Tarif Baru Blackberry Indosat

Setelah sempat kena overkuota pemakaian Blackberry Indosat, akhirnya Indosat mengeluarkan tarif baru untuk layanan Blackberry. Sekarang layanan Blackberry Indosat menjadi unlimited dan digabung dengan paket data  atau GPRS yang menggunakan apn operator. Jadi selain digunakan di handheld BB, kita dapat menggunakan BB tersebut sebagai modem di pc, dimana data yang digunakan jatah dari paket GPRS yang kita ambil.

Adapun tarif layanan Blackberry Indosat adalah Rp. 140.000 dengan kuota unlimited untuk apn Blackberry, sedang paket Data/GPRS yang diambil dapat memilih sebagai berikut :
- 50 MB: Rp 50k+ppn
- 100 MB: Rp 75k+ppn
- 250 MB: Rp 100k+ppn
- 550 MB: Rp 200k+ppn
 dan untuk Kelebihan Rp 5/kb.

Sehingga tarif yang yang harus dibayar adalah :
- 50 MB- 190k+ppn, APN Blackberry : unlimited, APN Opr : 50 MB
- 100 MB- 215k+ppn, APN Blackberry : unlimited, APN Opr : 100 MB
- 250 MB- 240k+ppn, APN Blackberry : unlimited, APN Opr : 250 MB
- 550 MB- 340k+ppn, APN Blackberry : unlimited, APN Opr : 550 MB

Tarif baru ini diperlakukan mulai 1 Februari 2008, dan bagi yang yang sudah mengambil paket Rp. 200 ribu untuk 100 MB dapat mendaftar ulang matrix Blackberry ke Gallery Indosat terdekat, dengan mengambil paket data yang diinginkan.

Semoga layanan Blackberry Indosat bisa menjadi lebih baik lagi, dan dapat segera menuntaskan permasalahan tentang tagihan yang membengkak waktu itu. Karena dengan sudah berubahnya tarif menjadi Unlimited ini, mengurungkan niat saya untuk berganti operator penyedia Blackberry dan tetap menggunakan layanan Blackberry Indosat.

About these ads

401 responses to “Tarif Baru Blackberry Indosat

  1. ya..kartu nya harus matrix. Nanti kita milih paket utamanya matrix free abonemen atau matrix strong.

    Kemudian layanan Blackberry sebesar Rp. 140.000 sebagai suplementary dan ditambah paket data atau GPRS yang bisa milih 50, 100, 250 atau 550 MB.

  2. Paket data GPRS menggunakan APN operator. Jadi diperlukan apabila kita ingin menggunakan aplikasi yang apn nya menggunakan operator atau menggunakan WAP dari Operator. Karena ada beberapa aplikasi semisal Opera, JiveTalk masih menggunakan APN operator.
    Jika email, chat dll menggunakan APN Blackberry maka dikenakan unlimited atau tidak ada batasan…
    demikian pak…semoga membantu

  3. Kang, saya emang lagi berpikir mencoba Blackberry, menurut akang, bagi pemula ini mending menggunakan paket yg mana, Apabila saya hanya sering terima email dan chatting, apa mesti perlu mengambil paket GPRS yg besar atau hanya cukup paket yg paling murah, terima kasih atas pencerahannya.

  4. Paket yang paling sederhana aja cukup, karena email dan chat (YM, GTalk dan BlackBerry messanger)menggunakan kuota unlimited nya..

    Jadi cukup yang paling murah aja dah puas buat email dan chat

  5. saya masih pake starone buat internet,..pengen pake dua macam, starone+blackberry juga…tolong jelasin bedanya beaya berinternet pake starone dan blackberry dong…makasih

  6. kalo blackberry sangan dianjurkan bagi yang sering menggunakan email dan messanger. Browsing bisa juga di Blackberry, tapi ya itu buat darurat aja..karena layarnya yang kecil. langganan blackberry baik indosat maupun xl berkisar 200 ribuan perbulan.
    jadi buat yang ikut atau langganan banyak milis mending pake blackberry.

    Kalo internet starone khan bisa pake pc atau notebook, dimana kalo browsing lebih enak di pc dan notebook. Jadi kalo mau browsing ya lebih enak pake starone atau indosat 3g/hsdpa
    Biayanya biasanya sih menurut besaran data yang di download.

  7. mau tanya donk, kalau ada yg kirim foto lewat email, fotonya 3 mb misalnya, nah itu itungnya kuota unlimited APN BB bukan? karena takut jebol aja kalo dianggap kuota APN operator.
    Lalu bisa gak ambil yg 140rb nya saja, tanpa APN operator?

  8. Mau tanya nih,.. saya sering pakai email ,.. dan pengen pakai blakcberry,. saat ini saya pakai HP nokia e90 apa harus ganti dgn handset nya BB? mana yang lebih enak dan mudah dipakainya?

  9. Blackberry adalah bentuk Layanan push email yang dbuat oleh Research in Motion (RIM) Canada. Layanan ini akan maksimal bila digunakan pada Handset yang dikeluarkan oleh RIM, yang sering disebut Handset Blackberry. Karena layanan Blackberry ini mengandalkan Kompresi data untuk email yang begitu kecil. Apalabila kita menggunakan handset dari Blackberry, maka kompresi dilakukan di Server RIM dan di Handset itu sendiri. Misal kita dikirimi Attachment berbentuk foto/image, apabila kita buka di handset blackberry, maka file yang dibuka akan menyesuaikan ukuran layar dari handset blackberry yang kita gunakan.
    Kita bisa saja menggunakan layanan blackberry dengan HP non RIM, yaitu dengan software Blackberry Connect, tapi itu akan memberatkan hardware tersebut. dengan Handset Blackberry kita bisa terima email perhari 300-500,santai saja dan tidak hang. tapi dengan HP non Blackberry..bisa jadi lambat Handset tersebut.
    Untuk Harga Handset blackberry itu macam, berkisar antara 1,5-6 juta tergantung fasilitas pada handset tersebut.
    untuk biaya layanan berkisar antara 150-200 ribu, tergantung operator dan paket data yang diambil..

  10. jusjeruk Berkata:
    Maret 21, 2008 at 12:32 am e
    kmrn baru daftar paket 140rb + 50mb
    sebetulnya bisa lo kalo mau ga pake paket data/gprs…cuman abis diitung kayanya muahal deh…mending ambil yg terkecil

    -> ya kemaren temen apply nggak ngambil paket datanya..karena dia pikir jarang pake apn operator…
    makasih ya om..dah mampir..

  11. Bapak Aristanto? untuk mengenai Jivetalk yah,saya sudah pakai di blackberry curve saya dan jalan. Padahal saya punya TCP Section untuk APN-nya kosong. Apa mungkin Jivetalk yang baru sudah menggunakan APN Blackberry?

  12. saya mau dibeliin ama tante saya blackberry 8120 yang bisa wifi.
    kl misal saya ga pake langganan blackberry , jd saya pake kartu xl biasa aja gt bs tetep pake ga ??? saya cm mau pake wifi nya aja.
    bisa ga ?
    thanks banget

  13. Pak Aristanto,

    Saya kan pakai Blackberry Curve 8320 Indosat yah, happy banget sih walaupun agak gatel ngeliatin Blackberry Bold.

    saya juga pakai Dopod U1000(Athena) dengan nomor telkomsel yang katanya support microsoft direct Push. Yang saya masih bingung, kalau saya install blackberry connect kemari apakah bisa? kan denger denger Telkomsel sudah keluarin Blackberry Pra-Bayar.

    setelah daftar ke Blackberry Prabayar Telkomsel apakah kalau browsing dengan software Opera yang telah di supply oleh Dopod U1000 tidak perlu bayar lagi selama menggunakan APN Blackberry?

    Atau browsing itu hanya bisa kalau saya pakai telepon genggam merek blackberry untuk menggunakan APN blackberry?

    Perbedaan Microsoft Direct Push dan Blackberry Connect apa yah? Saya sih background dari Windows Mobile sudah hampir 10 tahun. Tapi saya baru coba blackberry 1 bulan ini.Jadi masih rada bingung.

    Terima Kasih.

  14. jlingo berkata :

    setelah daftar ke Blackberry Prabayar Telkomsel apakah kalau browsing dengan software Opera yang telah di supply oleh Dopod U1000 tidak perlu bayar lagi selama menggunakan APN Blackberry?

    Fey :
    kalo menggunakan Blackberry Connect, jika digunakan untuk browsing, masih menggunakan apn operator, APN blackberry digunakan hanya pada fasilitas email..jadi mending pake Handset blackberry..

    Sebagai info, bahwa opera Mini jika digunakan di handset blackberry, sekarang sudah menggunakan apn blackberry, jadi termasuk plan yang unlimited..

    jadi mengapa pake WM, kalo sekarang semua bisa di handset blackberry he he he…

  15. hendy sibuea Berkata:
    Mei 23, 2008 at 11:01 pm e
    Salam kenal.
    Saya skarang pake paket blasckberry xl yg 200rb. Pengen coba pake matrix.
    Bisa tlg jelasin kelebihan dan kekurangan masing2 provider???
    Thanks

    - Signal Indosat lebih baik dari Xl. ada temen yang migrasi ke matrix, karena pas di pake Xl sering lag..

  16. Wah thank you infonya Mas Fey, membantu sekali! Rencananya saya mau ambil paket 8820 di Indosat Matrix. Tadi saya tanya Biaya per bulan termasuk cicil handset adalah sebesar 685 rb. Kalo seri 8320 cicilan per bulan kena sekitar 640 ribu.

  17. Mas Bentley,

    Mending nyari atau beli di milis seperti gadtorade atau id-blackberry. selain harganya lebih murah, juga dukungan yang besar dari teman-teman milis.

    kalo beli sendiri khan bisa milih yang paling murah..paling kita bayar langganan aja ke operator…

  18. kalo kartu sekarang matrix auto bisa pasang paket datanya bb ga?
    kebetulan pda rusak nih, butuh handset baru dan udah rada teracuni bb dr dulu gara2 bos saya make, tapi die pake xl makanya ditanya yg indosat kaga ngarti.

  19. kalo matrix auto kayaknya nggak bisa, yang bisa matrix free abonemen dan matrix strong yang bisa di gabung dengan blackberry plan.

    Mending apply satu lagi aja no matrix khusus buat blackberry

  20. Pak Aristanto,

    Bagaimana caranya mengetahui apn dari masing masing aplikasi; browser bawaan dan opera dll.
    sementara setting apn yang ada masih kosong.

    TQ ya pak

  21. caranya gampang pak, apabila aplikasi tersebut bisa jalan tanpa kolom tcp tersebut di isi atau masih kosong, berarti aplikasi tersebut menggunakan apn blackberry.

    tetapi apabila tcp kosong, dan aplikasi tersebut di jalankan bisa jadi aplikasi tersebut menggunakan apn operator. ya kita coba aja di isi tcp nya untuk membuktikan. kalo setelah di isi aplikasi tersebut jalan berarti menggunakan apn operator…

    bingung ya…moga-moga mudheng…hehehe..

  22. Pak Aristanto,
    mohon pencerahannya, sy newcomer untuk BB. Baru pake BB 8820 matrix minggu ini.
    Jadi kl saya pake YM itu unlimited ya?
    Trs kl saya sudah berhasil konek ke wi-fi (di layar utama statusnya berubah menjadi : matrix-), tp gambar wi-finya masih abu2, apakah itu artinya kl sy browsing udh melalui wi-fi? hehe soalnya takut tagihan gprs-nya jebol :D
    Punten pisan atas pencerahannya :)

  23. mas, saya rencana mau beli handset blackberry di luaran, bukan bundling paket dr provider, kyk BB matrix gt.
    Nah tarif untuk setting BB-connect kira2 brp ya mas, untuk masing2 provider gsm. baik indosat, xl, maupun telkomsel.
    thx

  24. Mas.. yang bisa dibuka via apn blackberry itu apa aja? saya masih rada bingung.. apakah browsing di black berry harus pake opera?

    kalo yahoo mail, hotmail or google mail bisa via apn blackberry gak?

    mohon pencerahan..thanks

  25. yang lewat apn blackberry ialah email, YM, Gtalk, MSN, GMap, BB Map, Viigo (RSS Reader) dan Browsing dengan menggunakan Browser dari Blackberry.

    Browser dengan menggunakan opera melalui apn operator, walau beberapa rekan bisa browsing pake opera dengan apn di TCP di kosongin…

    email, yahoo, gmail, hotmail menggunakan apn blackberry…dengan catatan semua hal di atas di lakukan di Handset blackberry bukan menggunakan BB Connect..

  26. mas Ian..kelewatan nih..
    hati-hati membeli handset blackberry dari luar negeri. pastikan bahwa handset yang dibeli dalam keadaan unlock dan pin nya tidak bermasalah.

    karena ada beberapa teman yang membeli blackberry dari luarnegeri, handset tersebut pernah digunakan dan masih nyangkut di operator luar negeri. kalo mau beli yang tanpa paket mending ke milis gadtorade atau id-blackberry.

    untuk biaya langganan Blackberry dari masing operator indosat Rp. 140.000 plus bisa milih paket gprs, xl Rp 199.000, telkomsel halo Rp. 150.000, telkomsel prabayar 180 ribu untuk 1 bulan…

    bentar lagi indosat mengeluarkan prabayar juga…tunggu aja tanggal mainya.biayanya bisa mingguan..

  27. saya bingung ama indosat…saya sedang memakai xl untuk blackberry saya, memang 200 rb sampai mampus makenya…dah termasuk blackberry service dan unlimited GPRS akses, jadi saya tidak pernah mikir kalo berinternet ria di blackberry saya, dan saya mendapatkan 100 menit gratis sesama xl.

    yang saya tanya, apakah indosat memberikan sesuatu nilai plus, misalnya gratis sesama indosat atau apalah, karena saya ingin mencoba pindah, siapa tau indosat lebih menguntungkan….thanks

  28. Berarti memang saat ini tetap murah pake indosat ya ? saya kebetulan bukan pemakai blackberry tapi sering berurusan dengan customer service indosat karena kebetulan beberapa direksi di kantor saya memakai fasilits blackberry. Saat ini kami masih memakai abodemen Rp. 200.000/bln saya berniat upgrade juga ke paket Rp. 140.000 ini harus datang ke Galeri indosat dak ya ? saya trauma ke galeri indosat buntutnya selalu dak beres, bisa dibilang pelayanan CS-nya dak bagus,kami selalu dibuat bolak – balik ke galeri indosat.

  29. mbak kristian..selama saya pake indosat, paling stabil signal gprs nya dari pada operator lain. Temen2 yang pake xl sering nge lag atau delay…

    Mbak Tia…
    harusnya diganti paket aja mbak yang 140 ribu..karena paket 200 ribu nggak ada lagi. karena paket nggak otomatis berubah, harus customer yang merubah sendiri ke paker 140 ribu. padahal programnya sudah dari bulan februari 2008.

    memang kadang cs belum dibekali pengetahuan tentang data, banyakan masih seputar voice dan cara berlangganan aja.

    dulu pas indosat ada paket unlimited 140 ribu aja…temen-temen milis dah tahu duluan dari pada CS…sakti memang teman-teman milis id-blackberry…

  30. Pak,

    saya baru saja memakai blackberry dengan kartu mentari. kartu mentari saya ini prepaid, jd dengan mengisi pulsa sebesar Rp. 160.000,- saya sudah bs mengakses email, ym n browsing menggunakan blackberry

    beberapa hr lagi saya akan berangkat ke luar negeri, apakah saya bisa tetap membawa blackberry saya dengan kartu mentari nya? atau hrs ganti kartu dr provider luar? klu ganti, berarti hrs ganti settingan smua yah? mohon dijawab karena jawaban dr customer service indosat tidak memuaskan.

    terima kasih Pak

  31. Halo Bung, numpang tanya. Kalo blackberry ini layanannya setau saya belum 3g (CMIIW), trus kalo misalnya dipakai di Jepang yang notabene harus koneksi 3g gimana? Apa masih bisa?

    Thanx infonya…

  32. to Anneke..

    Untuk Blackberry Mentari bia di pake di luar negeri, asal sudah di aktifkan roaming data international dan jumlah pulsa nya mencukupi.

    Jika ibu keluar negeri lebih enak pake yang pasca bayar, seperti matrix, hallo atau explore yang bisa roaming data ke luar.lebih enak lagi kalo pake BB berwifi, jadi pas di luar negeri, yang diaktifkan wifinya aja kalo ketemu hot spot, jadi irit di gprs nya.

    To Herdi :
    Blackberry masih GPRS, kadang kalo beruntung dapat EDGE. Wong pake GPRS aja kenceng kok handset Blackberry ada yang sudah support 3g yaitu 8707. Handset ini bisa di pake di jepang.
    Waktu itu xl mengeluarkan kok handset 8707.

  33. mas, apa betul jika beli bb di luar (mis di operator vodafone), lalu kita ganti dengan kartu dr operator indosat tidak akan bisa? alias di block oleh operator?
    mohon pencerahan… tq.

  34. ya tergantung mas..kalo belinya yang udah unlock dan PIN nya nggak nyangkut ya bisa aja di pake di sini.
    kalo belinya masih lock di operator sana ya beli aja kode unlocknya…di ebay banyak kok yang jual code unlocknya..

  35. tengkyu mas atas masukannya.
    anyway, saya barusan beli bb 8320, dan sudah memiliki kartu matrix. apakah saya tinggal datang ke gerai dan aktivasi disana sekalian bisa tolong di setting juga oleh staf gerai?

  36. tinggal apply saja mas Matrix blackberry nya. kalo udah daftar tinggal nunggu tanda gprs di handset berubah menjadi GPRS atau EDGE.

    Jika tanda gprs sudah menjadi GPRS/EDGE tinggal nyari email setting,lalu create user di email setting tersebut. Apabila Handset tsb sudah kosong, maka kita bisa register. Bila register sudah dilakukan, maka tinggal kita masukkan email yang akan kita push ke blackberry tersebut…simple kok pak…

  37. mas, sekali lagi pertanyaannya, utk apply apakah kita perlu ke kantor indosat, atau hanya telepon saja cukup?
    thanks for your help, mas.

  38. kalo dananya lebih sih mending beli di operator mas, seperti indosat atau xl, tapi kalo dananya terbatas mending nyari di milis id-bb atau gadtorade..

    tapi sekarang lagi susah barang, karena adanya red line, dan isyunya ada razia pedagang BB, dikarenakan BB dianggap barang BM.

    padahal hp lain di sini juga banyak yang BM ya..kenapa yang dibidik BB ..entahlah…

  39. @ Mas Arisanto:

    Nah itu dia mas, kebetulan lagi nabung buat beli BB, udah ketemu potential sellernya juga, eh tiba2 dia gak jadi jual dan kedengerannya parno gitu gk mau jualan BB lagi…Oh ternyata lagi ada razia yah? Hmmm heran juga sama nih negara, perasaan barang BM gak keitung jenisnya, tapi kenapa yang diincar BB? Hmmmm jangan2 (conspiracy theory mode: on)…Eniwei terimakasih loh mas infonya, membantu sekali…

  40. Bro Ridho…

    Layanan push mail adalah layanan email yang masuk sendiri ke handset, jadi nggak usah tarik ke server. email yang ada di server otomatis di push kayak sms. Jadi ibaratnya email yang kayak sms.

