Tagihan Blackberry Indosat yang kacau…

Sudah kurang lebih 9 Bulan saya berlangganan Blackberry dari provider Indosat. Saya berlangganan sejak tarif turun menjadi Rp. 200.000 perbulan dengan kuota 100 MB. Salah satu alasan saya berlangganan layanan Blackberry adalah bahwa saya dapat menerima email kapan saja dan dimana saja asal ada signal gprs. Dan “katanya” tingkat kompresi data yang sangat kecil yang kabarnya bisa mencapai 1:1000, sehingga dengan kuota 100 MB, saya rasa cukup untuk kegiatan ber email selama satu bulan.

Tapi pada tagihan bulan November saya mendapat berita yang mengejutkan bahwa tagihan Blackberry Indosat saya sudah membengkak alias over kuota. Pertama kali saya tahu bahwa tagihan saya membengkak ialah adanya Telpon dari CSR Indosat yang mengatakan tagihan telpon saya sudah mencapai 1,7 juta. karena saya kurang percaya lalu saya chek melalui fasilitas Pul ke 777 dan ternyata benar tagihan saya sudah mencapai 1,7 juta. Langsung saya semua email yang tadinya saya push ke Blackberry saya hapus semua, hanya tinggal program chat YM yang saya hidupkan. Blackberry Messenger juga saya set menjadi unvailable.

Beberapa hari kemudian datanglah detail tagihan indosat ke kantor saya. Tagihan yang terdiri dari 4 amplop dan berisi 18 lembar tagihan ini merupakan lembar tagihan terbanyak yang pernah saya terima sejak saya berlangganan indosat. adapun detail tagihan saya adalah sebagai berikut :

- Biaya selular loka Rp. 3,442

- Biaya Isat Lokal Rp. 813

- Biaya PSTN Lokal Rp. 3,540

- Biaya jarak Jauh PSTN Zona 1 Rp. 6,361

- Biaya jarak Jauh Selular Zona 2 Rp. 9,272

- Biaya Jarak Jauh Isat Zona 2 Rp. Rp. 21,674

- Biaya VAS Rp. 17,300

- Biaya SMS Rp. 22,800

- Biaya GPRS Rp. 2,360,575

Setelah dipotong diskon GPRS dan penukaran poin plus-plus maka total tagihan saya adalah Rp. 2,280,565,-

Untuk informasi bahwa tagihan bulan sebelumya adalah :

- Oktober 2007 adalah Rp. 320,030

- September 2007 adalah Rp. 289,728

- Agustus 2007 adalah Rp. 280,499

Mengapa bulan ini tagihan melonjak sampai 1000% ?

Apakah tagihan ini memang murni pemakaian saya atau memang karena ada kesalahan sistem billing pada indosat. karena email yang saya push dan aktivitas chat saya relatif tidak berubah dengan bulan-bulan sebelumnya. email yang saya push juga jarang yang berattachment.

Walaupun investigasi sudah dilakukan teman-teman dari Indosat, akan tetapi saya menyayangkan lamban nya penanganan terhadap kasus billing pada layanan Blackberry Indosat. Karena teman-teman di milis id-blackberry juga banyak yang mengeluhkan over quotanya tagihan indosat mereka bulan ini. Kalo ini memang kesalahan pemakaian saya semata kenapa teman-teman pemakain indosat yang lain banyak yang mengalami tagihan yang nggak wajar ini ?

Inilah kado terindah di ulang tahun ke 40 dari Indosat buat rekan-rekan pemakai Blackberry indosat. Mungkin Indosat berpikir bahwa pelanggan Blackberry Indosat dapat dikerjai dengan mempermainkan billing data, karena dari Indosat tidak menyediakan fasilitas pengecekan pemakaian data gprs yang transparan, seperti xl, jadi komplain pun akan susah. Tapi semoga pemikiran saya salah.

