Review Head Unit Skeleton D319G

Fenomena Mobil MPV keluaran Suzuki Ertiga memang masih saja berlanjut, setelah banyaknya calon pembeli yang rela untuk indent mendapatkan Suzuki Ertiga walau harus menunggu kisaran waktu hingga 3-4 bulan, tergantung dari tipe dan warna.

Perangkat Audio Suzuki Ertiga terbilang cukup baik,  Head Unit yang berbentuk Double DIN dilengkapi fasilitas Radio, CD Audio/MP3 Player, USB Connection yang dapat membaca USB Flash disk ataupun iPod. Suara lumayan cukup bagus, terlebih di seri GX yang merupakan seri tertinggi sudah dilengkapi dengan Tweeter menjadikan Head Unit Ertiga menjadi teman yang mengasyikan dalam berkendara.

Akan tetapi keinginan untuk mengupgrade Head Unit bawaan menjadi sebuah In Car Entertainment telah diakomodasi oleh beberapa vendor di sektor Mobile Multimedia, salah satunya oleh PT.Gobig Alca Nessa A yang terkenal dengan produk Skeleton yang merupakan salah satu pemain di bidang Car Audio Sistem. Skeleton mengeluarkan dua buah produk  Head Unit dengan Seri SKT D319 dan SKT D319G  yang dikhususkan untuk Suzuki Ertiga. Perbedaan pada kedua produk itu adalah bahwa seri D319G telah dilengkapi dengan GPS Navigasi menggunakan Software IGO Primo Myway original.

Kali ini saya akan menulis review singkat Head Unit Skeleton untuk seri D319G, adapun spesifikasi adalah sebagai berikut :

- 7 ” TFT LCD monitor Resolusi 800×480 pixel
– DVD,CD Audio, mp3, mp4
– Mini Usb and MiniSD card Port
– Plug and play
– Super anti shocking
– Bluetooh/A2DP
– Built in radio (AM/FM)
– Built in Analog TV tuner
– 2 ch Video output
– 1 Ch Audio Output
– 1 Ch Video input for Support rear view camera
– 1 ch Video/Audio input
– Front rear audio-in
– Subwoffer Output
– iPOD ready
– Steering wheel control learning
– USB port di console tetap berfungsi.
– Virtual Disc (untuk mengcopy CD Audio) Kapasitas 1 GB, bisa 10 CD audio tercopy.
– Microphone
– Remote Control
– GPS
– Softbutton

-   Kompas berfungsi baik saat kendaraan berjalan dan ada penunjuk Arah Kiblat

Secara garis besar Head Unit SKT D319G yang dijual dengan harga sekitar 3.8 juta ini menawarkan peningkatan kemampuan pada Head Unit Ertiga, dengan menghadirkan TV dan Video Player, kemudian adanya penambahan fasilitas memory sehingga berbagai format penyimpanan dapat diakomodasi. Dari segi suara juga tidak berbeda jauh dengan Head unit Original. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentu dapat ditambahkan subwoofer atau power amp.

Berikut beberapa foto dari Menu yang terdapat pada Head Unit SKT D319G :

Starter Menu

Home Screen-1

Main Menu-1

Main Menu-2

Selain main menu di atas juga terdapat alternatif Main menu :

Alternatif Main Menu-1

Alternatif Main Menu-2

Fasilitas yang paling umum dan sering digunakan dalam Head Unit adalah radio dimana  kita dapat mendengarkan obrolan yang interaktif dan adanya informasi yang bisa didapat misalnya berita atau info lalu lintas melalu radio .  Head Unit ini bisa menerima menerima saluran AM dan FM, dengan 2 mode AM (AM1-AM2) dan 3 Mode FM (FM1-FM2-FM3). Dimana pada setiap mode tersebut dapat disimpan 6 saluran favorit. Kita juga dapat melakukan scanning secara automatis atau memasukkan input frekuensi radio yang diinginkan secara manual. Berikut menu dari mode Radio :

Radio Mode

Input Frek Radio Menu

Radio Display

Fasilitas TV juga terdapat pada Head Unit ini walaupun tuner yang digunakan masih menggunakan tuner TV analog, penerimaan TV pada head unit ini tergantung pada lokasi penerimaan dan penempatan Antena penerima. Kali ini penulis menggunakan Indoor Active antena dari Skeleton.