    Protokolnya sih signal GPRS, jadi selama masih ada signal gprs, maka Blackberry dapat di gunakan.

    Selain fungsi utamanya pushmail, Blackberry dapat juga digunakan untuk browsing, chatting, navigasi (melalui Blackberry Map atau Google Earth), Rss Viewer, games,..banyak ya…itulah hebatnya blackberry…

    moga jelas ya…

  41. Bro, saya minat ganti blackberry nih, dan mau nanya soal blackberry. Kalo seri 8320 itu bisa aplikasi office belum ya (excel, ms word,pdf)?
    Soalnya saya lihat di websitenya tidak disebutkan. Kalau belum ada, seandainya terima email yang ada attachment file tsb ga bisa dibuka ya?

    Terus mau tanya juga, kalau buat download2 mp3 dan video apa bisa pakai device blackberry dan lewat APN blackberry?

    Thanks

  42. To Saint :

    untuk BB yang ber OS di bawah versi 4.5 bisa membaca file attachment yang berbentuk document office (word dan xls), file image dan file pdf.

    sedangkan untuk OS 4.5, sudah tersedia aplikasi “doc to go” yang bisa membuka dan edit file doc, xls dan ppt.

    untuk attachment berbentuk mp3 bisa di download asal filenya tidak terlalu besar.

  43. Saya berminat pake BB, tp saya mau tanya kl browsing internet pake BB apa termasuk unlimited atau paket data, gimana dengan kecepatannya?

    Saya suka ndengerin musik, gmn dengan kualitas suara BB?

    Lebih baik / berguna mana antara BB Curve 8310 atau 8320 dilihat dari fasilitas wi -fi n GPS nya (untuk GPS apa masih harus nambah biaya lg?)

    Perlu gak sih nambah memory BB, kan memorinya cm 64 mb? Kalau cm e-mail n chat apa suadah cukup?

    Kl minta saran, operator mana yg sebaiknya digunakan, dilihat dari keunggulan n kekurangan masing2 operator?

    Terimakasih

  44. ikutan nanya yah. Saya baru sign up ama Telkomsel BB Service. Nah, kalo sudah aktif, berarti email dan BB Messenger saya gratis kan? Tapi bagaimana YM/MSN? Apakah kena quota? Atau ga? Trus kalo kita browsing dg default browser nya BB, berarti ga kena charge juga?

    Thanks atas infonya

  45. Mas,numpang nanya nih..

    Sebenarnya belum mengerti pake BB, tapi udah diharuskan pake, sedangkan saya pelanggan kartu halo, u/ akses keBB apakah sy hrs berlangganan ke Telkomselnya ya?
    Langkah awalnya gimana?Ada setting2 yang harus dilakukan ya utk tahap awalnya…
    Mohon maaf nih…trims atas bantuan infonya.

  46. @rahmanda :

    Browsing kalo dilakukan di handset Blackberry dan menggunakan browser bawaan, masih termasuk hitungan unlimited atau menggunakan apn blackberry. Sedangkan jika menggunakan opera mini menggunakan apn operator.
    walau kadang ada yang beruntung ada yang browsing pake opera bisa dengan apn blackberry.

    kualits suara BB lumayan bagus, walau fungsi nya nggak utama, tapi kalo didengerin lewat headset bagus. tapi saya jarang ngedengerin musik di BB, karena baca email dan chatting aja nggak abis-abis, lagian kalo buat musik battery cenderung cepet habis. Kalo musik..tetap..iPod pilihan saya..

    Seri 8310 atau 8320, lebih baik mana..? itu selera bagi yang sering tersedia hotspot atau sering keluar negeri mending pilih 8320 karena di luar negeri roaming data lumayan mahal dan di sana lebih banyak free hotspot.

    Bagi yang jarang dapat wifi, mending pilih 8310 yang ber GPS. karena kita bisa memanfaatkan GPS buat navigasi kita dengan bantuan Blackberry Map yang datanya udah termasuk plan unlimited.

    kalo nambah memory sah-sah aja, walau fungsi memory sebenarnya buat nampung file image foto (bagi bb yang bercamera), file ring tone maupun mp3. email dan applikasi tidak disimpan di external memory, tapi dengan memory 64, email saya yang masuk tiap hari 500an..dan sampai saat ini masih ada 2800an email yang belum dibaca..masih cepat aja BB nya..

    Mengenai operator..itu selera, biasanya yang punya no utama indosat ya..apply BB nya indosat, kalo yang punya halo atau simpati ya apply nya Telkomsel Blackberry..demikian juga bagi pemegang xl..akan apply xl..tapi saya rekomended..indosat karena untuk data indosat jagonya…

    moga bermanfaat..

  47. @indra :

    Jika BB udah aktif, maka YM dan MSN masuk apn blackberry jadi masih termasuk plan unlimited..
    kalo browsing pake browser Bawaan ya masih masuk plan unlimited.

    @angela :

    Apabila sudah mempunyai no Telkomsel, tinggal datang ke grapari saja, kayaknya skr ada tarif bau buat pelanggan kartu halo yaitu 180 ribu perbulan unlimited.

    untuk settingnya, kalo BB nya udah aktif, nanti akan muncul email setting..ya di setting aja dari situ..gampang kok..tinggal bikin user dan password..lalu email yang akan di push di tambahin saja di email setting tersebut…

  48. mas, apakah setting push email di BB hanya bisa untuk 1 account saja? karena sehari2 saya selalu buka 2 account, pertama email kantor pake outlook dan gmail melalui browser. apa kalo pake BB bisa konek dua2nya?
    trims

  49. jangan khan 2 mbak…10 email account email aja bisa kok…Blackberry service bisa mem push email hingga 10 email account.

    kalo di maksimalin bisa 12-13 caranya 10 email accounty yang di push, 2 account bacanya pake applikasi dari gmail (istilahnya amplop Biru dan amplop Merah) dan 1 dari Yahoo GO..banyak ya….tapi kalo kebanyakan bingung bacanya hehehehe…

  50. mas kok, bukan mbak ;)
    matur nuwun infonya.. ternyata blackberry bener2 menarik ya, saya baru paham setelah baca blog ini, trims mas buat info2nya. kalo bole nanya lagi nih, beli yang bergaransi resmi di indonesia dimana ya? tadi sempet browsing rata2 jual yang bm. rekomendasi tipe bb buat saya apa ya? yang penting ada kamera dan wifi, tapi jangan bb bold deh, kemahalan hehehe…

  51. oh..maaf mas Rama…

    Blackberry memang menarik mas..kalo beli yang bergaransi resmi melalui operator seperti indosat atau xl.

    Untuk BB yang ber camera dan wifi, bisa melirik 8320 yang ber keyboard qwerty atau 8120 yang memiliki keyboard suretype…

    Posisi di Mana Mas..kita besok dari milis rumus-BB (ruang muslim Blackberry) akan kopdar di Warung Samino. Kali aja pengen dateng buat di racunin blackberry hehehehe..

  52. omg.. mahal sekali yang di indosat :’(
    tadi abis tanya melalui call center, untuk 8320, cicilannya 12 x 640.000, belum termasuk biaya langganan bis-nya. yang ditawarkan cuma 3 tipe, 8310, 8320, dan 8820
    wah gak enak mas mo ngumpul mas user bb, wong aku masi pake hp biasa, ntar gak mudeng mas-mas pada bahas apa hihihi…
    saya naksir 8320, fiturnya pas ama yang saya butuhin, mungkin coba hunting ke forum aja. kalo mas ada rekomendasi tempat beli atau penjual yang terpercaya, tolong japri saya ya. trima kasih sebelumnya

  53. Mas Aristanto,
    Saya cuma mau tanya apakah selain handset bb, apakah handset nokia bisa memakai aplikasi yang ada di bb?
    Saya pake nokia E51 dan E71
    Trus setting nya gimana ya?
    Thanks,

  54. Bisa sebenarnya nokia digunakan untuk Blackberry, namanya Blackberry Connect atau BBC, programnya harus di install dulu ke hp nokia

    tapi dari temen-temen yang udah pernah pake nokia buat blackberry, akhirnya menggunakan handset Blackberry untuk mengakses layanan Blackberry ini, karena fasilitas Blackberry Connect ini sangat minim dibandingkan dengan Handset Blackberry Sendiri, apalagi kalo digunakan buat banyak email..bisa lambat dan cepet nge hang..

    lagian sekarang RIM sudah menghentikan pengembangan Blackberry Connect ini, dan Nokia pun sudah mengembangkan sendiri layanan pushmail ini, walaupun masih beta version

  55. Mas Aristanto,
    Kalo nokia sendiri sudah bikin layanan pushmail sendiri, dan saya pake matrix.
    apakah bisa dijadikan seperti layanan bb juga?
    Thanks,

  56. Mas Aris,
    Saya pakai BB 8820 dan mau tanya tentang APN.
    Di setting TCP saya default dari sononya yang tercantum adalah “wap.cingular” (karena saya beli yang versi AT&T).
    Apakah saya perlu ganti APN tersebut ke BlackBerry atau Operator?
    Thanks sebelumnya.

  57. @ Reza,
    Makasih Info Harga BB nya..ini second atau Baru, sudah unlock atau belum..
    Wah..sudah ada iklan menclok di Blog nih..

    @ Yudha,
    Kalo mau pake Apn Blackberry, mending kosongin aja tuh apn. tapi kalo memang mau pake Opera ya di isi aja apn operator misal indosatgprs.com untuk pelanggan indosat

  58. Mas fey, mau nanya kalo BB dibawa ke luar negri ada tarif roamingnya gak yah? Soalnya saya liat di website indosat gak ada keterangannya. Trims sebelumnya.

  59. Mas,

    Kalau BB beli disini dan mau dipakai di luar negeri untuk waktu yg lama, bisa pakai kartu provider sana kan? atau lebih baik beli yg bee-Wifi?

    Thanks.

  60. @kristi :

    kalo waktu lama ya mending beli BB di sana aja, khan kalo di Luar khan mereka menawarkan kontrak yang lebih murah.

    @Hendra :

    kalo im3 khan pake pra bayar..jadi kalo gprs nya khan di itung sendiri.

    Ambil aja indosat 3.5 G unlimited mas…

  61. yg indosat 3.5 G unlimited itu brp ya bayarnya?
    trs klo pake BB,,enaknya pilih yg mana?
    rencana mau ganti dari n95 ke bb 8310,,
    mohon sarannya ya,,thx

  62. @Kristy

    entar malah ditanyain sama provider sana..beli BB nya di mana mbak..? hehehe..
    lagian BB disini sama di Luar murahan di luar mbak..temen-temen malah beli BB di luar bawa ke sini..kok mbak beli BB disini buat di bawa ke sana heheheh..

    @Rudy,

    Khan ada aplikasi fax to email, tapi BB user jarang pake ini..mending document di scan terus di kirim lewat email via attachment..

  63. hehe..bukan soalnya mau dipake 6 bulan dulu disini, abis itu pindah kesana setaun,nanti balik lagi.tapi berarti bisa ya (tetep)? thanks mas!

  64. Salam,

    Mas Aris, kalo mau di scan lalu dikirim melalui email. Belum tentu penerimannya bisa buka email (alias katrok) he..he..
    Soalnya bos saya lagi pake nokia comunicator,dan dari hapenya bisa terima fax dalam bentuk sms doang atau sebaliknya.
    Thanks,

  65. Salam Mas Aristato,

    Baca blog ini jadi rada keracunan juga mau pake BlackBerry.. Tapi saya masih sangat awam! Btw,fungsi email dan akses internet emang diakui yahud! Tapi, gimana fungsi entertainment’nya (mis: kualitas audio musik)? Apakah juga OK?

    Makasih ya Mas..

  66. Assalamu’alaikum wr wb, selamat berpuasa mas,
    Mas mau nanya nih…..BB 8310 saya dah versi terakhir .69 …apa jg mesti sering harus copot2 batere gitu? kalo dah banyak email…status memory pasti 0 (nol)…dan kalo setelah delete prior yah..dapet 12mb an, nah pertanyaan saya : kok bisa yah punya mas Aris masih ada 2800 email blom kebaca, BB nya lancar ajah…klu saya 2000 ajah dah lelet…aplikasi standar2 ajah mas…mohon pencerahannya…

  67. salam mas
    blognya sangt berguna aku baca dari awal dari akhir. cuma masi ada pertanyaan mas.
    kan bb yg pake indosat unlimited 140rb.trus 50 mb apn gprs indosat.
    1.kalo akses web lewat apn bb, pk bb browser semua site bisa dibuka sperti friendster.com, kompas.com. dll tetep unlimited???
    2.trus fungsi apn gprs indosat bwt apa kalo bisa unlimited pake apn bb??
    3.pake opera sama bb browser perbedaan signifikannya apa mas??

    trims sebelumnya.
    really appreaciate ur reply

  68. Saya ambil paket Blackberry unlimited dari indosat (Rp 140.000), kalo saya bawa ke luar negeri dan saya pake hanya untuk chatting aja apakah kena biaya roaming internasional?? kira kira seberapa mahal yha??

  69. @ Sandi..
    music playernya blackberry lumayan bagus kok..tapi kalo dah pake BB saya malah asyik dengan chat dan emailnya, jadi player musicnya jarang di pake. di Blackberry Udah support mp4v juga untuk video playernya..

    @ Oki
    BB memang harus sering copot battery buat refresh memory. bisa juga sih install software softreset yang bisa digunakan untuk merestart BB supaya bisa mendelete temporary file.

    atau ada trik, install lagi OS nya dan buang semua paket language yang tidak dipake. Install saja language English dan Arabic, jika ingin BB nya bisa ngaji alias mengenali karakter Arab.

    BB saya 8110, dan mesin nya lebih baru dari 8310, jadi emang lumayan lebih kenceng..kalo mau lebih kenceng lagi pake aja BOLD pak…hehehe

  70. Koreksi..comment di atas..harusnya untuk Om Abu Zaky..

    @Oki,
    Jika Browsing menggunakan Browser bawaan sih masih memakai paket unlimitednya.

    Sedangkan fungsi gprs, jika kita ingin menggunakan BB kita sebagai modem diul up atau aplikasi yang menggunakan apn gprs seperti jive talk, opera mini

    Kadang Browser bawaan nggak bisa support halaman website yang menggunakan script secure, dengan opera mini bisa digunakan, contohnya untuk mengakses Online Banking..

    @Evi
    Untuk keluar negeri, paket unlimited tidak bisa digunakan, karena akan menggunakan roaming data.

    untuk tarif bisa ditanyakan ke operator, karena tiap negara berbeda. kalo bisa sih menggambil operator yang ada afiliasinya dengan operator di Indonesia.

    Tips untuk menggunakan BB di luar negeri, matikan semua milis, chat lebih irit pake BBM, kalo pake YM, kontaknya di buat sedikit mungkin, dan gunakan bb ber wifi untuk lebih menghemat.

  71. beli di xl nya atau di toko ?
    pastikan BB yang anda beli udah unlock dan pin nya nggak suspend..

    kalo operator hampir sama sih…kalo udah punya no xl ya mending pake xl.

    atau kalo mau coba BB prabayar aja dulu..bisa pake Prabayar Telkomsel atau BOD nya Indosat.

    Test aja dulu..kalo udah mantep baru milih yang pasca nya..

    Kalo Signal sih stabil indosat,lagian indosat satu-satunya operator yang mengambil Blackberry dari RIM langsung..

    Jadi silahkan memilih..

  72. mas,
    saya sudah pake bb 8320, ambil layanan indosat unlimited. anehnya, tidak bisa akses ke msn, sedangkan ym bisa.
    lalu coba masuk ke help, dan ada pesan: harus install dulu java.
    maksudnya apa ya?
    thanks before.

  73. Sekarang kayaknya namanya bukan MSN tapi Windows Live Messenger..

    coba di delete dulu aplikasi MSN nya dari options-advanced options-applications pilih WLM terus di delete..

    nanti setelah restart biasanya akan muncul icon WLM yang jika di klik akan mendownload lagi WLM nya

  74. teman2… saya sangat2 awam di BB, minta tolong infonya..

    untuk handset yang di beli d provider kayak indosat, itu kondisinya di lock ato unlock?

    anyway ada yg dari bali ato dimana saya bisa beli aksesories untuk bold yg online ato di bali?

  75. oh iya ada yg tau nga berapa sih tarif blackberry prabayarnya telkomsel.. bingung pake telkomsel ato indosat yah, skrg sih untuk gsm pake telkomsel halo..

  76. Kalo beli di indosat, BB nya lock untuk sim card indosat saja.

    Kalo tarif prabayar telkomsel kayaknya 180 ribu. Sedangkan untuk indosat BOD tarif 160 untuk mentari/im3 dan Matrix 175

  77. Yth. Mas Ari,

    Saya berlangganan blackberry dari telkomsel sejak 2 sep 08 (handheld saya 8320) tapi baru seminggu udah ga bisa browsing, instant messaging, email jadi lambat sekali. Kemudian tgl 26 Sep 08 saya daftar matrix dan blackberry on demand (BIS2). Sudah mendapat reply dari 889, saya harus lepas battery. Sudah saya lakukan, tp sampai 1.5 signal belum menjadi GPRS, masih edge saja. SUdah saya telpon ke CS Indosat, katanya BB service saya sudah aktif tetapi saya harus release dulu PIN dan IMEI saya di telkomsel. Apakah memang harus demikian agar BB service saya menggunakan matrix bisa aktif? Anehnya, saya bisa browsing menggunakan BB dengan kartu matrix, tp tidak bisa layanan BB yg lainnya. Terima kasih.

  78. Yth. Mas Aris,

    Saya berlangganan blackberry dari telkomsel sejak 2 sep 08 (handheld saya 8320) tapi baru seminggu udah ga bisa browsing, instant messaging, email jadi lambat sekali. Kemudian tgl 26 Sep 08 saya daftar matrix dan blackberry on demand (BIS2). Sudah mendapat reply dari 889, saya harus lepas battery. Sudah saya lakukan, tp sampai 1.5 hari signal belum menjadi GPRS, masih edge saja. Sudah saya telpon ke CS Indosat, katanya BB service saya sudah aktif tetapi saya harus release dulu PIN dan IMEI saya di telkomsel. Apakah memang harus demikian agar BB service saya yang menggunakan matrix bisa aktif? Anehnya, saya sudah bisa browsing menggunakan BB dengan kartu matrix, tp tidak bisa layanan BB yg lainnya. Terima kasih.

