Selamat Ulang Tahun Pertamina ke 50.

Tanggal 10 Desember yang lalu, PT. Pertamina (persero) baru saja merayakan hari jadinya yang ke 50 atau setengah abad. Perusahaan Minyak milik negara ini berdiri pada tanggal 10 Desember 1957 yang semula bernama PT. Permina, kemudian di tahun 1961 berubah menjadi PN. Permina. Pada tahun 1968 PN. Permina merger dengan PN. Pertamin dan berubah menjadi PN. Pertamina. kemudian dikukuhkan dengan UU no. 8 Tahun 1971 menjadi Pertamina. Setelah era reformasi dan diterbitkan UU Migas No 22 Tahun 2001, akhirnya mengantar Pertamina menjadi PT. Pertamina (persero). dan Pada tahun 2003 resmi Pertamina menjadi PT. Pertamina (persero) dengan saham 100% milik pemerintah.

Perusahaan yang sekarang dipimpin oleh Ari H. Soemarno bertekad menjadi perusahaan berkelas dunia atau world Class. Perusahaan pertamina mempunyai bisnis baik di usaha hulu maupun hilir migas. Tapi inilah kadang yang menjadi dilema PT. Pertamina. di satu sisi  sebagai Perusahaan Minyak negara dituntut untuk meyediakan pasokan BBM di dalam negeri dan sisi lain dia dituntut untuk menghasilkan laba atau keuntungan untuk pemerintah.

Apalagi dengan naiknya harga minyak dunia, yang tentunya akan menambah keuntungan apabila minyak kita dijual ke luar negeri, akan tetapi subsidi yang akan dikeluarkan juga akan bertambah seiring dengan naiknya harga minyak dunia.

Kita sangat mendukung apabila PT. Pertamina (persero) dapat menjadi perusahaan yang berkelas dunia, tidak kalah dengan petronas, shell ataupun Caltex. Yang dituntut sekarang dari Pertamina dan anak perusahaannya adalah profesionalisme, keterbukaan dan sinergi yang baik sehingga semua dapat berjalan dengan dinamis. Karena tanpa kerja sama atau sinergi tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Selamat Ulang Tahun Pertamina….semoga menjadi Perusahaan yang berkelas dunia…

Semoga “Bangsa untung… kita juga untung…”

Iklan

5 responses to “Selamat Ulang Tahun Pertamina ke 50.

  1. Selamat Buat PT Pertamina semoga tetap jaya ,tapi saya sebagai warga Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara sangat prihatan dengan kondisi PT Pertamina di Sangasanga kita sadar bahwa sebagian Instalasi seperti pipa yang berada di sepanjang pinggir jalan diatasnya banyak bangunan dari yang semi sampai permanen setiap kali ada masukan kepada PT Pertmina Sangasanga pasti dibilang itu kewenangan BP Migas belum lagi kerusakan sumur-sumur minyak akibat tambang batu bara ” MASAK SIH PERUSAHAAN PERTAMINA TIDAK BISA MENGATASI MASALAH RUMAH YANG BANGUNAN YANG ADA DI ATAS PIPA “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s