Saya masih menunggu penyelesaain kasus Billing Blackberry Indosat ini. Jika memang saya diharuskan membayar tagihan yang segitu besarnya, solusi terakhir saya akan berhenti langganan Blackberry ini. Jangan sampai mau untung eh..malah buntung…pengen nya dapat layanan yang murah..eh..jatuhnya bayar mahal juga…

Susah ya jadi konsumen di Indonesia :(

Update : Tagihan saya yang overload, sudah di refund oleh indosat. jadi persoalan nya sudah beres.

Terima kasih indosat.

 

25 responses to “Tagihan Blackberry Indosat yang kacau…

  1. hard to believe memang..
    indosat dari dulu selalu bermasalah dengan sistem billingnya.
    ga ngerti kenapa penelusuran juga butuh waktu yang relatif lama.
    semoga teman2 blackberry indosat segera menemukan masalahnya dan mengembalikan kepercayaan konsumennya-otherwise: akan banyak pelanggan indosat kabur.
    semoga segera selesai masalahnya bos Aris. salam.

  2. Senasib ama bos Ferry,

    Langganan dari bulan Mei, so far rata-rata tagihan hanya sekitar 300rb, en maksimum cuman pernah sekali 350rb. Tau2 bulan November nongol tagihan 1,23jt!

    Kalo emang pemakaian saya pribadi, saya ngga keberatan bayar, walopun bingung bin confused kenapa bisa melonjak seperti ini. padahal masa euforia BB (baca: chatting gila2an, semua email di push, buka semua attachment, browsing kemana-mana, dll) sudah lewat sejak bulan Oktober.
    Malah bulan November dimana saya pake BB dah mulai sejatinya yaitu buat urusan kantor…

    Eh, dapet kado juga, sekarang lagi nunggu berita aja deh…

  3. hiks….kita senasib….tagihanuntuk november Rp 1.065.000 tagihan untuk desember Rp 950.000 padahl email OOT dah di filter, aplikasi dihapus semua kecuali YM, Gtalk dan BBM….eh masih meledug juga. rencanaya mau offkan BB aja dulu sampai biling dah aman.

  4. Wah, guys, saya baru dapat handset blackberry.
    saya jadi bingung nih.
    Saya punya 3 kartu gsm pasca: xplore, matrix, halo.
    Dan 3 kartu cdma: fren, esia, flexy.
    Dari ke 6 kartu tsb (4 hp), total biaya per bulan tidak sampai 1 juta.

    Rencana tadinya mau mem bb kan salah matrix, tapi membaca komentar all of you perihal tingginya tagihan bb matrix, akhirnya jadi takut juga.

    Barangkali ada yang bisa kasih solusi.

  5. kalo mau apply BB mending yang explore nya saja, dengan biaya perbulan Rp. 199.000 dengan quota unlimited untuk apn blackberry dan 50 MB untuk apn operator. Jangan takut pakai Blackberry, asal kita bijak menggunakannya karena push email memang memudahkan bagi kita.

  6. hmmm… anda berlangganan blackberry personal / prosumer atau blackberry enterprise ?

    setahu saya klo yg enterprise bisa unlimited gprs.

    klo blackberry personal– narik imelnya gratis, gprsnya untuk browsing tetep lewat wap gateway — itu bayar.

  7. Wah jadi inget 4 tahun lalu saya kena tagihan matrix family 2 sampai 2 juta lebih gara2 gprs dipatok per kb dan info itu simpang siur jadi saya tetap nginet seperti biasa.

    Saya waktu itu mengakui menggunakan internet tapi info kapan gprs murah meriah, 25 ribu per bulan diputus kan tdk jelas jadi ya gitu deh, saya kabur aja sampe sekarang. Kebetulan juga pindah rumah dan ganti ktp hahahaha…

  8. mas sayamau tanya, saya khan make xplore untuk blackberry saya. saya selama ini tidak mengerti APN tuh gunanya untuk apa….

    mohon informasinya…terim kasih

  9. cobain aja pake blackberry yang prabayar…

    jadi nggak bakal kena over kuota.

    bisa telkomsel yang bulanan, indosat ada yang bulanan dan mingguan ,atau pake xl bisa harian 5000 per hari.

    jadi di coba aja…di jamin ketagihan…

  10. minta pencerahan dong…
    Setelah saya baca, benar seperi ini:
    Untuk indosat:
    Untuk pushmail pakai apn blackberry (unlimited biaya 140rb/month)
    Untuk browsing, YM pakai apn provider indosat yg di kuota ada 50 MB dll.