  79. ya benar mbak Indah, itulah Ciri khas Blackberry.
    jadi blackberry nggak bisa digunakan di operator lain, jika handset nya belum di lepas PIN nya di operator semula. karena No PIN dan emai terdaftar di Server RIM.

    Jika handset PIN dan emai sudah terdaftar di Server RIM, belum di kosongin maka BB tersebut akan nggak bisa digunakan Service BB dari operator lain.

    Solusinya coba mbak ke grapari buat melepas PIN dan emai mbak yang di Telkomsel.

    Begitu ya kira-kira..semoga bisa jelas..

  80. huhuhu ,, blackberry on demand nya indosat butut! daftar –> pulsa langsung kepotong 160k –> sampe sekarang udah 5 hari belum aktif juga tuh si bb ,, tau gitu mending dipake buat telepon aja yah sampe dowerrrrrrrr .. kecewa dah sama indosat ,,

  81. Mas Aris,

    Pakai indosat sekarang sudah bisa browsing dan instant messaging setelah saya melepas PIN dan IMEI di Grapari. Tapi kenapa emailnya masih belum bisa jalan ya? Saya coba daftarkan PIN dan IMEI di Indosat.blackberry.com, tp PIN already exist for this account, padahal kan udah direlease. Please advise. Matur nuwun sanget sebelumnya.

  82. Mas Aris,

    salam kenal! Mo nanya niih, maksudnya PIN kena suspend itu apa yah? terus klo mo beli di luar provider, tips nya apa biar dapet barang yang “BENER”, seperti dah diunlock, bukan barang refurbished, n bukan PIN yang suspend?

    thx

  83. Mas aris, mau nanya soal blackberry nih. Punya saya tipe 8320. saya tidak bisa add contact di application yahoo messenger,selalu ada pesan ‘general failure’, sehingga sy hrs add lwt browser di YM wap. Gimana ya cara mengatasinya?

    Thanks

  84. @Odhed..
    Waktu itu BOD Indosat memang lagi ada trouble, tapi jika service nggak jadi aktif, pulsanya di kembalikan kok..

    @Indah
    Coba bikin user lagi aja di email setting di BB nya langsung. kalo lewat web kadang gitu..

    @Saint
    Coba upgrade dulu YM nya yang terbaru, dan setting jam di BB nya. Kadang jam yang salah bikin YM error..

    @Katamata
    Ngilangin Footer gampang mas…
    tinggal login aja di email setting yang lewat web http://operator.blackberry.com

    nanti di email setting bisa di edit atau di hapus footernya..

  85. mas mau tanya nich ?
    pemain baru juga…

    bisa nggak handset BB dipakai untuk messenger dan email tanpa memakai apn BB tetapi memakai apn provider saja.

    karena aku pemakai yang loading komunikasinya tidak tinggi. mungkin kalau di lapangan br online tapi kl dikantor baru OL dgn komputer.

    mau tanya juga kalau melepai PIN dan IMEI BB di provider kena biaya tidak?

    tks B4

  86. handset yang udah pernah digunakan di operator biasanya bisa digunakan tanpa kartu yang “BB enable” dengan menggunakan apn operator, karena kadang masih kesimpen service book nya di handset tersebut.

    tapi kalo handsetnya baru, kayaknya susah menggunakan apn operator.

    kayaknya ngga bayar sih melepas PIN dan IMEI BB di operator

  87. Mas Aris,

    Mohon pencerahan. Kalo saya sdh register paket BB Indosat yg bulanan (BIS2 Rp 160.000,-), jika saya gunakan sebagai modem laptop, apakah tetap masuk paket unlimited atau masuk tarif GPRS Mentari?
    Terima kasih sebelumnya

  88. aristanto Berkata:
    Oktober 9, 2008 at 7:43 pm
    handset yang udah pernah digunakan di operator biasanya bisa digunakan tanpa kartu yang “BB enable” dengan menggunakan apn operator, karena kadang masih kesimpen service book nya di handset tersebut.

    ==cut==

    ndak bisa kawan…
    sdh saya coba dengan sama provider (lain kartu) maupun beda provider tidak bisa email dan messenger. padahal sudah muncul tulisan “GPRS” atau “EDGE”

  89. @Irene,

    jika BB digunakan sebagai modem, apn langsung menggunakan apn operator.

    @Mr. Ivent

    ya berarti memang nggak bisa pak..
    tapi saya pernah bisa…

    mending langganan BB aja pak..hehehe..
    tulisan GPRS atau EDGE nya gede atau kecil..?

    Kalo kecil ya belum aktif..

  90. Mas Aristanto,

    Saya pake BB Bold dan 3g nya nyala. Saya pake paket BB Indosat.

    Pertanyaan:

    1. Apakah dengan nyalanya 3g saya akan kena charge lebih mahal untuk browsing? Yang unlimited yang GPRS ya?

    2. Di dalam menu saya ada dua browser, namanya: “Browser” dan “Indosat Wap”. Dua duanya browser internet, tapi yang Indosat Wap pelan banget dan ga bisa buka banyak situs. Yang “Browser” itu cepet. Apakah yang APN BB itu yang “Indosat Wap” dan kalao saya pake yang “Browser” saya akan kena additional charge?

    Di setting browser saya, saya pilih internet browser. Pilihannya ada hotspot browser, internet browser, dan Indosat wap. yang bisa jalan lancar klo saya pilih internet browser.

    Thanks

  91. kalo pake Bold Indosat mending sekalian apply matrix broadband nya yang unlimited. jadi nggak kuatir lagi kalo mau download-downloadan..

    Browser harusnya pake yang internet browser aja, kalo wap entar larinya ke gprs indosat.

    Kalo Indosat WAP justru menggunakan gprs indosat, kalo internet Browser menggunakan tarif unlimited Blackberry

  92. Mas Aristanto,

    Mau tanya dong
    1. Apakah saya pakai BB yang sudah pernah dipakai orang lain dengan operator yang sama tanpa harus merubah settingan yang lainnya?
    2. Kalau saya ganti handset, dari 8320 ke bold, apakah saya harus setting ulang lagi, atau gimana?
    3. Kalau saya ganti handset dan gnti operator,bagaimana cara membuat handset lama unlock lagi? supaya bisa dipakai orang lain gitu.

    Thanks banget mas.. saya soalnya masih awam sama BB.

  93. Coba Jawab :
    1. handset Blackberry sebenarnya minim untuk setting2a. asal HP nya udah kosong alias tidak terdaftar di operator lain, maka langsung bisa digunakan. Tinggal aktifkan dari menu email setting, otomatis, email2 akan masuk sendiri, karena settingan ada di server nya blackberry.

    2 kalo ganti dari 8320 ke bold, ya paling tinggal masukin kartu ke Bold, tunggu sampai GPRS nya jadi gede, lalu login ke email setting, kemudian ditanyain mau pindah ke Handset Bold ?kalo jawab yes..ya langsung email-email pindah di push ke Bold.

    3. ya kalo handset lama kartunya sudah dipindah ke handset lain dan sudah melalui tahap change device, maka handse tersebut sudah bisa digunakan oleh orang lain dengan operator lain juga..tapi harus di wipe dulu ya biar semua data hilang, atau hanya ada software aplikasi saja.

  94. wuihh.. akhirnya ketemu juga artikel lengkap/pengalaman lengkap tentang blackberry.
    Kemarin saya nyoba browsing pake BB nya teman kok gak bisa konek/lambat banget. Apakah hanya web/wap tertentu saja yang bisa diakses pake BB ?? Kalo BB digunakan untuk merawat blog bisa kah ??

    Bagi yang mau blackberry sekarang ada tawaran untuk miliki bb dengan cara kredit 12 sd 24 kl. ada discount nya lagi. (info dari indosat)

  95. Mohon bantuannya mas aristanto.
    Pertama saya ada rencana mau beli BB namun berhubung saya masih gaptek dan bingung jd saya msh rada susah untuk memilih provider juga.

    1. provider manakah yang cocok untuk dipake di BB yg koneksinya bagus jg dan provider tsb tidak terlalu bermasalah.
    2. jika seandainya saya mencoba pertama kali dengan provider telkomsel misalnya ( yg simpati ) lalu seandainya saya tidak puas saya ganti dengan provider ( indosat, yg pre-paid ), bagaimana caranya ?
    3. tarif layanan Blackberry Indosat adalah Rp. 140.000 dengan kuota unlimited untuk apn Blackberry ( maksudnya apa ya ? ) mohon penjelasan.

    lalu td seklias saya juga baca bahwa telkomsel BB yg 180 rb kuotanya juga unlimited.. apakah benar ?

    4. jika saya sedang tidak menggunakan fasilitas internet di BB, bisakah dimatikan ? dan misalnya pada saat saya sdg melakukan komunikasi contoh tlvn / sms pulsanya itu dipotong dari mana ya ? ( untuk yg prepaid dan pascabayar ) apakah dipotong dari biaya bulanan BB atau beda lagi.

    Mohon bantuan. maaf pertanyaannya menumpuk

    TKS banyak

  96. @Purwanto,

    Kemaren browsing pake temennya pake handset blackberry atau tidak?kemudian pake operator apa?
    punya saya browsing cepet kok..kalo mau cepet lagi pake Bold..udah HSDPA. BB buat merawat blog ?saya sering kok update web pake blackberry..

    daripada beli lewat cicilan mending beli BB yang murah dulu aja..biar mahir dulu dengan layanan blackberry..kalo ternyata kurang fasilitas di BB nya..ya entar upgrade..hehehehe..

  97. 1. provider manakah yang cocok untuk dipake di BB yg koneksinya bagus jg dan provider tsb tidak terlalu bermasalah.

    =>Kalo saya rekomen indosat, karena hanya indosat yang mempunya akses langsung ke RIM. signal juga stabil.

    2. jika seandainya saya mencoba pertama kali dengan provider telkomsel misalnya ( yg simpati ) lalu seandainya saya tidak puas saya ganti dengan provider ( indosat, yg pre-paid ), bagaimana caranya ?

    =>ya tinggal lapor ke telkomsel untuk lepas PIN Blackberrynya. kalo apply yang prabayar ya tinggal kirim sms daftar aja..

    3. tarif layanan Blackberry Indosat adalah Rp. 140.000 dengan kuota unlimited untuk apn Blackberry ( maksudnya apa ya ? ) mohon penjelasan.

    ya 140 untuk akses email, chat, browsing lewat apn blackberry maksudnya dia lewa server rim, bukan server operator

    lalu td seklias saya juga baca bahwa telkomsel BB yg 180 rb kuotanya juga unlimited.. apakah benar ?

    ya benar sekarang telkomsel sudah unlimited dengan 180 ribu.

    4. jika saya sedang tidak menggunakan fasilitas internet di BB, bisakah dimatikan ? dan misalnya pada saat saya sdg melakukan komunikasi contoh tlvn / sms pulsanya itu dipotong dari mana ya ? ( untuk yg prepaid dan pascabayar ) apakah dipotong dari biaya bulanan BB atau beda lagi.

    => kalo nggak mau pake internet nya ya tinggal data di off, bb masih bisa digunakan buat call.

    BB tuh otomatis konek ke internet, tapi kalo sms atau call masuk ya..masuk aja…

    tapi biaya sms dan telpon tidak termasuk dengan biaya BB, jadi biaya sendiri.

  98. Mas sy mo tnya…kl bb langganan operator indonesia trus dbawa ke luar negri bgmn dgn aplikasi2 yg pakai apn bb (sperti pin, msn, dll)? apakah tetap pakai apn bb (free) atau pindah jd pakai apn operator (byr kuota gprs)? thx atas infonya…

  99. malam mas, mohon pencerahan untuk pemakaian BB di luar negeri seperti di malaysia dan singapore ?, sekarang aku sudah ambil yang unlimited. Ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan ?
    1. apabila saya memakai di Malaysia atau Singapore aja hanya untuk pemakaian YM apa ada tambahan biaya ?
    2. Kalau pake BB messenger apakah gratis ya mas ?
    Makasih ya ?

  100. Mas Aris, saya mau tanya, kebetulan saya baru mau berlangganan blackberry indosat, yg ingin sy tanyakan, saya pakai kartu matrix eks IM3 bright (pasca/08553) waktu saya masukkan ke bb, ternyata setting internetnya otomatis pakai apn=satelindogprs, selama ini kalau saya pakai hp lain, saya pakai apnnya im3 (www.indosat-m3.net) baru bisa jalan internetnya. sy ingin tanya apabila saya berlangganan bb, apakah internet saya bisa jalan (karena apn di bb satelindogprs). thx

  101. Sis Fitri and Bro Bozaparte,

    Akses unlimited blackberry hanya berlaku untuk di Indonesia saja, jadi kalo mau di pake ke luar harus di aktifin roaming data international nya.

    kalo mau ngirit bisa gunakan bb yang udah fasilitas wifinya, karena biaya roaming data lumayan mahal. jadi dia nanti provisioning aja pake gprs, kalo udah conect ke wifi, maka fasilitas internet seperti email, chat bisa digunakan, termasuk bb messenger nya.

    @Hiendra,

    jika im3 nya di aplikasikan BB, ya apn nya nanti jadi apn blackberry kalo buat email, chat, browsing.

    kecual buat wap nya, dia pake apn operator,

  102. Hi all…
    Sy trima unlock Blackberry all models
    Unlock iPhone Nokia Motorola dll jga bis
    Also upgrade firmware n release PIN BlackBerry
    Klo yg mo tanya2 bisa ym or email indra_tiong@yahoo.com
    Btw mas Aris, nice blog neh keep it up bro

    Oh ya jual BB jga Curve ma Bold

  103. Matep sekali ilmu tentang BB nya Mas,,,
    Mas Aris, mo nanya bedanya BIS BB Matrix reguler sama yang BIS BB Matrix on Demand itu apa yah… aku kok blom mudeng2???
    trus nilai positif & negatifnya apa yah?
    thnx.

  104. mas, saya mau nanya soal BB
    saya berencana mau beli Bold, nah saya mau nanya
    1. bisa buka file PDF ngak?
    2. soal GPS, ada map jakarta? up to date ngak?
    3. kalo diluar negri, online pakai wi-fi, tuh kena biaya ngak?
    mas, mau nanya2 lbh banyak, kalo bisa sih chat lewat YM
    thanks…..

  105. @Indra,

    ada diskon buat saya nggak nih Om Indra…?

    @Doel,
    Beda matrix blackberry dan Matrix on Demand, ialah beda di tarif. kalo Matrix Blackberry langganan bayar 140000 dan juga harus ambil paket data (bisa 50, 100 dst) sedang Matrix on demand lebih simple daftarnya, tinggal lewat sms. nanti di potong dari tagihan matrix kita, tidak usah harus datang ke galery. Keuntungan Matrix BOD sih lebih gampang apply dan lebih murah jatuhnya.

    @Ferdian,
    - BB bisa buka attachment file PDF, tapi kalo mau baca file PDF yang disimpan di Micro SD harus pake software 3rd party.
    - Untuk Peta Jakarta, lengkap karena peta di pasok dari Teleatlas.
    - Untuk penggunaan lewat wifi tidak dikenakan biaya, tapi biasanya pas sebelum menggunakan wifi ada proses provisioning yang membutuhkan data gprs.

    kalo mau lewat chat bisa di YM saya : ferryaristanto

  106. mas mau nanya juga, kemaren aku sempet register BB indosat buat sebulan, tp baru jalan 2minggu, tiba2 gprs nya jd kecil dan aku ga bisa browsing2 lg.
    sblm nya APN di TCP ku brsi wap@cingular, kemudian diganti ke indosatgprs, dan skrg aku kosongin TCP nya, tp tetep ga ngaruh, gprs nya tetep kecil. kira2 salah nya dimana ya?

    terimakasih byk..

    • Alhamdulillah walau saya tinggal sebulan untuk menunaikan ibadah haji ternyata blog saya masih ramai saja yang nanyain tentang blackberry..

      Buat Mbak Dea, sekarang BB nya udah bisa browsing belum, kalo pake indosat mending dikosongin aja tcp nya. lalu coba di restart.
      semoga udah bisa buat browsing BB nya.

  107. Salam kenal. Saya perlu pencerahan yg lbh detil nih. Pertanyaan saya:
    1. apakah BB sanggup browsing pake BB browser utk situs2 yg agak berat, yg pake flash (spt detik.com, facebook, dll)
    2. Selama ini sy pakai HTC TyTn II, utk browsing saya seringnya pakai nokia 6275i dgn operator starone sbg modem bluetooth yg di pairing dgn TyTn II saya. Apakah BB (Bold) bisa mendukung layanan spt ini?
    3. Mohon preview BB Storm yg touch screen.. harga dan performance-nya bgmn..?
    Trims.

    • @Andi,
      1. kalo situs-situs berat sih mending pake PC aja hehehe..kalo aplikasi facebook mending pake yang versi buat blackberry. kemudian kalo mau baca detik mending pake rss reader seperti viigo, khan yang penting beritanya masuk..iklannya nggak perlu khan..?
      2. Kalo pake Bold nggak usah pake pairing2an..langsung aja browsing karena bold sudah HSDPA, jadi kalo buat browsing atau download bisa kenceng, asal signal 3G nya tersedia. Kalo masih GPRS aja ya biasa aja.
      3. BB Storm…? belum sempat pegang pak.yang udah bold sama javelin..kalo saya naksir javelin nya. kalo harga sih kemaren ada yang nawarin 25 juta heheheh..nggak tau sekarang..belum update lagi sih maklum baru cuti ber BB selama sebulan..

  108. Halo semuanya,,

    Saya ingin sedikit ‘curhat’ di forum mas Aristanto.

    Saya sdh membeli BB BOLD di gallery Indosat hampir 1 bulan. Sebelum sy inden BB BOLD nya, sy sdh apply utk Matrix nya. CS Gallery info bahwa Matrix tsb akan aktif setelah 14 hari kerja. Stlh kurang lebih 10 hari kerja, pihak Indosat men-survey sy. Pihak tersebut memberitahu bahwa either sore/mlm tsb atau bsk pagi nya sdh bs aktif. Namun, stlh sy tunggu bbrp hari, ternyata tak kunjung aktif.
    Finally sy telpon call center Matrix, kmd lgsg di info kan ke Gallery Indosat, selang bbrp jam, org Gallery Indosat Asia Afrika menelepon sy dan meng-info-kan bahwa Matrix akan aktif pd tgl 10 Dec. Utk aman nya tgl 11. Tp, ternyata sampai saat ini blm aktif jg. Sy ada hub call center INDOSAT lg, namun dibilang baru bs menginfokan keluhan sy ke pihak Gallery Indosat AA 3 hari kemudian. Sy tdk terima,, sy coba hubungi lg pihak CS Gallery Indosat AA, secara sy jg memiliki no HP nya. Namun dibilang msh dlm antrian. Hellooo?!
    Kl memang mereka tidak bs memberikan kepastian, jgn kasih tanggal dunk.
    Mnrt anda, what should I do mas Aris???
    Kinda need a lil help here.