TV Mode

List TV Channel

Indoor Active Antenna

Fasilitas DVD atau CD Audio juga terdapat dapat Head unit ini :

Disc Mode

Playing Audio CD

Adanya fasilitas Bluetooth juga menambah kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, kita dapat menerima atau menelpon dari  dapat langsung melalui head unit tersebut dengan terlebih dahulu melakukan pairing dengan handphone yang telah dipairing. Melalui menu bluetooth juga kita dapat melakukan streaming audio dari file musik yang tersimpan di dalam handphone tersebut. Import Phonebook juga dapat dilakukan ke dalam head Unit tersebut. Untuk melakukan pairing, kita aktifkan dan search dulu dari headphone, setelah terdetect “HMIA5″, pilih device tersebut dan ketika diminta memasukkan passcode, isi dengan “0000”.

Bluetooth Mode

Import Phone Book

Bluetooth Audio Streaming

Salah satu fasilitas lagi adalah adanya Virtual disk yang terdiri dari 10 Virtual Disk. Melalui virtual disk ini kita dapat menyalin CD audio ke dalam Head Unit. Jadi setelah CD Audio tercopy, kita dapat melepas CD Audio tersebut dari Head unit dan kita dapat menikmati file audio tersebut yang telah tersimpan ke dalam head unit. Apabila kita sudah bosan dengan isi Virtual disk tersebut kita juga dapat menghapus file tersebut untuk digantikan dengan CD Audio yang lain.

Virtual CD Mode

Untuk fitur output dan input, Head unit ini menawarkan 1 video/audio output (biasanya buat stream ke Head Rest monitor), 1 video output (stream ke head reast), 1 Video/audio Input bisa digunakan untuk source video misalnya Tuner Digital, dan 1 Video input yang digunakan untuk rear camera.

Bagian  Belakang HU

Sedangkan untuk port memory, Head unit ini menyediakan port iPod, MicroSD port , Micro USB port dan satu lagi port USB original di dashboard Ertiga yang dapat difungsikan. Head unit ini juga kompatibel dengan steering control Suzuki Ertiga, jadi kita dapat mengontrol Head Unit dengan Steering Control pada Suzuki Ertiga.

Mini USB Port & Audio Input

MicroSD (Map) & MicroSD (Data)

iPod Mode

USB Mode

MicroSD Mode

Untuk Pengaturan Head Unit dapat diatur dari Menu Setting, dimana dari menu tersebut dapat diatur GPS, Video, Audio, Time, Calibration, Steer, General dan Port.

Setting Menu-1

Setting Menu-2

GPS Setting Menu

Video  Setting Menu

Audio  Setting Menu

Time  Setting Menu

Steer  Setting Menu

General Setting menu

COM Port Setting

Dengan melakukan pengaturan pada Menu Steer, maka steer control Suzuki Ertiga dapat digunakan untuk mengontrol head unit dari kemudi Ertiga.

Tampilan Wallpaper pun dapat diubah dengan foto yang kita inginkan, sehingga tampilan head Unit kita bisa berbeda dengan yang lain. Ukuran File yang digunakan adalah file image BMP dengan ukuran resolusi 800×480 pixel. Bahkan rekan di ERCI sudah ada yang merubah wallpapernya dengan logo Ertiga Club Indonesia.

Wallpaper Setting Menu

ERCI on Skeleton Head Unit (Courtessy : Om Anca)

Untuk Software navigasi digunakan IGO Primo MyWay original, File peta tentu saja bisa diupdate melalui website di sini. Berikut penampakan Software IGO di Head Unit Ertiga :

Starting IGO Map

IGO Home Screen

Ready to Navigate

Search Menu

Rute Menu

Other Menu-1

Other Menu-2

GPS Antenna

Video Demo Skeleton D319D (Courtessy : Skeleton)

Demikian review singkat mengenai Head Unit SKT-D319D dari Skeleton, sebagai salah satu head unit after market untuk Suzuki Ertiga. Karena masih ada juga pemasok seperti Symbion dan Caska yang mempunyai produk sejenis, tentu masing-masing mempunyai mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan ada di tangan anda, dan semoga review singkat ini bisa memberi gambaran mengenai produk Skeleton D319D.

Nampang dulu ah..hheheheh

Bagi yang berminat atau penasaran dengan produk ini dapat mencoba secara langsung dengan mengunjungi Stand Skeleton pada pameran IIMS dari tanggal 20-30 September 2012 di Hall SP2, JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, siapa tahu ada diskon harga selama masa pameran.

