap minggu. Kavling juga belum terlalu banyak penghuninya pak. dan pasti masih byk yang akan bangun. takutnya jalan nya rusak lagi dilalui mobil material. Kondisi jalan juga masih agak bagus pak. cuma agak sempit aja ditikungan situ..

  19. Ass. Pak Haji.. Kemarin saya ga ikut pertemuan RT. apa aja yg dibahas ya…? Ngomong2 jln tembus ke komplek TMIInya kok ditanamin bunga ya ? jd ga boleh lewat

  20. Kebetulan saya juga nemu blog mas Aris atau mas fery ya?
    Saya ditawarin beli rumah di komplek taman mini yang sedang di bangun sekarang katanya 80 jutaan. Tapi temen saya juga beli di sana dgn harga 70 jutaan.
    Koleh mas aris tidak keberatan share dong infonya, sebetulnya harganya berapa sih?
    Selain berpotensi Banjir, apakah di perumahan taman mini ini nantinya tidak akan menjadi tanah sengketa tapi bener2 milik kita kalau sudah dibeli.

    Terima kasih sebelumnya.

  21. raidah Says:

    Maret 28, 2009 at 1:17 am e

    Kebetulan saya juga nemu blog mas Aris atau mas fery ya?
    Saya ditawarin beli rumah di komplek taman mini yang sedang di bangun sekarang katanya 80 jutaan. Tapi temen saya juga beli di sana dgn harga 70 jutaan.
    Koleh mas aris tidak keberatan share dong infonya, sebetulnya harganya berapa sih?
    Selain berpotensi Banjir, apakah di perumahan taman mini ini nantinya tidak akan menjadi tanah sengketa tapi bener2 milik kita kalau sudah dibeli.

    Terima kasih sebelumnya

    => ya benar, tanah itu khusus buat karyawan taman mini, tapi nggak tau juga kalo di tawarkan ke orang umum.

    Mungkin aja orang taman mini sendiri yang jual, khan katanya 80 juta, lumyan khan untung 10 juta heheh..

    kalo harga pas nya saya kurang tahu..
    mengenai banjir, karena daerah situ agak rendah dan banyak bekas empang, bisa saja sih banjir, kalo sungainya meluap, karena dulu disitu ada 3 sungai yang skr dijadiin satu kanal besar.

    kalo status tanahnya mungkin hak guna bangunan kali ya karena itu tanah milik yayasan taman mini. tapi mending ditanyai aja ke yang mau jual biar jelas..

  22. Adilla Says:

    Maret 28, 2009 at 11:35 am e

    Mas aris,sy ad tnh d celepuk 2,sy lg bngung nih,mau dbangun tp kwtr ad pnggusuran.kira2 gmn pndpt mas aris?

    ==> Lha mbak nya belinya sama siapa dan bagaimana statusnya?

    kalo di rt2 mungkin aja ada yang kena tapi saya nggak tahu pastinya sebelah mana.

    saya nggak punya peta daerah penggusuran sih..hehehehe

    mending di tanyain aja yang dulu jual.

  23. ass mas ferry
    mas, pertemuan bapak-bapak tingkat RT dilaksanakan tiap apa ya? mbok kalo bisa suami saya diundang,apalagi kalo acaranya pas weekend (soalnya pas ga pulang malem).semoga bisa jadi jalan silaturahmi kami di RT.
    matur nuwun
    wass

  24. salam kenal
    mas fey mau nanya harga perumahan TMII type 27 sekarang berapa? ada yg mau dijual / over kredit ngga? ditunggu infonya.
    terimakasih banyak

  25. Saya ditawari rumah baru LB/LT 49/75 di jl.cilepuk IV..,,saya belum mengenal daerah tersebut ..apakah termasuk tanah yang disengketakan atau bukan..mohon infonya mas aris….harga sekitar 250jt an..apakah harga tersebut kemahalan atau realisatis….makasih sebelumnya

    • coba saja tanya sama pemiliknya mas..atau tanya pak RT setempat..tapi kayaknya sekarang tanahnya sudah nggak sengketa karena mereka disuruh bayar ke pihak taman mini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s