    Thx a bunch

  109. mas mau minta pencerahan. Saya pakai 8320 n dulu belinya second. Dari beli sudah di wipe, jadi data sudah kosong kayak beli baru.
    Saya pake xl. Kmrn coba prepaid xl n daftar ke xl.blackberry.com tp dibilang bahwa BB itu tidak sesuai sama provider n disuruh re-register dengan provider lain. FYI penjualnya dulu pake indosat.
    Jadi pin-nya belum release atau suspended ya? trus saya harus gimana baiknya?

    Thanks a lot atas infonya.

      • misalnya penjualnya juga nga tahu cara nge unlocknya..ada cara lain tidak yang lebih mudah? saya juga beli bold second indosat koo dipakain kartu xl ngga bisa ya? sekarang jadi rada binggung ngebukanya bagaimana… masa nga ada penjelasannya diinternet cara2 mudah ngbuka lock nya tampa kita harus membayar lagi…kira2 indosat mau ngebukanya tdk ya jika kta mendatangi service centernya mereka?

  110. Salam kenal Mas,

    Saya Ben, langsung saja ya Mas nanyanya “apakah ada cara untuk mengetahui dari handset BB kalau roaming international sudah aktif?, menurut provider sudah diactifkan tapi posisi saya kan masih di Jakarta, minggu depan baru ke luar negeri…Thx

    • kalo masih di indonesia sih nggak ketahuan, kecuali lewat bantuan operator. kalo udah di luar negeri sih ada tanda segitiga biru kalo BB nya aktif, kalo data nya di off, tanda segitiga nya ganti warna merah. alhamdulillah kemaren roaming BB di arab saudi dengan menggunakan jaringan mobily dan bisa digunakan dengan lancar.

  111. Mas Aris yg ilmu BBnya tinggi,
    Saya mau tanya ya.Saat ini sy pake Bold dg operator Telkomsel paket unlimited.Apakah kalau pd saat kita browsing,tp mgunakan gprs,maka akan kena tarif lg?
    Saya berencana mau beli batere serep krn batere BB yg cpt low.Kira2 apa resikonya kalo saya pake batere BB yg tdk ori?
    Sy mau banyak tanya lagi,apa bs lwt YM?
    Trm ksh sblmnya atas sharing ilmunya.

    Wass,
    Yonna

    • kalo BB yang baru biasanya kalo pake battery non ori, BB nya nggak mau jalan, saya pake 8110 aja kalo pake non ori, nggak mau nyala.

      silahkan kalo mau tanya lewat YM, saya udah di indonesia lagi kok..

      wassalam

  112. teman….

    Maaf agak bego mengenai BB, kebetulan baru punya BB 8320…dan belum
    sempet langganan BB servies…

    cuma mau tanya aja…

    bisa nda ya kita browsing internet dan chating tanpa langganan BB
    services…saya udah otak-atik di handled tapi nda ketemu-2…

    coba di menu option > advanced option > TCP > isi APN, user dan
    pass….tetep aja nda jalan

    kebetulan saya pake indosat3g broadband

    sebelumnya terima kasih

    Rgds,
    Donny Handito
    { masihbegosamablackberry }

  113. salam kenal mas Aris :)

    saya pengguna nokia e61i dan sudah mendownload bbc.

    bagaimana caranya menyetingnya pada kartu im3? apakah harus mendaftar paket tertentu sebelumnya, kalau iya brp biayanya?. karena saya tidak menemukan caranya maupun tarifnya pada situs indosat.

    terima kasih sebelumnya

  114. Mas Fey…Saya kok ga bisa kirim data/foto dari hp nokia ke blackberry bold ya? Masing2 udah aktif kok bluetoothnya.Kalo dari blackberry ke nokia sih bisa.Yg ngalamin kaya saya banyak lho mas.Caranya supaya bisa kirim foto dari hp merk lain ke blackberry gmn? Oya, mas fey YM-nya apa? Spy bisa tanya-tanya langsung nih…

  115. salam kenal..
    aku baru beli BB Bold 9000, tapi douwnload YM gagal terus, dah nanya ke callcntr indsat tp ga nemu jaban yg pasti.
    bisa dibantu ga boz..apanya??

  116. @ Donny,
    Sebenarnya bisa pake BB tanpa daftar, tinggal di isi aja pake apn nya indosat : indosatgprs. Kalo browsing harus pake Opera. baca email pake gmail application.

    tapi apa nggak mending langganan BB service aja..

    @ Rey
    Kalo setting di BBC saya juga masih awam, karena dari awal pake BB Handset. belum pernah pake BBC.

    Tapi untuk layanan BB di im3 tarifnya sama dengan im3, kalo nggak salah sekitar 50 ribu untuk seminggu dan 165 ribu untuk satu bulan.

    @Oline :
    Bisa kok kirim foto dari handphone nokia ke BB. caranya : sebelumnya kedua hp di pairing dulu biar kenal. kemudian setelah bisa dikenali, buka media-Receive Using Bluetooth. Baru file dikirim dari hp nokia. pasti bisa. saya sering kok kirim dari hp nokia ke BB.

    YM saya udah ada di atas deh…hehehe..

    @Edy :
    Coba di download aja dari BB Help mas.harusnya sih bisa mungkin pas signal nya aja lagi lemah.

  117. Mas,

    Saya mau tanya.. jika saya mau ke luar negeri, contoh ke singapura dan tidak mau menggunakan kartu matrix saya (mahal roaming nya hehehe), lalu saya beli kartu prepaid mereka dan mengaktifkan gprs nya.. apakah saya masih bisa menggunakan blacberry service nya dhn menggunakan network gprs mereka? soalnya saya punya 8310 kan gak bisa wifi :)

    terimakasih ya

  118. kalo menggunakan kartu prepaid sana tidak bisa menggunakan blackberry service nya alias mati.
    Yang bisa mungkin menggunakan jalur gprs nya saja dari operator sana. asal tahu apn operator di singapura saja.

    Kemaren saya di arab menggunakan prepaid mobily dan bisa buka browsing lewat operat, buka email lewat gmail mobil application dan baca2 rss lewat vii dan itu menggunakan gprs dari mobily.

    • saya baru beli BB 8310 waktu mau diaktifin di bilang kena pulsa 160 rbu buat aktifin PIN nya.mau nny nich buat aktifin PIN dikenai biaya ya? kalu saya g aktifin gmn?

  119. Mas Ary, mohon pencerahan.
    Saya belum berlanggan BB.
    Pertanyaan saya, apakah bisa kombinasi antara berlangganan BB dengan paket Broom?
    salam

  120. Handled saya BB curve 8320.
    saya suka banget baca PDF file,khususnya ebook,dan belum ada aplikasi PDF reader-nya.
    ada situs yg recommended untuk download2 software ato aplikasi seperti itu?? kalo bisa free,hehe..

    satu lagi..
    kalau ingin uninstal software ato aplikasi di BB,bagaimana caranya ya?

    trima kasih

  121. Mas Ary, saya mau tanya nih, saya baru saja menggunakan BB curve 8320, dengan memory 4Gb (vgen). Saya coba untuk masukin data dengan menggunakan media manager roxio yang menjadi bawaan dari paket BB 8320. Nah yang saya bingung kok media card saya tidak terbaca di media managernya tetapi jika saya cek di handsetnya ada. Saya coba masukin file melalui card reader, no problemo, saya bisa copy file music dan foto kedalam media card itu dan dapat dibaca oleh handsetnya. Kenapa bisa begitu ya Mas, dan bagaimana solusinya ya? terima kasih.
    -dhani-

  122. mas ary, sudah terjawab, ternyata menurut teknisi toko, proses unloclnya kurang sempurna sehingga pada saat awal konek ke komputer tidak ada opsi untuk mengakses media cardnya. Sekarang setelah di “oprek” sama teknisi toko sudah bisa… :)

  123. MAs, sy baru renc pgn pke BB.
    menurut Mas BB Bold sm Javein bgs mana ya? apa dua2nya sdg 3G? yg mana ya, yg bs dipake video call? tks

  124. salam kenal mas,
    gw mo tanya dong, paket indosat HARUS pake tambahan gprs yang 50rb ya?
    soale mubazir, dirumah uda pake inet biasa, BB niatnya buat email + chat aja koneksinya.

    thx sebelumnya

  125. arfan Says:

    Januari 23, 2009 at 8:42 am e
    Mas Ary, mohon pencerahan.
    Saya belum berlanggan BB.
    Pertanyaan saya, apakah bisa kombinasi antara berlangganan BB dengan paket Broom?
    salam

    -> Kayaknya nggak bisa, karena broom khan prabayar internetnya dari im2. kalo mau bundling sama yang internet 3.5G harus pake yang pasca bayar matrix

  126. Amel Says:

    Handled saya BB curve 8320.
    saya suka banget baca PDF file,khususnya ebook,dan belum ada aplikasi PDF reader-nya.
    ada situs yg recommended untuk download2 software ato aplikasi seperti itu?? kalo bisa free,hehe..

    satu lagi..
    kalau ingin uninstal software ato aplikasi di BB,bagaimana caranya ya?

    trima kasih

    ->untuk pdf reader bisa gunakan RepliGo, atau di search saja di google dengan kanta kunci “pdf reader for bLackberry”

    untuk uninstall software di blackberry tinggal ke options-advanced options-applications-kalo udah tampil list, pencet logo BB terus pilih delete…

  127. noey Says:

    MAs, sy baru renc pgn pke BB.
    menurut Mas BB Bold sm Javein bgs mana ya? apa dua2nya sdg 3G? yg mana ya, yg bs dipake video call? tks

    -> Sama-sama bagus nya mas, cuma beda spek aja..
    Handset blackberry memang dibuat untuk bisa memenuhi selera. Bold udah HSDPA, sedang jave belum. memory juga gedean Bold, sedang jave menang di camera nya dan bentuk yang lebih ramping jadi lebih enak di gengam…

    BB kayaknya belum ada yang bisa buat video call…

    moga tambah bingung heheheh

  128. =NaRa= Says:
    salam kenal mas,
    gw mo tanya dong, paket indosat HARUS pake tambahan gprs yang 50rb ya?
    soale mubazir, dirumah uda pake inet biasa, BB niatnya buat email + chat aja koneksinya.

    thx sebelumnya

    -> kalo nggak mau pake yang 50 ribu, apply saja yang Blackberry on Demand.

  129. Saya mau tanya nih Mas, saya bingung banget baru beli BB BOLD dikirim dari jkt, eh di kasih BOLD yang QWERTZ bukan QWERTY
    tapi boardnya QWERTY, karena tiap kali saya tekan Z keluarnya Y, demikian sebaliknya, jadi keypad pada tombol Y dan Z ketukar, gimana baiknya yah mas ? apa ada orang jual keypad qwerty nya doang ??? thanks banyak

  130. saya mau tanya dong , kalo mau pake paket blackberry indosat yg on demand itu , kan katanya cuma tinggal sms , itu perlu pake setting2 gag sih ? ato pas masukin kartu , krm sms langsung aktiv ? hehe . maklum masih awam . hehe . thanks

  131. Mas, mohon infonya saya agak awam dgn perhitungan2 paket Balckberry by Indosat nih. Semula saya pikir kalo udh ambil paket yang Rp. 140.000+50 mb/bulan pakai BB unlimited + maks 50 mb gprs. Tapi di tagihan saya muncul gprs access ke tujuan backberry.net, apakah memang demikian ? sehingga yang saya pikir tagihan paling banyak 200 rb jadinya 400 an rb. thks before

  132. Mas Fey,

    Saya newbie yang segera akan berlangganan BB, dan sekarang sudah mantap akan pake Matrix (handset: BB Bold). Tapi mengingat paket Broadband unlimitednya yang begitu mahal (265rb/bln), takut jebol juga nih.

    -CMIIW, seandainya kita download file dari BB Browser (Matrix), berarti tetap termasuk yg unlimited ya?
    -Untuk memanfaatkan HSDPA yang ada di Bold, saya tetap harus berlangganan paket data yang broadband kan?

    Terima kasih atas petunjuknya.

  133. Richard Says:

    Saya mau tanya nih Mas, saya bingung banget baru beli BB BOLD dikirim dari jkt, eh di kasih BOLD yang QWERTZ bukan QWERTY
    tapi boardnya QWERTY, karena tiap kali saya tekan Z keluarnya Y, demikian sebaliknya, jadi keypad pada tombol Y dan Z ketukar, gimana baiknya yah mas ? apa ada orang jual keypad qwerty nya doang ??? thanks banyak

    -> coba tanya penjualnya aja..mas..
    bisa jadi keyboardnya diganti yang qwerty. padahal itu bb qwertz.

    yang jual keyboard aja ada sih..

  134. kev Says:

    saya mau tanya dong , kalo mau pake paket blackberry indosat yg on demand itu , kan katanya cuma tinggal sms , itu perlu pake setting2 gag sih ? ato pas masukin kartu , krm sms langsung aktiv ? hehe . maklum masih awam . hehe . thanks

    -> tinggal kirim aja. nanti kalo udah aktif tanda gprs berubah menjadi GPRS atau EDGE dengan kapital

    setelah email setting keluar, tinggal create new user, kemudian tinggal tambahin email account yang akan dipush.

    it’s simple..

  135. gilbert Says:
    mas saya mau tanya. kalo mao chatting dg windows live messenger pakai blackberry itu bs gratis ga?

    -> tinggal install WLM aja di BB nya. dia ikut plan BB yang unlimited..

  136. Heru Says:
    Mas, mohon infonya saya agak awam dgn perhitungan2 paket Balckberry by Indosat nih. Semula saya pikir kalo udh ambil paket yang Rp. 140.000+50 mb/bulan pakai BB unlimited + maks 50 mb gprs. Tapi di tagihan saya muncul gprs access ke tujuan backberry.net, apakah memang demikian ? sehingga yang saya pikir tagihan paling banyak 200 rb jadinya 400 an rb. thks before

    -> coba di chek lagi mas..
    biasanya sih access ke blackberry.net muncul di tagihan. tapi di bawah nya biasanya ada kolom diskon yang nilainya sama dengan jumlah pemakain gprs.

    coba diteliti lagi aja detail tagihannya.

  137. rigs Says:

    Februari 5, 2009 at 11:32 am e
    Mas Fey,

    Saya newbie yang segera akan berlangganan BB, dan sekarang sudah mantap akan pake Matrix (handset: BB Bold). Tapi mengingat paket Broadband unlimitednya yang begitu mahal (265rb/bln), takut jebol juga nih.

    -CMIIW, seandainya kita download file dari BB Browser (Matrix), berarti tetap termasuk yg unlimited ya?
    -Untuk memanfaatkan HSDPA yang ada di Bold, saya tetap harus berlangganan paket data yang broadband kan?

    Terima kasih atas petunjuknya.

    ->duh..belum pernah pake bold.

    kalo paket bulanan sih rp. 140 ribu. kecuali dibundling dengan broadband dgn satu kartu.

    memang sih bold ada HSDPA yang bikin download data bisa cepet.

    atau cobain pake Blackberry on demand dulu..kalo takut tagihan jebol

  138. Mas Aris,

    sebelumnya, saya ingin ekspresikan kekaguman saya terhadap anda, bukan hanya dari pengetahuan anda akan BB, tapi juga kesediaan anda meluangkan waktu utk menjawab pertanyaan newbie2 spt saya ini…. salut deh…

    nah skr pertanyaan saya:
    1. dari post pertama sampe saya post ini, saya masih bertanya2, kalo pake layanan push email BB, apakah kita masih tetap pake account email lama kita? misalnya saya pake account dari vip.163.com (provider China), saya biasanya pakai outlook utk download email2 saya, melalui protokol POP3.

    2. dan utk kirim email jg saya pakai SMTP server dari vip.163.com. Apakah bakalan ada masalah atau konflik?

    3. Saya sering menggunakan Skype, apakah aplikasi ini ada utk BB? Dan kalau ada, apakah support voice call-nya?

    4. Saya sering terima email dgn attachment dlm format .xls dan .pdf. Sepertinya perlu menambah aplikasi yah? Apakah nama aplikasi ini, dan apakah gratis, dan apakah terinterasi dgn email client-nya? Atau saya harus save dulu, kemudian buka aplikasinya, baru bisa lihat attachment yg sudah di-save sebelumnya?

    5. 64 MB (saya tertarik sama BB Curve 8320), cukup utk email dgn attachment2 berukuran besar?

    Maaf, saya banyak tanya, mas Aris. Saya melihat potensi BB utk mendukung kerja saya yg mobile, tapi sbg pendukung saja, yg utama tetap laptop kalo lg di kantor. Intinya adalah, apakah bisa menggantikan fungsi laptop sbg email client yg handal selama saya dalam perjalanan?

    Terima kasih banyak sekali Mas Aris, utk kesediaannya membaca pertanyaan2 panjang saya. Kalau bersedia membalas, tentu lebih baik lagi :)

  139. Dermawan Says:

    Mas Aris,

    sebelumnya, saya ingin ekspresikan kekaguman saya terhadap anda, bukan hanya dari pengetahuan anda akan BB, tapi juga kesediaan anda meluangkan waktu utk menjawab pertanyaan newbie2 spt saya ini…. salut deh…

    -> Terima kasih pak..semoga saya bisa tetap bisa menulis dan membantu teman-teman yang mau memakai blackberry hehehe

    nah skr pertanyaan saya:
    1. dari post pertama sampe saya post ini, saya masih bertanya2, kalo pake layanan push email BB, apakah kita masih tetap pake account email lama kita? misalnya saya pake account dari vip.163.com (provider China), saya biasanya pakai outlook utk download email2 saya, melalui protokol POP3.

    -> Bisa banget pak, pada prinsipnya kita masih bisa menggunakan account email lama, tinggal masukin alamat email dan password nya, nanti server blackbery yang akan mengambil sendiri email dari server bapak. Kita bisa mendaftarkan 10 account email kita di email setting.

    Blackberry pada prinsipnya sebagai device email mirroring. Walau email yang telah kita daftarkan di email setting dan di push ke Blackberry device, email yang di server masih tetap ada. beda dengan sistem pop yang narik email di server dan kemudian menghapusnya.

    2. dan utk kirim email jg saya pakai SMTP server dari vip.163.com. Apakah bakalan ada masalah atau konflik?
    -> karena di BB setting email itu sangat mudah. tinggal masukin alamat email dan password kita untuk meng akses email saja. kalo udah ada di folder home, kita tinggal kirim aja, dan selama ini nggak ada konflik.

