Ngebenerin Si Bumel

Sudah lama si Bumel alias Fiat Uno 89 abu-abu metalic saya tidak pernah diajak jalan-jalan karena ada masalah sedikit di alternator atau dinamo pengisian, dimana lampu indikator aki nggak mau mati kalo mesin dinyalakan yang berarti tidak ada arus dari alternator yang masuk ke aki. Minggu ini atau tepatnya kemaren udah ditekadkan untuk memperbaiki si Bumel.

Setelah sehari sebelumnya menghubungi Kang Yadi dari Grage Fiat Club Cirebon, saya dikasih alamat bengkel dinamo rekomendasi dia di Cirebon. Meluncurlah Saya dan Si Bumel ke Bengkel Dinamo Iing yang terletak di jalan Bypass tepatnya 100 m dari lampu merah perempatan perumahan Burung Cirebon.

Sampai sana, alternator Si Bumel langsung dicopot, tapi si montir kesusahan waktu mau mengeluarkan dinamo, kemudian saya bilang ke montir, untuk mengeluarkan alternator harus di dongkrak dulu sedikit, akhirnya sang montir pun mengambil dongkrak dan didongkraklah si Bumel  setelah terangkat dinamo tersebut langsung dapat dikeluarkan dengan mudah.

Proses selanjutnya sang montir membongkar alternator tersebut, dan ternyata kerusakan terletak pada brush yang sudah habis. Sang montir menyarankan ganti brush nya. Sambil menanti montir mengganti brush altenator, saya sempatkan makan siang dengan nasi uduk jatah kantor yang sudah saya bawa. Setelah brush diganti baru dan altenartor dinyatakan baik dipasanglah lagi alternator ke Si Bumel. Bracket dari alternator juga minta diganti yang agak bagus dan kuat, karena bracket hasil pemasangan yang lama jelek dan kurang kuat.

Setelah bracket diganti dan alternator dipasang kembali, dicobalah si bumel dinyalakan mesin nya dan greeng….lampu indikator aki mati, berarti ada arus pengisian dari alternator ke aki. Sehabis itu dichek dengan menggunakan ampere meter dan jarum menunjukaan ada pengisian. Setelah pengetesan dirasa cukup maka saya menuju ke kasir untuk membayar biaya perbaikan. Si mbak kasir kasih bon senilai 45 ribu termasuk pembelian brush.

Kemudian setelah melakukan pembayaran, giliran pengetesan dilakukan sambil jalan pulang. sampai saat ini masih baik-baik saja dan semoga Si Bumel makin sehat saja. Hari ini Si Bumel menemani ke kantor.

 Cirebon, 29 Nov  2007

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s