About these ads

42 responses to “Review Head Unit Skeleton D319G

    • Mas Minta tolong bagaimana cara memperoleh buku petunjuk penggunaan skeleton D319G ini, saya sangat kebinungungan untuk menjalanjakan semua fungsi yang di paparkan di atas

      • Android om, saya pernah kutak katik rom bawaan HU type ini, jadi kalau di bilang wince nggak mungkin lah…apalagi wince sudah nggak ada pengembangan nya dari microsoft sejat tahun 2004…jadi teknologi os wince nggak akan sampai memiliki fasilitas multimedia seperti HU diatas,,, ini berdasarkan pengalaman saya ketika HU D319G teman rusak Firmwirenya..ketika mencoba beberapa kali akhir bisa masuk ke dalam system recoverynya dan ternyata Hu ini berisi OS Android 2.3 … setelah berhasil di wipe data, akhirnya HU bisa Booting kembali secara normal.

  1. Dari pengalaman saya upgrade HU R3 menggunakan SKT D319G adalah sbb :
    – Harga 2.85jt
    – Secara fisik bagus, seperti bawaan asli.
    – Yang bikin menarik adalah fungsi GPS-nya
    – Kualitas suara tidak sebaik HU bawaan (kalau boleh dibilang malah kecewa)
    – Volume level tidak smooth, jadi level 1-5 pelan, ke level 6 langsung keras, level 7 akan bikin kaget, langsung keras banget…
    – Dengan HU asli colokan USB bisa untuk charge BB, dengan SKT ini, malah gak bisa lagi utk charge BB, hanya bisa charge BB pada mode NAVI.
    – Pada mode Radio, DVD, USB atau TV, jika USB dihubungkan ke BB, akan langsung proses “USB Loading” lama sekali, mengganggu mode yang sedang berjalan.
    – Penangkapan sinyal radio kurang bagus
    – Ono rego, ono rupo…
    Demikian dari saya,untuk menjadi pertimbangan.

  2. Menurut ane pribadi ya om-om.. dengan harga yang tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah, skeleton merupakan HU yang paling keren. karena sebelumnya ane juga pakai HU skeleton di grand livina ane..
    Dan sekarang ane juga sudah pasang di ertiga ane..
    ane rasa sih untuk suara tidak kalah ya dengan yang ori. tapi suara radio memang kalah dengan yang ori.
    untuk volume 6-7 ane sempat service ke skeleton center.. alhasil bisa diupgrade dari firmwarenya.. heheh..

    Dan ane bisa nge charge bb tanpa ganggu yang lain, ane nge cas bb nya di console yang ada port usb.
    Ane bukan penjual merk skeleton atau agennya.. ane cuma seorang pemakai yang puasss bgt dengan skeleton.. hehe..

    salam,
    anto.
    btw, bagaimana cara gabung di erci?

    • kalo mau aman tergantung installer juga om arif. ane sih pasang skeleton yang langsung dipusatnya kelapaa gading..
      dan ane juga ada pasang basstube kolong 10″ skeleton.. mantap om. nanti speaker standardnya dioprek sedikit.. jadi suaranya semakin mantap..

  3. Tolong teman-teman penggemar ERTIGA khususnya pengguna SKELETON tipe D319G saya mau petunjuk lengkap penggunaannya, bagaimana cara mendapatkannya makasih

  4. mo tanya mas…, sy pengguna skeleton 6902g. bisakah petanya kita edit untuk beberapa hal, misalnya ada jalan baru yang belum terdapat di peta, atau ada jalan yg sebetulnya hanya bisa dilalui motor, tapi instruksi gps kita bisa lewat jalan tsb (sebelumnya tentu sdh kita seting utk kendaraan roda 4), tks a lot

  5. Sya punya unit skeleton lain, tp maksimal baca folder di usb cuma 73 folder, padahal di usb ada lebih dari 100 folder, jadi lagu2 di folder lain tidak terbaca….klo dri pnglaman di HU ertiga ini apakah sama saja…??

  6. Agak mengecewakan.
    Beberapa kekurangan:
    * Suara tdk sebagus hu yg asli (all new swift). * Loading usb lamaaaa dan hrs loading setiap kali HU dinyalakan
    * sinyal tv jelek ketika mobil berjalan
    * kualitas touch screen jelek.
    * peta tdk up to date (padahal sdh di update)
    Kesimpulan: HU ori all new swift msh lbh bagus di banding skeleton.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s