    3. Saya sering menggunakan Skype, apakah aplikasi ini ada utk BB? Dan kalau ada, apakah support voice call-nya?

    -> Skype buat bb kayaknya ada, tapi jarang yang pake. di BB sendiri bisa kirim voice sepotong2 lewat voice note.

    4. Saya sering terima email dgn attachment dlm format .xls dan .pdf. Sepertinya perlu menambah aplikasi yah? Apakah nama aplikasi ini, dan apakah gratis, dan apakah terinterasi dgn email client-nya? Atau saya harus save dulu, kemudian buka aplikasinya, baru bisa lihat attachment yg sudah di-save sebelumnya?

    -> sebenarnya untuk melihat attachment xls atau pdf, BB sudah menyediakan fasilitas viewer, tapi untuk menyimpan dan mengedit file xls, doc ada program yang namanya document to go (www.dataviz.com).
    Bapak bisa langsung viewer file2 tersebut tapi juga bisa disimpan dulu, lalu bb disambunging ke komputer, kemudian data bisa diambil dan di copy ke laptop.

    5. 64 MB (saya tertarik sama BB Curve 8320), cukup utk email dgn attachment2 berukuran besar?

    ->Attachment di BB pada prinsipnya tidak di tarik kayak pop3. jadi attachemnt akan ditarik atau di download jika kita meretrive attachment saja.
    saya pake 8110, sering terima attachment, aman-aman saja. tapi dengan catatan , email di atas 2 MB biasa diabaikan, karena didownload jug lama.

    Maaf, saya banyak tanya, mas Aris. Saya melihat potensi BB utk mendukung kerja saya yg mobile, tapi sbg pendukung saja, yg utama tetap laptop kalo lg di kantor. Intinya adalah, apakah bisa menggantikan fungsi laptop sbg email client yg handal selama saya dalam perjalanan?

    -> Kalo buat menggantikan laptop buat baca email sih masih sanggup pak. karena kita akan dapat meng akses email dimana saja dan di mana saja, juga untuk mengirim akan lebih gambang.

    Apalagi kalo pake BB yang ada GPS nya. kita bisa mengakses Peta dari BB maps. yang pasti oke punya.

    Terima kasih banyak sekali Mas Aris, utk kesediaannya membaca pertanyaan2 panjang saya. Kalau bersedia membalas, tentu lebih baik lagi

    -> sama-sama..semoga bermanfaat…
    mantep pake 8320 ? mending bold atau jave aja pak…hehehehe..

  140. Wah, jawaban yg sangat lengkap sekali. Terjawab sudah kekhawatiran nomor 1 saya. Saya skr ngerti prinsip mirroring-nya :)

    Saya akan mulai coba minggu depan. Ini sih utk email dan chatting aja dgn kolega2… jadi fitur kayak GPS kayaknya ga butuh deh :)

    Kalau ada masalah, saya bakalan buka website ini lagi dan tanya2 lagi, mas Aris :)

    Thanx a lot…

  141. saya pengguna nokia e90 dan tertarik menggunakan BB connect. Pertanyaan saya apakah saya akan dikenankan biaya berlangganan yg sama dengan pengguna perangkat blackberry ?? karena itu sangat merugikan. saya menggunakan IM3. Thx

  142. reece Says:
    Februari 13, 2009 at 9:25 am e
    saya mau tanya, kalo bb plan, bagus pake apa ya?
    indosat/telkomsel?

    ==> Kalo saya sih pilih indosat, karena dah terlanjur pake no utama indosat, kalo misal situ dah terlanjur telkomsel ya telkomsel aja..

  143. Purnomo Says:
    Februari 19, 2009 at 2:27 pm e
    saya pengguna nokia e90 dan tertarik menggunakan BB connect. Pertanyaan saya apakah saya akan dikenankan biaya berlangganan yg sama dengan pengguna perangkat blackberry ?? karena itu sangat merugikan. saya menggunakan IM3. Thx

    ==> kalo langganan blackberry semua dikenakan biaya yang sama, baik menggunakan handset blackberry maupun BB connect.
    tapi kadang dalam kenyataan BB connect bisa lebih mahal, karena tarif untuk akses internet lewat browser masih dikenakan charge gprs operator. kalo menggunakan BB tidak dikenakan biaya ini,karena sudah termasuk dalam hitungan tarif langganan BB.

    Jadi kenapa nggak dituker aja e90 dengan BB pak?

  144. Dear all
    1. Memungkinkan gak untuk browsing melalui APN black bery (saya make D810 dengan BB connect)?
    2. Saat ini saya menggunakan IND 3G unlimited (0814xxx). Bisa di registarasiin BB gak?
    Thnaks atas infonya…

  145. sore mas ikutan bertanya soal bb.

    saya sehari2 aktif browse situs2 utk mencari berita dan gambar design. saat ini menggunakan telkomsel flash untuk browsing via notebook. pertanyaannya apakah kalau pindah menggunakan bb dan digunakan sebagai modem utk browsing itu sepandan mas.

    artinya dari segi kecepatan/kenyamanan browsing via notebook apakah ok mas untuk berpindah ke bb.

    terima kasih atas perhatiannya mas

  146. Mas, mau tanya dong.
    kalo pake BB, buka atachment pake gprs ya?
    waduh kalo banyak attachment, bisa bobol dong tagihan hape?
    Trus sekarang ada paket BB unlimited ya?

    Thanks ya.

  147. Taufan Says:
    Dear all
    1. Memungkinkan gak untuk browsing melalui APN black bery (saya make D810 dengan BB connect)?
    2. Saat ini saya menggunakan IND 3G unlimited (0814xxx). Bisa di registarasiin BB gak?
    Thaks atas infonya…

    ==> Belum bisa menggunakan apn blackberry untuk BB Connect. Karena BB connect kalo browsing menggunakan apn operator.

    IND. 3G nya pake matrix atau pake im2 ?
    kalo pake matrix, kayaknya bisa di bundling dengan 3G Broadband.

    infonya bisa di chek di http://www.indosat.com/Matrix_BlackBerry/BlackBerryR_from_Matrix_Up_Date/Bundling_Matrix_BlackBerryR_Broadband

  148. Yudhis Says:

    Februari 24, 2009 at 6:10 pm e
    sore mas ikutan bertanya soal bb.

    saya sehari2 aktif browse situs2 utk mencari berita dan gambar design. saat ini menggunakan telkomsel flash untuk browsing via notebook. pertanyaannya apakah kalau pindah menggunakan bb dan digunakan sebagai modem utk browsing itu sepandan mas.

    artinya dari segi kecepatan/kenyamanan browsing via notebook apakah ok mas untuk berpindah ke bb.

    terima kasih atas perhatiannya mas

    ==> Kalo mas nya suka browsing mending jangan pake blackberry.
    sebab blackberry bagus untuk fasilitas email dan messanging. Browsing sih bisa tapi pegel, layar nya kecil.

    enakan browsing lewat notebook atau pc..
    kalo kepengen bisa email dan chatting dimana saja ya gunakan blackberry.

  149. Rudy Says:

    Mas, mau tanya dong.
    kalo pake BB, buka atachment pake gprs ya?
    waduh kalo banyak attachment, bisa bobol dong tagihan hape?
    Trus sekarang ada paket BB unlimited ya?

    Thanks ya.

    ==> Kalo pake Handset BB, buka attachment ya ikut tarif unlimited, karena menggunakan apn blackberry.
    skr semua operator menerapkan unlimited untuk apn blackberry.

  150. moze Says:
    mas, maap niy,,,
    apakah paket BB unlimitednya mentari sama telkomsel sama?
    jadi tetep klo pake apn operator ya masuk gprs gitu ya?

    ==> Sama mas..kalo pake apn operator ya kena tarif charge gprs operator

  151. Pad sy mau tanya yg dimaksud kuota itu apa sih, apakah kalau BB digunakan sebagai modem?. Dan klo yg unlimited itu artinya free email, browsing, download/upload yah. Sy mo beli BB tp bingung. Kalau beli diluar resmi seperti id-blackberry, dan toko2 online atau di mall2 garansinya gimana.

    TQ

  152. Mas sy nubi di dunia BB, sekarang saia pake operator XL prepaid..
    Untuk download ato install ato download software OTA via browser bawaan BB itu kena tarif operator apa sdh termasuk tarif unlimited apn blackberry mas..

  153. numpang nanya,mas. saya pengen banget beli Black berry. tapi mau pastikan, apakah BB bisa buat ketik microsoft word dan excel trus bisa dipindahkan ke office di pc ( compatible ). tolong dibantu ya mas

  154. mas….mau nanya…
    barusan sy dapet BB bold original from isat. Tp ko g bisa bikin account email yahoo, gmail, dll y???
    apa karena blum aktif layanan bb nya?(saat ini masih pake simcard lama)

  155. yadi Says:

    Pad sy mau tanya yg dimaksud kuota itu apa sih, apakah kalau BB digunakan sebagai modem?. Dan klo yg unlimited itu artinya free email, browsing, download/upload yah. Sy mo beli BB tp bingung. Kalau beli diluar resmi seperti id-blackberry, dan toko2 online atau di mall2 garansinya gimana.

    TQ

    => Qouta adalah jumlah data yang tersedia jika kita berlangganan blackberry. dimana jika digunakan langsung di blackberry, maka quota itu unlimited. tapi apabila handset blackberry digunakan sebagai modem, maka kuota unlimited tidak berlaku.

    Kalo beli handset blackberry, biasanya saya lewat milis seperti id-blackberry atau gadtorade. Jika ingin beli di toko, harus minta garansi ke tokonya handset tersebut bisa digunakan alias pin nya tidak nyantol di operator. karena blackberry tidak seperti hp biasa. Jadi pastikan saja handset yang mau dibeli bebas atau unlock untuk semua operator dan pin tidak suspend.

  156. gan Says:

    Mas sy nubi di dunia BB, sekarang saia pake operator XL prepaid..
    Untuk download ato install ato download software OTA via browser bawaan BB itu kena tarif operator apa sdh termasuk tarif unlimited apn blackberry mas..

    => kalo download lewat Handset blackberry, itu masuk apn blackberry..jadi unlimited.

  157. azis Says:
    numpang nanya,mas. saya pengen banget beli Black berry. tapi mau pastikan, apakah BB bisa buat ketik microsoft word dan excel trus bisa dipindahkan ke office di pc ( compatible ). tolong dibantu ya mas

    => Kalo ngetik doang sih bisa pake document to go. tapi apa ngak ribet ngetik excel di pc? mending ketik di pc/laptop, baru file nya dipindah ke memory external blackberry, baru dikirim.

  158. fu maniax Says:

    mas….mau nanya…
    barusan sy dapet BB bold original from isat. Tp ko g bisa bikin account email yahoo, gmail, dll y???
    apa karena blum aktif layanan bb nya?(saat ini masih pake simcard lama)

    => Lambang GPRS nya udah gede belum? kalo belum berarti belum aktif.
    Kalo lambang GPRS sudah gede, nyari email setting.
    kalo udah masuk email setting, jika pengguna baru bisa create user, dan bikin email user@operator.blackberry.com
    jika sudah masuk email setting, email-email gmail, yahoo dll bisa ditambahkan di situ..tinggal masukkan user name dan password email-email tersebut..

  159. hehehe,…iya mas,..cuman perlu direstart aja,…trus semua menu BBnya bermunculan satu persatu.
    Blum ada seminggu pake BB(sebelumnya pake HTC TYTN II + app seven/emoze), awal2 aga’ susah makenya…tp lama kelamaan enak bgt :), istri ampe sering cemburu ama BB,..hehehhe

    tp mau nanya lg nih mas,
    1. ada g aplikasi threaded sms supaya sms dikelompokan berdasarkan sender

    2. gmn caranya supaya kl pake opera tetep via apn BB?maaf sy blum terlalu ngerti ttg seting tcp nya…

    info: sy pake BB bold

    makasih mas,…

  160. mas, saya mau tanya…

    tarif baru per 1 februari di atas itu diumumkan dimana? adakah ada di situs indosat? soalnya saya baru telp CS mentari di 100, mereka bilang untuk mentari cuma ada paket mingguan 50 ribu dan paket bulanan yang 160 ribu atau 180 ribu (plus bonus pulsa 50 ribu)….
    jadi yg benar yg mana ya?

    aduh jadi bingung nih….

  161. mas kalau attachment gede-gede pakai APN BB bisa gak? soalnya saya butuhnya nerima email kantor yang gede-gede gitu. Gak ngabisin quota buat internet kan?

    Kalau saya jadiin BB saya jadi semacam modem gimana? kadang saya perlu online dari notebook supaya jelas munculnya. Apakah saya jadinya pakai apn ops?

  162. fu maniax Says:
    hehehe,…iya mas,..cuman perlu direstart aja,…trus semua menu BBnya bermunculan satu persatu.
    Blum ada seminggu pake BB(sebelumnya pake HTC TYTN II + app seven/emoze), awal2 aga’ susah makenya…tp lama kelamaan enak bgt , istri ampe sering cemburu ama BB,..hehehhe

    tp mau nanya lg nih mas,
    1. ada g aplikasi threaded sms supaya sms dikelompokan berdasarkan sender

    => kalo sms biasanya kalo sendernya sama dia bentuk converssation sendiri di bawahnya..

    2. gmn caranya supaya kl pake opera tetep via apn BB?maaf sy blum terlalu ngerti ttg seting tcp nya…

    => pastiin aja apn di tcp nya dikosongin aja..

    info: sy pake BB bold

    makasih mas,…
    => Sama-sama…tapi jangan autis ya..entar BB nya di sita istri..biar nggak disita istri dibeliin BB aja biar ngobrolnya lewat BBM aja hehehe..

  163. marti Says:
    mas, saya mau tanya…

    tarif baru per 1 februari di atas itu diumumkan dimana? adakah ada di situs indosat? soalnya saya baru telp CS mentari di 100, mereka bilang untuk mentari cuma ada paket mingguan 50 ribu dan paket bulanan yang 160 ribu atau 180 ribu (plus bonus pulsa 50 ribu)….
    jadi yg benar yg mana ya?

    aduh jadi bingung nih

    => ngga usah bingung..khan waktu itu saya juga udah nulis yang buat mentari,coba aja cari di blog saya, memang benar tarif nya segitu..

    kalo mau pasti di buka aja web indosat.biar nggak bingung

  164. bulan Says:

    Maret 14, 2009 at 5:08 pm e
    mas kalau attachment gede-gede pakai APN BB bisa gak? soalnya saya butuhnya nerima email kantor yang gede-gede gitu. Gak ngabisin quota buat internet kan?

    Kalau saya jadiin BB saya jadi semacam modem gimana? kadang saya perlu online dari notebook supaya jelas munculnya. Apakah saya jadinya pakai apn ops?

    ==> Gedenya seberapa? kalo masih 1 MB masih bisalah…kalo attachment di BB masih ikut kuota, tinggal di save aja di memory baru di download ke laptop.

    di jadiin modem bisa, tapi apn jadi apn operator. Kalo mau di laptop mending pake modem 3G aja..

  165. Mas tolong tanya,

    Kalau saya pake software seperti IPOT untuk melihat saham itu sdh diluar apn BB ya?

    Dan katanya kalau melihat video streaming juga sdh tdk termasuk APN BB apakah benar?

    Bagaimana caranya bisa pake opera mini lewat apn bb? apakah mungkin?

    Makasih

  166. Ardy Says:
    Mas tolong tanya,

    Kalau saya pake software seperti IPOT untuk melihat saham itu sdh diluar apn BB ya?

    => Kalo nggak ada service book nya berarti pake apn operator

    Dan katanya kalau melihat video streaming juga sdh tdk termasuk APN BB apakah benar?

    => streaming..beberapa situs bisa pake apn blackberry

    Bagaimana caranya bisa pake opera mini lewat apn bb? apakah mungkin?

    => mungkin aja mas, tinggal di kosongin aja apn nya.

    Makasih

  167. mas Aris,
    selain BB, apakah bisa pake handset merk lain seperti dari Sony Ericsson, HTC, n Nokia ? kalo ya, tipenya apa aja ya ? kalo soner W960i bisa ga ya dipake layanan dari Indosat ? krn kalo beli BB mahal. thanks a lot buat jawabannya

  168. Bisa aja sih dengan memanfaatkan BB Connect, tapi jadi kurang maksimal. alias lambat dan dapat push emailnya saja.

    Kalo pake Blackberry handset, fasilitas bisa maksimal. Sekali pake Blackberry, nggak mau pake hp yang lain.

    BB mahal? bukanya nokia jg mahal. BB nyari yang 1,5 juta juga ada.

    Saya ada nih BB 8110 mau dijual 2,8 juta..
    siapa berminat?

  169. gua dpt artikel nih.. bahwa indosat menambah pelayanannya utk blackberry..
    Di jamin indosat memuaskan… ^^

    Semakin Cepat Berselancar dengan 20 Mbps dari BlackBerry Indosat Anda
    ingin lebih cepat berselancar mengakses semua layanan BlackBerry?
    Sementara ini, hal tersebut mungkin hanya bisa dinikmati oleh pelanggan
    BlackBerry dari Indosat. Pasalnya kapasitas link backbone Indosat ke
    RIM (Research In Motion)
    telah di up grade sebesar 100%, tidak tanggung-tanggung naik 2 kali
    lipat, dari 10 Mbps menjadi 20 Mbps. Tak pelak, hal ini menjadikan
    Indosat memiliki kapasitas backbone ke RIM terbesar di Indonesia di
    antara operator lain. Dan pelanggan BlackBerry Indosat dapat menikmati
    akses layanan yang lebih cepat dan semakin dapat diandalkan. Dengan
    jumlah pelanggan terakhir saat ini mencapai 75.000 ribu pelanggan,
    merupakan tantangan bagi operator seperti Indosat untuk dapat
    memberikan layanan BlackBerry yang handal, bila tidak ingin
    ditinggalkan pelanggannya. Seperti
    yang kita ketahui, demam BlackBerry sedang melanda semua segmen
    masyarakat kita, dari kaum profesional, hingga anak muda, bahkan
    pelajar. Kehadiran smart phone
    yang lain pun belum berhasil menggeser kesaktian BlackBerry. Pasar
    BlackBerry sendiri diperkirakan banyak pihak masih akan terus tumbuh di
    Indonesia, mengingat Indonesia memegang pertumbuhan pengguna BlackBerry
    tertinggi di Asia Pasifik. Sekarang, tinggal para calon pengguna
    BlackBerry memilih layanan dari mana, yang jelas, besarnya kapasitas
    akses ke RIM menjadi faktor utama kualitas layanan yang dapat diberikan
    oleh operator bersangkutan.