    Untuk XL:
    Pushmail dan Browsing dll.. Unlimited??
    APN nya??

    Ada yg pernah pengalaman dengan Telkomsel?

    Trims,
    Rivian

  11. Tambahan, saya bell 111 opeator indosat untuk menyakan mengenai kuota ini, saya bicara dg Bpk Iqbal … Penjelasannya menjadi seperti ini:
    – Kuota itu dikapai kalau blackberry dikonek ke komputer, mungkin maksudnya dipakai sebagai modem.
    – untuk browsing, ym bisa menggunakan apn blackberry, sehingga unlimited.

    Mohon pencerahan rekan2 yg sudah berpengalaman, apa benar seperti itu?

    RR

  12. Tagihan indosat matrix BB, memang mengecewakan.. Gw daftar yg paket blackberry strong. baru pakai 2 bulan udah gw tutup. Karena di bulan ke 2 , bonus SMS dan bonus free talk tidak ada lagi , ngga tahu kenapa. Padahal billing strong terus jalan .

    Menjengkelkan.

  13. Saya pelanggan indosat, ikut juga mengalami kekacauan billing, bayangkan saya kena adjusment billing 3-4 th , gara2 kesalahan billing Indosat dan seenaknya aja dibebankan ke pelanggan, sudah saya laporkan tetapi tetap keukeuh kesalahan ada pada pelanggan. Hebat khan !!!

  14. Ane kire BB itu 180.000 per bulan setelah itu nggak ada tagihan lain … Kagak jadi dah langganan BB kalau gitu.

    Cuma buat nilpun nilpun- karena tagihan tilpon ane berapa bulan ini diatas 200 rebu mulu. Ane rencana pindah ke BB

    Eh taunya ada yang sampai jute jute gitu di sini yo wes tak tetap pake Flexi aja dah.

    • ya bb khan emang fokus di layanan data seperti email dan chatting.

      kalo mau telp sepuasnya ya pake cdma aja seperti esia atau flexi.

      dan sebagai info, tagihan saya yang sampai jutaan sudah di refund oleh indosat.

      thanks indosat..

  15. pa, saya baru mendapatkat telp dari matrix dan tagihan saya melonjak tinggi sekali, tagihan sebesar Rp4.900.000,- saya gunakan layanan blackberry ke shanghai 4hari dan singapore 1 hari..tagihan normal saya Rp600rb/bulan..saya ingin complain kepada pihak indosat..klo boleh saya ingin meminta saran kepada bapak..klo boleh, tolong add bbm saya 31008F8 atau tolong email contact ke email saya..trima kasih banyak

    • Turut prihatin deh pak atas tagihannya.

      Tapi kalo masalah bengkak karena roaming bb, kayaknya nggak bisa diklaim, karena memang tarif roaming data memang mahal, katanya sih ngitungnya per blok.

      Harusnya bapak waktu mau ke luar negeri. apply nomer sana aja. Atau gunakan wifi. Kalo bisa minta print2 an nya pak.

      Apalagi kalo bapak aktif gunain blackberrynya disana…

      Maaf pak begitu saja saran saya. Mungkin karena ketidak tahuan bapak mengenai tarif roaming data yang mahal.

  16. Wahh … Senasib kalau gtu, seplg dr eropa tagihan Indosat bengkat. Kalau saya putus sj kartu Indosat sy and menolak utk membayar tagihan apa yg bs dilakukan Indosat ƴα?

  17. Saya baru balik dr Malaysia, tagihan matrix saya diatas 5 juta. Padahal saya sudah memilih jaringan partner indosat selama berada disana. Katanya belom di-adjust, nanti bisa turun jumlahnya.

Tinggalkan Balasan