  170. mas, saya baru aja beli bb bold.. n saya pake mentari…

    boleh tau ga cara aktifasinya gimana? trus ada paket apa aja? ga pindah matrix gpp kan???

    thx for your information

  171. malem mas aris,

    saya belum tahu apa2 soal BB
    tapi saat ini saya butuh sekali beli HP baru karena komunikator saya hilang (hiks…)

    kebutuhan saya (kebetulan saya wartawan), yaitu :
    1. hp dg kamera minimal 3,2 MP
    2. bisa u/ mengetik dan mengirimkan (min 1.000 – 3.000 karakter)
    3. browsing (waktu pake komunikator nokia, saya bisa langganan portal dot.com yg hanya keluar di layar dalam bentuk list judul berita, ntar kl diklik di judul bisa keluar tulisan berita, tanpa ada tampilan iklan, jd ga terlalu berat muatannya plus ga capek bacanya hehehe)
    4. tentu saja layanan imel, chatting (ini perlu bgt u/ komunikasi dg bos), and bisa akses facebook :)

    adakah BB yg cocok dg kriteria di atas & berapa ya harganya?
    oh ya, kebetulan saya sudah langganan HALO, tidak perlu ganti provider kan?
    satu lagi, kl sudah beli BB apa msh perlu tambahan perlatan pendukung lain?

    thx banyak ya (maaf, kl panjang & banyak nanya)

    salam,
    neli

  172. malem mas aris,

    saya belum tahu apa2 soal BB
    tapi saat ini saya butuh sekali beli HP baru karena komunikator saya hilang (hiks…)

    kebutuhan saya (kebetulan saya wartawan), yaitu :
    1. hp dg kamera minimal 3,2 MP
    2. bisa u/ mengetik dan mengirim tulisan (sekitar 1.000 – 3.000 karakter)
    3. browsing (waktu pake komunikator nokia, saya bisa langganan portal dot.com yg hanya keluar di layar dalam bentuk list judul berita, ntar kl diklik di judul bisa keluar tulisan berita, tanpa ada tampilan iklan, jd ga terlalu berat muatannya plus ga capek bacanya hehehe)
    4. tentu saja layanan imel, chatting (ini perlu bgt u/ komunikasi dg bos), and bisa akses facebook :)

    adakah BB yg cocok dg kriteria di atas & berapa ya harganya?
    oh ya, kebetulan saya sudah langganan HALO, tidak perlu ganti provider kan?
    satu lagi, kl sudah beli BB apa msh perlu tambahan perlatan pendukung lain?

    thx banyak banget ya Mas
    (maaf, kl panjang & banyak nanya)

    salam,
    neli

  173. untuk BB yang ber OS di bawah versi 4.5 bisa membaca file attachment yang berbentuk document office (word dan xls), file image dan file pdf. <— mas fey, maaf mohon pencerahan, kebetulan saudara saya menggunakan blackberry 8707v dengan OS 4.15 dimana menurut ceritanya dulunya terdapat excel viewer dan tidak sengaja terhapus sewaktu cleanup memory, saya sangat mengharapkan bantuan informasi dari mas URL tempat dimana saya bisa mendapatkan software office seperti documents to go untuk bb saudara saya tersebut, terimakasih atas bantuannya

  174. saya pengen banget punya BB tapi pengen yg nyicil aja. ada info soal itu? atau bisa nyicil dari provider tapi tanpa kartu kredit…ada gak ya? thx

  175. untuk BB yang ber OS di bawah versi 4.5 bisa membaca file attachment yang berbentuk document office (word dan xls), file image dan file pdf. <—
    mas, maaf mohon pencerahan, kebetulan saudara saya menggunakan blackberry 8707v dengan OS 4.15 dimana menurut ceritanya dulunya terdapat excel viewer dan tidak sengaja terhapus sewaktu cleanup memory, saya sangat mengharapkan bantuan informasi dari mas URL tempat dimana saya bisa mendapatkan software office seperti documents to go untuk bb saudara saya tersebut, terimakasih atas bantuannya

  176. mau tanya nih..
    saya udah pake BB Bold, udah subscribe Blackberry unlimited plan yg 140k, tapi saya mau pake handset BB saya sebagai modem di laptop saya. kan katanya handset BB bisa dipake jadi modem, jadi saya bisa browsing internet di laptop.. apa itu mungkin?
    kalo saya mau browsing internet di laptop pake blackberry handset sebagai modem, maka jaringan data yg dipakai yg mana? Apn Blackberry ato Apn Operator? apa saya masih harus ambil paket data GPRS lagi?

  177. mas,saya punya BB 8310 smp skrg sy blum aktifkan push email dan lain sebagainya…skrg saya berminat mengaktifkannya dgn no im3 yg sy punya,apakah bisa?klo im3 dipindah ke matrix bs ga mas?thanks

  178. mas aristanto, kenalkan nama saya azis. saya baru beli BB bold sebulan yang lalu. nah , mau cari softwarenya kog susah banget sich. tolong kasi tahu dong website berisi software gratis khusus BB, terutama pdf reader nya, thank you, mas : )

  179. anthony Says:
    untuk BB yang ber OS di bawah versi 4.5 bisa membaca file attachment yang berbentuk document office (word dan xls), file image dan file pdf. Di upgrade aja ke os 4.5 pak…biar bisa doc to go..

  180. arista Says:

    April 16, 2009 at 6:18 pm e
    mmw tanya neeh…kalo handsetnya bb ada yg kredit ga??

    maksaih sebelumnya

    ==> kayaknya ada penerbit kartu kredit yang nawarin pembelian BB secara kredit..

  181. ABS Says:

    April 17, 2009 at 11:19 am e
    mau tanya nih..
    saya udah pake BB Bold, udah subscribe Blackberry unlimited plan yg 140k, tapi saya mau pake handset BB saya sebagai modem di laptop saya. kan katanya handset BB bisa dipake jadi modem, jadi saya bisa browsing internet di laptop.. apa itu mungkin?
    kalo saya mau browsing internet di laptop pake blackberry handset sebagai modem, maka jaringan data yg dipakai yg mana? Apn Blackberry ato Apn Operator? apa saya masih harus ambil paket data GPRS lagi?

    ==> bisa aja dijadiin modem, tapi nanti tarif bukan unlimited lagi. jika digunakan sebagai modem, apn yang digunakan merupakan apn operator.
    kalo mau di laptop mending pake 3G modem pak..sayang BB nya kalo dijadikan modem..

  182. ga ada bawaan untuk pdf viewer nya mas.aplikasi yang ada cuma doc to go, sheet to go dan slide to go. apapun pdf viewernya boleh, asal free. tolong ya mas
    thanx

  183. mas mau tanya nih, barusan saya beli bb storm vodafone bekas… sekarang pake kartu XL (bekas dari HP lama), tapi punya rencana mau ganti indosat atau telkomsel, kira2 lbh cepet yg mana ya? sinyal nya jg lbh kuat mana?

    misalkan saya pakai untuk lihat video di youtube apakah termasuk unlimited? atau terpotong pulsa nya?

  184. Hi Cucu…

    saya juga baru memberli storm vodafone, sekarang pakai telkomsel halo paket Rp 180.000 paket unlimitet apn blackberry..

    rencana cuma mau buat test sebulan, ntar di unsubscribe terus mau coba lagi pakai indosat. wong sekarng aktif in bb gampang banget, cuma via sms, dan utak atik di web telkomsel.blackberry.com, dalam hitungan menit dah selesai…

  185. mas aristanto sy mau tanya..
    diantara OS-OS yg tersedia utk BB 8320 baiknya sy pilih OS yg mana yg sdh terbukti bgs buat BB sy?
    apakah aman kalo upgrade OS sendiri?
    kalau upgrade OS gagal, apakah bisa merusak BB?trims

  186. oh thanks mas firdaus. itu buat register ga usa datang ke telkomsel ya? tinggal dari web aja lgs bisa? untuk telkomsel misal buka youtube jg unlimited?

  187. Evan_bun Says:

    April 24, 2009 at 10:34 pm e
    mas aristanto sy mau tanya..
    diantara OS-OS yg tersedia utk BB 8320 baiknya sy pilih OS yg mana yg sdh terbukti bgs buat BB sy?
    apakah aman kalo upgrade OS sendiri?
    kalau upgrade OS gagal, apakah bisa merusak BB?trims

    ==> emang BB nya sering masalah ya? harus di upgrade..
    selama bb nggak ada masalah..nggak usah di upgrade lah…
    aman sih upgrade sendiri kalo tau trik nya..
    kalo gagal ya paling BB nya dijadiin ganjel pintu aja..hehehehe..

  188. Pak Aristanto, kelihatannya bpk expert nih mengenai blackberry. Sy ada pertanyaan, baru hari ini saya dl dan install software untuk memantau saham dr PT. Phillips Securities. Nah untuk akses software ini, saya harus connect ke APN indosatgprs
    Pertanyaan saya, kalau sy ganti APN di Options – Advanced Settings – TCP menjadi indosatgprs (sblm diganti blank), apakah saya harus menghapus indosatgprs setiap kali saya mau akses email atau surfing lewat internet browser? Apakah nantinya saya akan kena charge GPRS indosat, ataukah internet browser dan email otomatis memakai APN blackberry walau di TCP APN nya saya ganti menjadi indosatgprs?

    Smoga pertanyaan sy ga terlalu memusingkan.
    Thanks jawabannya..

  189. @Havil Says:

    Mei 3, 2009 at 3:44 pm e
    saya ingin memakai BB ..
    tapi kartunya tidak bisa IM3 ya .??

    ==> bisa kok pake im3 dan mentari dengan BB on demand indosat

  190. @Agnes Says:

    Mei 6, 2009 at 2:49 pm e
    Pak Aristanto, kelihatannya bpk expert nih mengenai blackberry. Sy ada pertanyaan, baru hari ini saya dl dan install software untuk memantau saham dr PT. Phillips Securities. Nah untuk akses software ini, saya harus connect ke APN indosatgprs
    Pertanyaan saya, kalau sy ganti APN di Options – Advanced Settings – TCP menjadi indosatgprs (sblm diganti blank), apakah saya harus menghapus indosatgprs setiap kali saya mau akses email atau surfing lewat internet browser? Apakah nantinya saya akan kena charge GPRS indosat, ataukah internet browser dan email otomatis memakai APN blackberry walau di TCP APN nya saya ganti menjadi indosatgprs?

    Smoga pertanyaan sy ga terlalu memusingkan.
    Thanks jawabannya..

    ==> di isi aja tcp nya pake indosatgprs.
    kalo email nya tetap aja masuk lewat apn blackberry..

    ya kalo aman sih kalo mau browsing di hapus.. aja..tapi silahkan aja di coba dulu pak..karena default nya browser BB pake apn blackberry.

  191. mas, saya pemakai Bold dengan menggunakan katu mentari prabayar. skr saya berada di singapore. mengapa signal telefon sy selama di singapore selalu sos padahal menurut indosat kartu sy tidak bermasalah.? dan juga seharusnya indosat sudah otomatis akan mencari signalnya sendiri.apakah ada settingan di BB yg harus dilakukan? krn saya sudah mendaftar ke indosat dan katanya bisa dugunakan dan mematikan telefon lalu mnyalakannya kembali. ini kejadian yg sudah ke 3 kalinya. mohon bantuannya mas. terima kasih.

  192. Baru dpt info nich….Indosat katanya lagi ada Expo di senci

    Indosat menghadirkan paket spesial untuk pembelian BlackBerry® StormTM melalui ajang Expo Indosat BlackBerry Touch Experience yang diadakan di Promenade Senayan City mulai tanggal 18 Mei – 24 Mei 2009. Trus ada juga aplikasi BlackBerry yang dikembangkan Indosat, yg cuma bisa dipakai sama pengguna BlackBerry Indosat.
    Indosat juga menghadirkan berbagai aplikasi BlackBerry, pelanggan BlackBerry Indosat bisa download aplikasi2 yang dikembangkan Indosat contoh Quick Dial untuk nomor telpon penting seperti Taxi dan Restoran, Anti Theft Software untuk BlackBerry dan OS, i-Berry untuk theme BlackBerry, Aplikasi Muslim seperti Qur’an digital dan Hadist, Aplikasi IDX Mobile untuk informasi saham dan valuta mata uang asing secara real time, Arena Games berisi games–games seru dan Arena Music untuk video musik artis–artis top Indonesia

    Smoga infonya bermanfaat

  193. Halo mas Aristanto salam kenal,

    Pertama salut buat mas Aris u pengetahuan BB nya…

    aku mau tanya neh mas, aku kan baru neh di dunia BB, dan aku tertarik untuk membeli BB javelin…tapi kartu ku bebas ( Prabayar ), apakah bisa digunakan? trus perlu register apa lagi?? Xl bagus gak seh sebagai provider BB. thanks buat infonya.

    • @ Vlo : Selamat datang di dunia BB.
      kartu prabayar bisa pake bb kok, Bisa BOD dari mentari atau im3, atau BB One dari Xl.

      Xl bagus juga dalam layanan BB.
      Saran saya, coba aja dulu salah satu operator, kalo nggak puas tinggal ganti ke operator lain..ambil aja yang paket harian atau mingguan kalo mau ngetest..

  194. halo mas Aristanto

    Saya pakai BB 8900 dgn kartu mentari , gimana caranya saya bisa internetan tanpa pakai BIS nya,,,
    makasih

    • kalo pake BB 8900, ya harus pake BIS dong..
      masak javelin cuma buat gaya doang…hehehe..

      ya tinggal ganti tcp aja, pake apn operator. tapi ya nggak bisa buat terima push mail nya BB, cuma bisa browsing aja..itu juga untung2an..

      pake BB ya harus pake BIS….

  195. Halo mas,

    Saya baru install opera mini di bold saya. Yang saya mau tanyakan, gimana cara mengetahui opera saya menggunakan APN Indosat GPRS atau APN Blackberry?

    Untuk settingan TCP/IP di Option>Advanced Options>TCP/IP>APN Settings Enabled tidak saya centang. Opera bisa jalan dengan normal.

    Saya khawatir tagihan saya meledak aja mas, soalnya saya pakai matrix strong.

    Thanks.

      • Di opera justru saya tidak menemukan settingan TCP. Di opera settings adanya hanya pilihan Protocol: HTTP atau Socket. Udah gitu aja. Saya pilih HTTP.

        Saya mau coba pakai OPERA untuk internet banking, BCA dan MANDIRI. Saya sudah coba pakai browser blackberry suka lama sekali bukanya.

        Thanks.

  196. Halo Bang Aris,

    Saya ada pertanyaan. Saya baru memakai BB Curve 8900 dengan XL BB 1. Tgl.5 May saya ke Australia,selama disini saya dapat memakai XL BB 1 dengan wifi home base tanpa masalah, tiap pagi pulsa rutin dipotong 5,000. Namun pada tgl.21 sore tiba2 icon wifi nya jadi redup, dan BB connection nya putus, semua email in maupun out tak bisa. Saya coba kirim sms ‘BB OFF’ ke 568, dibalas bahwa perintah yang saya saya masuk ‘Salah’! Sampai akhirnya pulsa saya dipotong abis, baru layanan XL BB 1 dihentikan layanan nya.
    Mohon mencerahan nya. Apa yang terjadi?
    Bila saya mau migrasi ke Matrix BB, apakah tidak ada masalah dengan ganti operator BB saya bisa jalan? Terima kasih!

    • mungkin XL BB One nya sudah tidak aktif pak, jadi bengong.

      ganti operator nggak masalah, asal pin di XL nya minta di release dulu, jadi bisa apply di matrix

  197. @Gunawan Says:

    Mei 24, 2009 at 10:57 pm e
    Bang Aris,
    Dimana dapat liat postingan baru? Boleh tahu berapa harga BB Storm baru? Trims!

    ==> di Postingan saya yang terakhir..

  198. mas, saya pakai 2 matrix.
    - matrix biasa
    - matrix 3g broadband
    saya baru bli BB 8320. itu sebaiknya yang saya daftar untuk BB yang matrix biasa atau yang 3g broadband ya?mana yang lebih menguntungkan?

    trus, saya udah baca sebelumnya untuk Matrix BB bayar 140 rb/bulan. itu 140rb apa aja ya? klo saya tetap pakai Matrix 3g broadband, berarti yang harus saya bayar adalah :
    Matrix BB + Matrix 3g broadband saya?
    140rb + 110 rb??? begitukah?

    trus saya selalu pakai matrix 3g broadband di HP Nokia 6120 sebagai modem untuk browse di lappy.
    BB saya bisa dipakai buat modem ke lappy ga? klo bisa, apa akan ada penurunan kualitas? atau sebaiknya kalau aku mau browse di lappy, matrix 3g broadband saya pindahkan ke Nokia 6120?
    terima kasih mas…mohon infonya

    • kalo Matrix 3G sering di pake buat browsing ya mending pake matrix biasa. karena repot khan sering pindah-pindah kartu. apalagi kartu matrix kartu utama alias yang buat telpon sehari-hari.

      ada juga sih yang bundling matrix 3G dan BB.
      coba aja di chek di website indosat.

      BB bisa buat modek dihubungkan ke komputer, tapi kouta unlimited tidak berlaku, karena jika BB dijadikan modem , maka apn yang digunakan apn operator.

  199. mas, mau nanya nich, gimana caranya tingkatkan file free bb bold, kog asyik menurun terus, aku pakai memory 1 gb. o y, saat download aplikasi, gimana caranya agar saveny pakai memory media card atau device memory. soalnya, tiap kali isi aplikasi, yang dipakai selalu memory application, sehingga setelah instal sekitar 10 aplikasi, udah habis. trims untuk bantuannya

    • sering-sering aja copot battery mas.
      ya minimal sehari sekali copot battery sebentar, kira-kira 5 detik lah di copot itu battery, karena dia akan merefresh memory.

      Juga kalo bisa hapus history2 chatting yang sudah tidak dipake..

  200. Mas, mau tanya dong kalo langganan BIS di Matrix itu boleh cuma Rp. 140.000 + PPN 10% saja = Rp. 154.000,- ?

    atau harus “DIPAKSA” ngambil paket APN indosat misalnya yg termurah Rp. 50 ribu?

    Mohon input nya, karena buat apa APN indosat, kalau Opera Mini sudah bisa lewat APN blackberry.net yang sudah paket Rp. 140 ribu per bulan itu, betul?

    • biasanya sih di paksa heheh..saya juga pake paket itu..padahal mubazir tuh yag jatah 50 ribu jarang saya pake.

      sebenarnya pengen ganti blackberry on Demand aja..tapi males entar malah bawa banyak hp.

      opera bisa pake apn blackberry

    • sudah ada kok blackberry yang CDMA, biasanya kodenya xx30, misal 8230 atau 8830…bahkan bold 9530 sudah bisa pake os Hybrid..jadi bisa di inject CDMA

      bentar lagi ada operator CDMA di sini yang akan membawa layanan Blackberry..

      so..tunggu aja..

  201. ass..
    mas harga BB 8320 pasarannya brapa yah sekarang?? trus klo kita udah punya sim card mentari or im3 bisa langsung pake paket yang 140 ribu itukan??

    thanks..

    • pasaran 8320/8310 baru paling 4 jutaan..tapi nyari baru sekarang susah..
      paling second 2.5-3 jutaan…

      im3 dan mentari bisa pake blackberry on demand, bisa mingguan atau bulanan

  202. Kalau browsing langsung dengan handset blackberry, apakah termasuk cepat? Misalnya menggunakan BB 8310 atau 8320 yang belum HSDPA.

    Atau, sangat-sangat tergantung dengan kecanggihan operator?

  203. mas, mau nanya nich. aku uda pake paket BBnya simpati, tp kecewa nich karna g bs liat youtube ( dicharge lagi ). jadi rencana mau pake telkomsel flash aja, biar lbh murah. ttg push email dari BIS, kog kayaknya g pengaruh amat, soalnya pake gmail juga cepat kog. masalahnya, pegawai telkomsel bilang BB saya ga bisa dipasang telkomsel flash, apa memang g bs, mas ? thanx

    • ya beda peruntukan sih.. Telkom flash enak buat browsing atau nonton youtube. tapi khan harus pake laptop.

      kalo blackberry bagi yang sering mobile, tidak setiap saat bisa chek email lewat laptop dan pc..

      bb bisa saja di pakein telkom flash..saya juga kemaren pake di bb saya pake telkom flash, tapi ya hanya beberapa fasilitas yang bisa digunakan. beda kalo menggunakan BIS, semua fasilitas di handset BB dapat digunakan.

  204. Assalamualaikum Mas Aris,
    Saya mau tanya nich, soalnya blur banget sama BB, kebetulan baru dapat hadiah dari temen temen, storm 9530 16 G memory, yang unlock dari vodafone.
    Nah..kebetulan juga mau pulang ke Indo, setelah berdomisili di jerman.
    Nah..rencananya domisili di indo cuma 1-2 thn terus balik lagi ke jerman, dan juga bolak balik ke jerman setiap 4 bulanan sekitar 2-3 mingguan.

    Saya sendiri masih buta dengan provider di Indonesia, kalau disini ya tinggal vodafone aja diserahin segala sesuatunya.
    Yang jadi pertanyaaan,
    selain mail , push mail dan chatting, atau facebookan, saya perlu banget browser buat internet banking dan lain lain website, termasuk ngetik document microsoft office,
    saya minta pencerahan nya..Provider apa dan layanan langganan apa yang sebaiknya saya gunakan begitu saya pulang kembali ke indonesia? untuk kondisi seperti ini..termasuk kondisi bolak balik ke jermannya..
    selanjutnya kalau sewaaktu waktu saya gunakana untuk modem laptop juga …thanks ya mas Aris..

    btw, storm disini lumayan murah dech harga second kisaran 250 euro, harga baru 379 euro..titip nggak? haahahah

    ada juga yang jual kartu unlocknya..murah banget cuma 10 euro…

    • wa alaikum salam…

      wah enak nih baru dapat bb gratis..mau juga dong..heheh.kapan pulang ke indonesia ?

      Mengenai Provider Blackberry di Indonesia, sekarang sudah hampir semua operator mempunyai layanan blackberry Indosat, Telkomsel, XL dan Axis (pre release) sudah mempunyai paket blackberry baik pra bayar maupun pasca bayar.

      bagi yang sering bolak-balik luar negeri mending ambil yang paket prabayar, tinggal isi pulsa, langsung REG dan BB sudah aktif.
      Bisa ambil Telkomsel (bulanan), Indosat (mingguan dan bulanan) XL bisa harian. untuk axis belum ada tarif resmi.

      untuk internet banking bisa gunakan opera mini. untuk mengetik document office bisa gunakan doc to go dari dataviz.

      kalo untuk digunakan sebagai modem tidak disarankan di bb, karena akan menggunakan plan gprs operator.
      untuk di pc mending beli usb modem, dan registrasi pra bayar internet.

      saya baru pake storm dan sudah saya jual sekarang ganti jave aja..eheheh..

      tapi kalo ada iphone murah..boleh juga tuh nitip…hehehe
      kalo ada pertanyaan lagi boleh ym ke saya..

      • Tapi, kalau browsing pakai Opera Mini, apn yang dipergunakan itu operator atau blackberry?

        Thanks.

  205. Mas, saya pengen beli BB. Pas lihat bundling di indosat, harganya kok selisih agak banyak ya jika dibandingkan dengan ketika lihat di toko BB. Misal Storm 9500, di toko 5,4 di indosat hampir 8. Kemarin di koran aku lihat, pejabat indosat bilang supaya hati-2 dengan BB tiruan.Tolong direview deh..jadi ketar-ketir nih..thanks

    • ya kalo lewat indosat khan ada garansi dari indosat, jadi pasti lebih mahal.
      kalo nggak salah, pada paket storm ada free abonemen nya juga..ya jatuh2nya sama..

      kalo mau aman ya beli lewat indosat, mau murah lewat milis blackberry atau gadtorade, cari seller yang terpercaya..

      kalo BB tiruan itu niru bentuk doang..tapi nggak bisa buat layanan blackberry..

      nah kalo bb kloningan itu yang harus hati2…karena dia mengkloning pin dari blackberry yang lain..jadi kayak mobil..no seri mesin nya..di gandain…

  206. Mas, mau tanya dong. Saya udah backup dengan software nokia, data-data kontak disimpan dengan file yang berekstension *.nbu. Bisa nggak ya data2 tersebut di-move ke blackberry?

    Terus, misalnya saya terima email yang berattachment office (word, excel), bagaimana cara melihatnya? Bisa nggak ya file tersebut disimpan dulu di blackberry, baru kemudian disimpan ke PC (jadi nggak perlu pc lagi untuk akses ke internet, cukup saya akses lewat blackberry, kemudian saya pindahkan).

    Terima kasih banyak.

    • kalo mau mindahin mending pake media outlook..
      jadi dari nokia di synch ke outlook baru dari outlook di sync lagi ke blackberry…

      untuk attachment office, jika sudah ada doc to go bisa langsung di liat, tapi juga bisa juga di save ke external memory. terus bisa di copy ke pc. karena bb pas di sambungkan ke computer dia langsung terdetect sebagai external memory pc..

  207. Maz, mohon pencerahan ya saya sudah baca semua hal mengenai BB, tapi masah aja ada yang belum terpuaskan, karena sekarang ini lagi heboh banget BB. Saya pemakai setia NOKIA seri E, tapi pengen banget nyoba BB, apa ya kelebihannya ?

    1.Push Email di nokia udh bisa juga 10 email jg bisa walaupun tidak di kompres seperti BB

    2.Browsing juga bisa, malah enak bisa liat di PC, handsetnya jadi modem, tanpa batas juga krn saya pake Flash Unlimeted

    3.Internet Bangking tidak ada masalah, BB lelet klo tidak pake Opera

    4.Aplikasi dari pihak ke tiga di Nokia bejibun

    5.Gengsi saat ini emang BB, Nokia Smart Phone babak belur kena terjang demam BB

    • kalo stabil sama kecepatan aplikasi enakan mana?

      mau messaging udah tersedia semua dari rim nya (YM, Gtalk, WML, BB Messanger),
      kalo nokia harus install 3rd party software yang kadang penuh dengan iklan.

      kalo email nokia bisa 10, apa masih bisa cepet baca emailnya…?

      browsing ya paling enak emang di pc, makanya selain bb saya langganan telkom flash, bb buat nemeni di jalan aja..

      saya nggak suka install program macem2 di hp..

      ya BB emang gengsi, tapi emang BB itu fungsional banget..dari dia menyediakan layanan sekaligus memproduksi handsetnya..istilahnya total solution…

      ya..Nokia emang keok..sejak ada BB apalagi ponsel High end nya..

      orang sekarang lebih milih bold daripada commie..

      jadi..cobain dulu deh..BB…baru rasain bedanya…

  208. Saya juga tadinya mau pilih Nokia E. Tapi akhirnya pilih BB. Ada beberapa yang saya perhatikan, mungkin bisa jadi perbandingan:
    1. Saya belum tahu kalau Nokia juga ada push email. Yang saya tahu adalah kita instal 3rd party dulu, kayak emoze atau seven. Tapi emoze itu sangat terbatas (hanya 1 account). Nggak tau kalau seven.

    2. BB juga bisa sebagai modem, cuma masalahnya, biayanya tidak termasuk yang langganan itu. Langganan GPRS biasa.

    Menurut gue, kalau udah punya seri E, mending seri E aja. Toh sudah bisa push mail kan? Dan browsingnya enak?

    Saya pilih BB karena nggak paham kalau di Nokia seri E bisa push email seperti BB.

    Untuk browsing di BB, saya sudah pakai opera mini, sudah enak sih kalau dipakai browsing.

  209. mau tanya donk..aku pake BB 8310 mau nyimpen lagu di memory card koq ga bisa ya apa harus ada aplikasinya atau ada caranya lagi,bisa kasih tau ga???trus koq buka web BB-nya agak lama yah..kira2 kenapa yah??tolong dijawab yah mas..makasi

    • memory external bisa kok di pake buat lagu, video, maupun foto.

      buka filenya pake media.
      cara ngopinya, bb tancapin pake kabel data ke pc, setelah itu biasanya di bb ada notifikasi, mass storage mau di aktifin apa tidak..pilih aja YES..

      baru nanti di pc udah terdetect sebagai external memory. copy dan paste lagu ke music..

  210. mas mau tanya kalo pake blackberry indosat itu yag 160rb itu udah termsuk pulsa tlp berapa?ato 160 rb itu cm buat internetan aj?thanks ya

  211. Saya punya problem yang bikin pusing. Sejak saya beli BB 8310, laptop saya tidak mengenali blackberry sebagai new drive lewat kabel USB. Tapi bisa ngecharge. Saya sudah instal DM 4.7, tetep aja nggak bisa ngenali. Kenapa ya?

    • coba di chek di option-memory

      di bagian “Mass Storage Mode Support:” di set on terus di save.

      biasanya nanti pas kita konek ke laptop, akan minta notifikasi. mau di aktifin mass storage atau tidak..

  212. Mas Aristanto yang baik,
    Numpang nanya donk, mengenai paket BIS dari Matrix (pasca bayar).

    Saya telpon customer servicenya, katanya sekarang bisa ambil yang Rp. 140.000 tanpa ada kewajiban membayar paket data.

    Syaratnya harus mau mengisi formulir di Gerai Indosat (tidak bisa mengaktifin dari HP via SMS).

    Apakah benar demikian?

    BTW, dari pengalaman Mas, kalau tidak digunakan sebagai modem, apa manfaat dari paket data tersebut? Lagi pula, ambil paket dan tidak, harga Rp/KB-nya khan sama untuk yang paket 50MB.

    Atas informasi yang diberikan diucapkan banyak terima kasih.

    Salam,
    Erik Tapan

    • saya masih pake paket 140+50 ribu..

      coba nanti saya tanya teman yang di indosat. kalo memang demikian saya juga mau ubah paketnya..

      ya..apabila tidak digunakan buat modem, kita bisa gunakan untuk applikasi yang membutuhkan apn operator. atau untuk akses WAP nya.

  213. Mas ferry yang pinter dan baik, saya mau nanya:
    1. Berapa kira2 harga bb storm & bold untuk skrg2 ini, kalo kita beli dari indosat?
    2. Benarkah virtual keyboard di bb storm sulit/tidak nyaman digunakan?
    3. Untuk pemula yg baru mau menggunakan bb seperti saya, mana yg lebih baik saya pilih menurut mas ferry, storm atau bold kalau menimbang kepada kemudahan dlm pemakaiannya.
    4. Terima kasih :-)

    • 1.kalo bold dan storm sekitar 7 jutaan.

      2. virtual keybord ya perlu penyesuaian, karena dia pake clickable screen, jadi semua screen bisa di klik.

      3. buat pemula mending bb yang murah aja dulu, buat belajar. tapi kalo punya duit ya mending bold, yang full keyboard qwerty

      5. terima kasih kembali..

  214. Mau numpang tanya nih, ada yg tau maksud kata “Black” yg sering ada di iklan Penjual Blackberry Bold, kalau yg dari telkomsel dan indosat ada kata Black di akhir spt: Blackberry bold Black from Indosat
    Kalau dari Excel tidak di akhir dengan kata black dan harga nya pun lebih murah 500rb-an
    Secara teknis, apa ada bedanya baik di software maupun hardwarenya?
    Ada ngak sih prgram yg bisa mencatat pemakaian GPRS operator, agar tidak melebihi batas quota 50,100, dsb
    Saya udah tanya operator SAT walaupun kita udah set tcpip nya blank, kalau pake browser di luar browser bb akan tetap di kenakan charge GPRS, Hal ini bener atau ngak sih?
    Ada yang tau berapa kapasitas cache memory pada browser bb? saya sering kali harus clear memory utk buka web idx. kalau ngak, tidak bisa buka, alias hang.
    Ada yang tau VNC utk BB ngak?
    kalau di PC kan bisa kita dapatkan free
    di BB ada yg free ngak yah?

    Salam kenal semua
    Terima kasih

    • Black apa nih..mungkin warnanya yang black alias hitam…

      kalo dari hardware maupun software nggak ada bedanya..

      plan BB khan unlimited..jadi santai aja..

      ya..memory internal khan tergantung dari tipe bb nya..

      VNC for bb..apa ya..belum pernah nyobai..tapi kalo ssh bisa pake midssh

      • viigo itu bocor banget di bold saya ada yg lain ngak yah?

        Paket yg 50mb GPRS kan tidak unlimited!!!

        Kalau kita masuk web site yg memerlukan streaming kemakan yg 50 mb. nah ada ngak yg bisa mengukur pemakaian gprs ini?

        Oh barang kali tau, di indosat ada layanan I-Stock, udah ada yg pake belom hasil nya gimana memuaskan atau tidak? soalnya byr nya cukup mahal nih.

        Salam
        Thx

  215. Mas Fey

    kalau saya buka opera mini di 8900
    selalau keluar has attempted to accses server4.operamini.com, maksudnya apa ya mas ? di jawab NO atau YES ya dia Failed…jadi klo kita internet bangking mesti pake Opera ?

    kedua ada temen di Amrik nawarin BB Storm seri 9530 dual band , di sini bisa dipake nda ya mas.

    suwun

    • saya coba di tempat saya bisa tuh..

      udah langganan BIS nya belum?

      9530 bisa di pake di sini, malah bisa di isi OS Hybrid, jadi bisa di pake GSM dan CDMA nya..tapi nggak bisa di pake barengan…

      • BIS udh oke..tapi saya baca diatas kog mau brlangganan harus pake paket data saya pake Matrix pasca bayar, langsung sms aja, di terima !

        OS Hybrid itu apa ya ? di jave saya tertulis v4.6.109(platform 4.2.0.74) jadi yg di baca yg mana versi OS ? ada yang lebih baru lagi ? download dimana ?

        8900 tidak bisa 3G, tapi kadang2 dapat signal EDGE itu maksudnya apa,apa 2,5G

        Sukses selalau buat Mas Fey

  216. @Stingky
    Sepp BIS nya udah jalan.

    Kalo OS Hybrid itu yang bisa jalanin GSM dan CDMA. itu khusus buat bb storm 9530

    kalo di jave mas, berarti versi 4.6.109. versi lebih baru coba chek di website blackberry.com

    kalo 8900 emang belum 3G. kalo EDGE itu memang lebih tinggi dari GPRS alias 2.5G.

    salam sukses juga..

  217. allo mas, infonya sgt membantu buat pemula bb kaya saya :)
    saya baru beli javelin di okeshop soalnya resmi drpd pusying ma pin suspect :p saya make matrix yang unlimited tanpa +an quota gprs..(140rb)

    hmm..kalo boleh memastikan lagi.. YM, OPERA MINI, BROWSER DI HANDSET, FESBUK MOBILE, EMAIL, VIIGO itu semua dah termasuk paket unlimitedny khan? bukan kena lagi gprs-ny?

    thx a lot, buat pencerahanny mas.. :)

  218. selamat malam mas aris

    saya mau tanya2 nih..
    rencananya saya mau ganti dari N82 ke javelin
    saat ini saya menggunakan im3

    yg saya mau tanya:
    1. berapa biaya perhari BB untuk im3? sepupu saya menggunakan xl dikenakan tarif 5rb perharinya, apakah im3 juga segitu?
    2. saya seorang mahasiswi. karena budget saya perbulan terbatas, kira2 paket yg paling murah untuk saya apa ya? saya biasa menelepon lewat cdma, gsm hanya untuk sms internet dll

    terima kasih mas

  219. pa aristanto saya mau tanya

    bold saya kenapa tidak bisa diisi kartu IM2
    apn uda diganti : indosatm2
    user/pass : [userlanggananim2]

    tp begitu saya ganti kartu ke telkomsel lgs jalan (apn uda diganti tentunya) -> namun biaya lgs bengkak krn tarif gprs tsel rp.5/kb

    padahal uda terdeteksi sinyal 3g (saya tidak langgnan bis dgn alasan biaya krn sudah alokasi kebutuhan internet dalam kartu im2)

    apakah ada kartu unlimited internet yg bisa di pc dan digunakan di bb ?

    bagaimana dgn telkomflash unlimited apakah bisa dipakai di blacberry (utk akses gprs apn : operator) ?

  220. Mas aristanto master of BB.. :-)
    sy pengguna bb javelin langganan paket BIS2..selama ini sy gunakan BB utk YM,BBM,Email n sesekali browsing.. Yg ingin sy tanyakan:
    1.Knp push email sy tiba2 ga berfungsi ya? Jd stiap ada email masuk sy ga trm mst cek lwt browser n jd ngeribetin bgt? Sy ud coba delete n bikin account baru tp ttp ga bisa.Gmn cara benerinnya?
    2.Notification facebook sy jg ikut ga ke push,jd tambah pusing lg sy liat notification tll bnyk di inbox email,tiba2 msk k spam jg.gmn betulinnya jg tnp harus OFF spam emailnya?
    3.Beberapa bulan lg sy tinggal di aussie slm 2 tahun…apakah sy bisa tetap menggunakan layanan BIS2 sy dgn tiap blnnya mnt transfer pulsa dr indonesia? Apakah cara perpanjangannya sama atw mst datang ke indosat dulu utk di setting sblm brgkt k aussie? Atw sy ganti kartu provider disana aja mas? Kelebihan dan kekurangan sy ttp pakai kartu mentari n gnt kartu sana apa mas?
    Mohon masukannya ya mas sedetail2nya…makasih banyak mas…
    N maaf kalo kepanjangan… :-)

    • jawaban pertanyaan no 1 dan 2 :
      coba send service book lagi aja…kalo ada masalah seperti itu..

      kalo di aussie yang mending beli kartu sana aja…karena bis hanya berlaku di indonesia..

  221. Dear mas Aristanto…
    Mau ikut nanya ttg blackberry yang baru saya beli (9530), saya beli tanggal 31 juli kemarin saya langsung aktifkan di tempat saya membeli menggunakan kartu matrix lama saya menurut si penjual yang mengaktifkan layanan bb nya untuk matrix unlimited itu langganannya 140 rb tp ko setelah saya check pulsa berjalan saya bertambah sekitar 180 ribu an apakah ada biaya tambahan dalam aktifasi layanan di bb saya? setelah ada sms BIS2 apakah bb saya telah aktif?? jika sudah aktif ko masih ada tulisanActivation Required di homescreen saya? saya sudah tanyakan ke penjual bb nya dan CSR galeri indosat tetep ngga ada pemecahan. mohon pencerahan.. thx

  222. mas Aristanto,

    saya rencana akan memakai Blackberry bold, mohon pencerahannya donk, saya ingin meneruskan nomor saya yang indosat m3, caranya gimana ya untuk diaplikasikan ke BB bold tersebut ??

    thanks ,

  223. om, saya mau tanya.. saya mau coba BB, sedangkan saya menggunakan HP Soner p990, sudah terinstall BB.. dengan menggunakan kartu I-sat M3.. bisa ga tuh?
    terus gmana Settingnya? apa harus datang ke I-sat nya?

  224. saya pengguna 8320, saya mau menanyakan fungsi dan men-setup BBM gmn..?? saya mau nanyakan juga ciri2 blackberry buatan cina atw BB yg bukan ori gmn..??mohon pencerahanya.

    • barusan dapat sms dari indosat : Promo Ramadhan bawa pulanng blackberry mulai (Rp. 275rb/bulan) (cicilan 0% selama 12 bulan) Kunjungi galeri indosat Ruko Mall Ambasador no 17 Mulai 4-17 September pkl 11-19

  225. Mas Aristanto,

    Minal Aidin Wal Faizin.
    Mau tanya dong, Gprs di hitung gak kalo pake opera mini? dan operator mana sih yang paling bagus untuk blackberry?
    Sebenarnya saya memakai Axis.
    Terima kasih.

  226. Maaf lahir bathin mas….

    Gak capek khan jwab pertanyaan terus ya mas.Saya baru ganti hp ke BB Bold 9000. saya menggunakan kartu IM3, nah bagaimana cara aktifkan Video call.

    mohon dibantu mas

  227. Mas..
    saya pernah baca di website

    klo Indosat nyediain BlackBerry Mail and Chatting Service (BISLITE)..

    tarifnya 55rb/bln..

    apa bedanya dgn yg 140rb/bln??

    makasih yaa..

    • bedanya ya nggak bisa buat browsing dan aplikasi yang berbasis web, seperti blackberry maps, google maps

      bisa browsing tapi menggunakan apn operator dan browsernya opera mini

  228. Salam Mas Aristanto,
    saya numpang nyanya nih. Pagi ini saya baca iklan di koran Jawa Pos. Tentang pengaktifan Layanan Blackberry Service hanya 55.000/bulan.
    Apakah itu bisa memakai kartu Mentari? Ataukah harus kartu matrix? Apakah ada biaya tambahan lagi? Terima kasih atas bantuannya. Maaf mas, kalo ada pertanyaan2 yang sama.

      • Nanya lagi neh mas. Kalo akses internet via BB (pakai browser yg ada di BB), apa kena biaya tambahan? Yang dimaksud layanan BB service itu apa saja? Kalo YM, FB, apa termasuk layanan BB Service? Terima kasih atas informasinya>

  229. Mas, klo gunakan aplikasi facebook atau gmail udh termasuk dalam paket 55rb itu atau kena tambahan biaya lagi?
    Makasih ya, Mas..

  230. mas aris, di elektronik solution harga bb-nya agak miring, kerjasama dengan axis, apakah itu termasuk kategori BM? terus kata salesnya tidak dilock sama axis, berarti bisa menggunakan operator lain juga ya mas? axis sendiri signalnya bagus tidak sih?
    thanks banget atas responnya..

    • ya..berarti termasuk garansi axis.

      kalo tidak di lock, berarti bisa digunakan buat operator lain, tapi garansi dari axis jadi hangus.

      axis lumayan bagus di jakarta. belum tahu kalo di luar jakarta.

  231. Mas Saya Mau Tanya, Saya sudah berlangganan BB tapi baru minggu ini tidak aktif karena belum bayar langganan tersebut.
    Pertanyaan nya :
    1. Apakan bayar nya itu harus 150.000 seperti pada mulai berlangganan.
    2. Apakan untuk berlangganan kembali harus registrasi ?

  232. Maaf, saya baru menggunakan bb.
    Untuk browsing yang nyaman tanpa takut tagihan bengkak
    Berarti pada setingan tcp/ip
    Apn setting enabled nya tidak usah di centang ya?
    Atau di centang dan dimasukkan (blackberry.net)?
    Oya, sekalian mau tanya YM nya ap ya mas? Saya cari kok ga nemu.

  233. mas track ball dan track mana yang lebih awet yaaaaa….sekalian tolong kasih tau dunk kekurangn dan kelebihannya masing masing track….thanx

    • ya pake yang sekarang aja, yang di gemini, optic track..bebas debu dan anti macet.

      kalo track ball di jave dan storm nggak bisa diganti dengan mudah, harus bongkar casing

      kalo trackball seri 88xx, 81xx dan 83xx gampang buat dibersihkan dan diganti

      kalo track wheell 87xx dan 72xx kalo
      mau ganti harus ke teknisi…

      kalo nggak mau pake trackball ya pilih storm..

  234. mas..sy sdh pny no IM3, saya mau beli handset BB di galeri indosat..(saya ingin berlangganan yg bislite(paket 55 rb perbulan))
    saya tdk harus beli nmr baru kan, hanya memakai nmr lama saya saja??atau saya hrs membelinya di toko HP lalu mengaktifkan di galeri indosat?

  235. mau tanya dong bang..
    kalo misalnya kita langganan BB on demand untuk 30 hari bulan (Rp 160.000,-), itu berarti kan kita registrasi dengan pulsa Rp 160.000,-..
    setelah itu pulsa langsung Rp 0 kah?

  236. salam kenal mas. Saya baru mau niat beli BB (gemini kayaknya). Saya sudah pake matrix free abonemen, minimal 25ribu perbulan, selama ini saya jarang telpon dan SMS, jadi jatah 25ribu itu kebanyakan untuk browsing di HP via operamini.

    Pertanyaaan, jadi memanga harus langganan 140rb+data minimal 50ribu itu ya?

    Mau saya hanya 140ribu thok, nah urusan data yang tidak via apn BB nanti menghabiskan jatah 25ribu seperti biasanya.

    Tapi jika memang enggak bisa hanya 140ribu berarti saya tetep bayar :
    140.000(BIS)+50.000(data)+25.000(free abonemen)+pajaknya?

    apakah demikian?

  237. mo tanya mas..
    aq kan barusan aktifin bislite nya im3 dimana katanya ga bisa buat browsing hanya utk email ma chat.. tapi klo ga salah aq baca komen2 diatas katanya bisa pake opera mini sama APN nya di isi indosatgprs… btw pas tak coba download opera mini trus tak instal kok pada saat penginstalan opera mininya tidak berhasil ya mas.. adakah yang salah??
    makasih atas isnfonya

    • Benar bisa pake opera mini dgn apn operator. Tapi ya sebelum nya harusnya udah di download dulu opera mini dgn fasilitas blackberry yang full, karena install lewat browser bawaan harus pake bb yang full.

      Harusnya pake aja bb full yang harian dulu atau mingguan, kemudian install semua aplikasi yang diperlukan, baru kalo applikasi yang bisa pake apn operator ter install, aplly deh bb lite…

  238. mau tanya mas,
    saya punya simcard indosat 3G unlimited, simcardnya itu bisa dipake untuk browsing di BB pake apn indosat3g ngga, jadi maksud saya biar apply BIS lite harian aja untuk tes dulu bisa atau ngga nya, thanks …

  239. satu pertanyaan lagi, aplikasi browsing yang bisa pake apn operator (indosat3g) itu apa aja mas selain ie, pake mozilla or opera mini bisa ngga ? sekarang saya masih pake BB harian, thanks ..

  240. Mas Aristanto , saya mau tanya nih.
    Kalau pakai BB tidak register dan mau saya pakai untuk browsing dengan APN saja bisa tidak yah ?

    Kartu matrix saya yang broadband biasa saya pakai di hp biasa trus dijadikan modem.

  241. mas aris
    saya pakai bb 8320 yg belinya gak lewat operator, dan saya sekarang memamakai kartu im3, gimana caranya kalau saya ingin ganti kartu ke operator lain?
    apakah langsung mengganti kartunya saja?

  242. Maaf mas mau tanya ni,aku br beli BB gemini, dan aku dah daftar blackberry on demandnya indosat via sms, trus dpt balasan kalo layanan ini bs aku gunakan,pemasalahannya tulisan edge nya ga berubah jd EDGE dan pas aku mau set up email, di service status BIS nya not connected dan di service book jg lum ada provisioning, aku dah berkali2 hard reset dan melakukan p3bb, tapi tetep ga bisa set up email via bb langsung,malah ada tulisan your device not registered bla..bla..trus di suruh register host routing table
    Kabar baiknya,aku masih bs internetan,google,opera,social network,bahkan install aplikasi jg..cuma pulsaku kok jg berkurang ya..jadi apakah aktivasi BOD itu gagal apa berhasil, trus apa bisa create accountnya via PC aja,apakah ntar berpengaruh?mohon bantuannya ya..

  243. Oh iya ada lg mas,icon e-mail setting ga ada, adane cm setup email di setup wizard,tp enterprise service nya jg not connected
    Trus untuk BBM cm minta PIN doang ya..untuk memanfaatkanya apa musti aktifasi BIS jg..
    Maaf banyak tanya,coz masih newbie ni..

    • email setting ada kalo udah ada provisioning atau tanda GPRS atau EDGE udah jadi kapital.

      untuk menggunakan BBM cukup add PIN aja..dan harus BIS aktif, karena dia menggunakan server rim.

  244. Ternyata network failure, tp dah tekor biaya register paket mingguan…harus ikhlas.m
    Cm aku baru tau tanpa aktifasi BIS tetep bs browsing coz menurut kbr yg beredar BB tanpa BIS cm bs wat nelpon ma sms doang..ga percy low ga ngalamin sendiri..
    Next time mo cb paket harian aja,biar kalo failure tekor e gak kebanyakan..

  245. mas saya mo tanya,
    saya kan baru berlangganan matrix bb bulanan Rp140rb + 25rb.
    bisa gk yg 25 rb nya tdk diaktifkan atau langganannya gk pascabayar jadi prabayar n pemakaian 140rb /bln doank, krn saya msh punya hp & nomor lain yg biasa dipakai utk tlp n sms.
    Trims :)

  246. Aslm. Mau tanya pak… Saya mulai tertarik pake BB, rencananya mau beli Bold 9700, tp berhubung penggunannya blm terlalu optimal saya ingin operator yg bulanannya murah.. Kalau Tri (3), menurut pak Aris gimana soal jaringan, total biaya yg di keluarkan /bln dan kelengkapan fiturnya..?

    Trus, kalau kita beli paket bundling BB dan Operator Tri, sewaktu2 bisa pindah operator gak mis; ke Indosat..?

    • Operator 3, adalah operator termuda yang melayani blackberry, dan memang tarifnya paling murah dengan layanan full service.

      Sebelum berlangganan bb 3, ada baiknya bapak chek dulu, signal 3 disekitar kantor atau rumah bapak. Karena banyak laporan signal 3 sering nge lag.

      Mending nggak usah beli bundling operator. Beli lepas aja. Karena kita bisa ganti2 operator.

      Kalo memang mau coba layanan bb, bapak bisa pilih layanan pra bayar, seperti. Bod nya indosat, atau harian nya xl. Jadi bisa ketahuan provider mana yang paling baik.

      Atau disesuaikan aja dengan no yang bapak pake sekarang saja tinggal apply layanan blackberry aja. Jadi nggak kebanyakan nomer..

  247. Kalau mau beli BB lepasan atau tidak bundling, pak Aris punya referensi gak, tempat yg terpercaya yang di jamin tdk akan ada masalah dg garansi handset, pin atau masalah yg lainnya..? Mohon bantuannya saya benar2 awam soal BB nih pak
    Terima kasih..

  248. sekedar share saya pengguna BB gemini dan menggunakan im3 indosat

    begini ceritanya:
    saya daftar BIS harian pulsa terpotong langsung 6600 dan BIS lancar dan sukses nah ini tapi pulsa utama saya juga terpotong pada saat browsing dan chatting atau fecebook an atau apalah yg pakai layanan BB

    yg jadi pertanyaan:
    ngapain saya daftar BIS klu pulsa utama tetap terpotong aneeh kan ??? akhirnya sekalian pulsa saya sampai habis jadi nolllll pada saat kondisi ini saya dapat browsing dan chatting normal dg layanan BIS

    langsung saya ambil keputusan untuk tidak meneruskan layanan BIS

    aneh yg kedua saya tidak ngapa2 in ndak tlpn ndak apa apain pulsa saya terpotong sebesar 10 rupiah 5 rupiah dan seterusnya ini kontinyu terus meskipun sedikit sedikit tp yaa banyak klu d akumulasi

    saya call ke 100 layanan indosat katanya suruh nunggu 7×24 jam, sampai saat ini saya juga blm di hubungi

    ndak patah semangat saya cari penyebabnya dari softreset dan hard reset semua tidak ada hasil tetap sama pulsa saya terpotong sedikit demi sedikit,

    akhirnya otak atik sana sini nemu juga solusinya

    masuk option—mobile network— lalu off kan data services

    akhirnya setelah saya offkan ternyata pulsa saya ndak berkurang sama sekali tapi efeknya ndak bisa buat browsing menggunakan browser bawaan BB atau pakai opera mini, klu pengen pakai ya tinggal di onkan lagi dari pada pulsa melayang terus ndak berguna terpaksa deh di offkan

    Perhatikan pulsa anda khusus pengguna gemini karena pulsa anda akan berkurang tanpa anda sadari meskipun nilanya cuma 5 rupiah sampai 10 rupiah klu kontinyu terakumulasi wah banyak juga

    saya otak atik ini korban pulsa sekitar 25 ribuan lah coba coba setting BB aq

    tp ndak apa utk masalah yg dpt terpecahkan sendiri puass bangettt….

    just sharing… thanks telah membaca

    • saya curiga, pas anda daftar BIS, di bagian tcp masih mengakses tcp nya indosat, jadi ada akses gprs yang lolos ke apn nya indosat, jadi pulsa kepotong.

      untuk yakinnya coba chek di option-advanced option-tcp, pastikan kolom tcp dikosongin aja nanti dia otomotis akses data ke apn blackberry.

      intinya pasti ada data yang bocor melalui apn indosatgprs.

  249. saya pengguna BB sekarang paket layanan BB gaul XL… berhub simcard saya slm ini mentari saya ga mau repot dgn HP byk…
    saya denger ada paket 50rb/bln dr isat… gmn caranya…. tp sebenarnya yg repot nya mentari khusus diwilayah saya tinggal (klp Gading) kenapa sinyal nya susah ya kl dirumah cm dpt sinyal kalo dilantai atas… oleh sebab itu saya agak mikir2 jg kalo ambil layanan isat bb…. tq

  250. mas, saya mau nanya donk…
    minggu lalu saya beli bb indosat yg matrix itu. nah dy blg kan gratis 140 rb selama sebulan. nah klo misalnya setelah sebulan itu saya mau ganti kartu yg lain misalnya im3 bisa ga ya? perlu dtg ke indosat gt ga? terima kasih

  251. aq beli blackberry gemini garansi axis…waktu pertama hidupin sich nomer axisnya aq aktifiin…

    trus skrang aq mo ganti provider im3..,koq aq coba aktivasi susah amat ya…
    padahal pake BB yg sebelumnya aktivasinya ga sampe semenit dah bisa…

    apa BB garansi axis tu harus pake nomer axis juga???ga bisa dipake buat provider lain gtu???

    mohon pencerahannya…

    trimakasihh…

  252. halo.. saya mau tanya dunk..!!
    1. kalo saya pngen YM, FB, chating doang enaknya pake paket apa?
    2. tarifnya brp?
    3. cara aktifkannya bagaimana? apa langsung ke galleri atau bisa sendiri?
    4. kalo pake paket yg lebih murah tidak bisa browsingkan?
    5. kalo saya pake WIFI bisa digunakan nga internetnya, karna banyak yang bilang langsung di protech, nga bisa dibuka ??? benar nga?

    thk infonya. Gbu.

    • 1. Pake BB Gaul aja
      2. tarif 55 ribu
      3. Tingall kirim sms ke 889 format Gaul haria/mingguan/bulanan
      4/5. saya browsing pake wifi bisa tuh…kecuali pake paket irit nggak bisa wifi an

  253. Saya kemarin pake layanan Mail Harian (provider BB sya IM3 )

    Lalu tgl 19 kebetulan pulsa sya habis dan lupa isi, lalu sya mau mengaktifkan lagi tetapi kenapa jawabannya kesalahan teknis trus ??
    mohon bantuannya..
    trims..

  254. Mas mo nanya nich…,gimana caranya ngilangin tanda segitiga biru or tanda roaming yg ada di layar hp BB 8320.Oya..saya pakai kartu simpati.Mohon saran dan bantuannya mas.trims.

  255. Mas Aris, salam
    Saya mau tanya dong, kalo mau bawa bb ke luar negeri, dimana ada promo bebas roaming international.
    adakah setting manual di bb dan perlu daftar ke operator lagi gak?
    thanks,

    • coba aja di chek di website, operator yang dipake apakah menawarkan gratis roaming bb di luar negeri. biasanya sih harus setting manual networknya..
      maklum belum pernah bawa bb ke luar negeri

  256. Saya mau bawa bb ke mekkah, supaya irit saya akan menggunakan operator yg ada di arab saudi (umpamanya al jawal) selama 40 hari disana, kira2 nanti proses aktivasi dan release pin bb saya pd saat akan pulang ke tanah air apakah ribet gak mas, mohon bantuan informasinya…

    • Ya beli aja kartu disana, kalo release pin, kalo sudah habis, di wipe dulu kayaknya bisa langsung dipake lagi..dulu saya pas ke Mekkah udah bawa BB tapi nggak bisa digunakan layanan blackberry di sana mungkin waktu itu BB belum begitu booming di sana..

  257. Just want to say your article is as astounding. The clarity in your post is simply cool and i could assume you are an expert on this subject. Fine with your permission let me to grab your feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and please continue the enjoyable work.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s